12 Rekomendasi Tempat Libur Lebaran Tahun 2024

Meskipun lebaran masih beberapa minggu lagi, tidak ada salahnya jika kita merencanakan libur di saat lebaran. Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, daerah Jawa Tengah diperkirakan menjadi tujuan terbesar dengan 61,6 juta orang, disusul Jabodetabek sebesar 37,6 juta orang dan Jawa Barat sebesar 32,1 juta orang. Dengan durasi liburan yang cukup panjang, sudah pasti kamu ingin memanfaatkannya dengan berwisata ke tempat menarik.

Rekomendasi tempat libur ini dapat kamu manfaatkan ketika masa lebaran 2024 berlangsung. Mulai dari spot Instagramable, tempat wisata hits, pantai eksotis, dan masih banyak pilihan lain yang bisa kamu pilih. Penasaran tempat wisata apa saja yang direkomendasikan? Yuk simak ulasannya berikut ini!

libur lebaran
Sumber: Pinterest

12 Rekomendasi Tempat Libur Lebaran Tahun 2024

1. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

libur lebaran
Sumber: Pinterest

Di Lebaran tahun lalu, kunjungan wisatawan di Candi Borobudur mencapai 91.525 orang. Menurut penuturan Kemenparekraf Sandiaga Uno, pemerintah Jawa Tengah harus bersiap-siap. Termasuk destinasi super prioritas Borobudur untuk menyiapkan destinasinya sesuai dengan CHSE. Kompleks candi Buddha terbesar di dunia ini masih eksis berdiri kokoh sejak abad ke-9.

Selain mengagumi arsitektur indah candi, kamu juga bisa jelajahi kawasan Borobudur dengan menyewa sepeda. Ada juga Museum Borobudur jika kamu ingin melihat sejarah pembangunan Candi Borobudur. Ambil sudut pemandangan menarik Candi Borobudur dari Spotlight of Borobudur saat matahari terbit atau terbenam. Selain itu, kamu juga bisa melihat Gereja Ayam di Bukit Rhema yang tidak jauh dari Borobudur.

2. Malioboro, Yogyakarta

libur lebaran
Sumber: Pinterest

Malioboro selalu jadi rekomendasi favorit dan wajib setiap liburan ke Yogyakarta. Destinasi wisata ikonik ini merupakan pusat perbelanjaan dan kuliner di Jogja yang dipenuhi oleh pedagang kaki lima dengan suasana jalanan yang ramai. Di sini, kamu bisa mencari beragam oleh-oleh khas Jogja. Mulai dari kain dan pakaian batik, aneka aksesoris, wayang, hingga makanan seperti bakpia dan yangko.

Kamu juga bisa menikmati beragam kulinernya seperti gudeg dan oseng mercon. Selain itu, ada juga minuman yang terkenal di Malioboro, yaitu kopi joss. Kopi ini disajikan bersamaan dengan arang yang diambil langsung dari pembakaran. Ditemani alunan musik dari sekelompok pemain musik kaki lima, nuansa Yogyakarta pasti akan membekas di ingatan. Tak heran jika setiap libur, spot wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca juga:  Menikmati Curug Cikaracak, Surga Tersembunyi di Bogor

3. Ciwidey, Jawa Barat

libur lebaran
Sumber: Pinterest

Kamu ingin menikmati udara yang sejuk di kawasan perkebunan teh? Destinasi wisata di Ciwidey ini cocok untuk dikunjungi bersama teman, pasangan, maupun keluarga. Udaranya yang dingin dengan pemandangan perkebunan teh berlatar belakang Gunung Patuha membuat kawasan wisata ini selalu ramai pengunjung setiap liburan.

Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini adalah berfoto cantik dengan latar belakang perkebunan teh dan mengelilingi kebun teh dengan sepeda. Selain itu, kamu juga bisa mencoba aneka makanan dan minuman hangat khas Ciwidey seperti bandrek, muleh, dan nasi timbel.

4. Lembang, Jawa Barat

libur lebaran
Sumber: Pinterest

Meskipun libur lebaran, warga Bandung pasti akan mengunjungi tempat wisata ini. Ya, Lembang adalah tempat wisata favorit warga Bandung setiap liburan. Selain dekat, spot wisata di sini juga terdiri dari banyak pilihan seperti kebun stroberi, kebun bunga, pusat oleh-oleh, hingga cafe dengan nuansa alam yang instagrammable. Beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi selama liburan lebaran di Lembang adalah Floating Market, De’Ranch, dan Orchid Forest Cikole. Karena lokasinya berdekatan, kamu akan mudah untuk berpindah tempat satu ke tempat lain.

5. Puncak, Bogor, Jawa Barat

libur lebaran
Sumber: Pinterest

Pemandangan menyejukkan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat memang pas untuk melepas penat seusai lelah bekerja. Di daerah ini, ada banyak destinasi alam yang bisa kamu kunjungi selama berlibur di Puncak. Beberapa diantaranya adalah Taman Sakura, Curug Leuwi Lieuk, Telaga Warna, dan Curug Panjang Megamendung. Dijamin pengalaman libur lebaranmu akan menjadi salah satu momen tak terlupakan jika berlibur kesini!

6. Dieng Plateau, Temanggung, Jawa Tengah

libur lebaran
Sumber: Pinterest

Perjalanan menuju Dataran Tinggi Dieng ini memang sedikit menantang karena jalanan berkelok-kelok di pegunungan yang cukup terjal. Tapi begitu sampai di puncak Sikunir, kamu akan dimanjakan dengan panorama indah kawah Sikidang dan Telaga Warna yang memukau. Pengalaman seru lain yang bisa didapatkan adalah menjelajahi kawasan ini dengan menaiki kereta wisata kuda yang unik. Sensasi dinginnya udara pegunungan juga cocok buat menyegarkan otak yang kelelahan.

7. Pangandaran, Jawa Barat

libur lebaran
Sumber: Pinterest

Pangandaran bisa menjadi pilihan destinasi pantai terbaik selama libur Lebaran. Pasir putihnya yang lembut dan air laut biru toskanya bikin betah berlama-lama di sini. Aktivitas seru yang kamu bisa lakukan adalah naik perahu untuk melihat matahari terbenam di horizon samudera Indonesia yang memesona atau snorkeling menyelam melihat terumbu karang.

Baca juga:  6 Fakta Menarik Gunung Slamet dan Info Jalur Pendakiannya

8. Kebun Binatang Ragunan, Jakarta

libur lebaran
Sumber: Pinterest

Jika kamu sedang libur lebaran di Jakarta, destinasi wisata satwa di Kebun Binatang Ragunan Bisa jadi pilihan seru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Di sini ada berbagai jenis satwa mulai dari singa, jerapah, gajah, orang utan, hingga reptil buaya dan ular yang bisa kita lihat secara langsung. Terdapat juga spot untuk memberi makan gajah dan unta. Selain melihat satwa, di Ragunan juga ada wahana water park yang bisa kamu nikmati. Ada juga berbagai macam pohon serta spot foto yang instagramable. Sangat cocok untuk mengajak anak-anak liburan sekaligus belajar tentang alam di sini.

9. Ancol, Jakarta

libur lebaran
Sumber: Pinterest

Destinasi wisata pantai dan taman hiburan terbesar di Indonesia ini juga selalu ramai pengunjung di libur lebaran. Pasalnya wahana permainan seru seperti Dufan, Sea World, Atlantis Water Adventure dan Ocean Dream Samudra sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Selain bermain di theme park, kamu juga bisa bersantai di taman bermain Pasir Putih sambil menikmati pemandangan pantai Losari dan laut lepas yang cantik. Jangan lupa mencicip kuliner boga bahari yang tersedia di sepanjang area pantai.

10. Pemandian Guci, Tegal, Jawa Tengah

libur lebaran
Sumber: Pinterest

Lelah di suasana kota? Ada baiknya kamu pergi ke daerah Tegal, Jawa Tengah. Ada destinasi pemandian air panas yang terletak di bawah kaki Gunung Slamet. Air hangat yang mengandung mineral ini konon punya khasiat kesehatan untuk mengobati penyakit kulit dan rematik. Selain berendam, kamu juga bisa melihat keindahan alam di sekitar pemandian. Bahkan jika beruntung, kamu juga bisa melihat aktivitas Gunung Slamet dari kejauhan yang memercikkan laharnya.

11. Kaliurang, Yogyakarta

libur lebaran
Sumber: Pinterest

Jika kamu berlibur ke Yogyakarta, kamu harus mengunjungi destinasi di bagian utara Yogyakarta. Terdapat banyak tempat wisata, mulai dari Jeep Lava Tour Merapi, Tlogo Putri Kaliurang, hingga kawasan Plunyon yang berada di dekat Merapi. Kamu juga bisa menikmati segelas kopi Merapi yang dibuat oleh warga lokal dengan pemandangan Gunung Merapi, jika tidak mendung. Jika kamu mengikuti wisata Jeep Merapi, kamu akan mengunjungi beberapa tempat wisata, mulai dari Rumah Sisa Hartaku, hingga bermain air di bawah jembatan Kalikuning, Merapi.

12. Gunungkidul, Yogyakarta

libur lebaran
Sumber: Pinterest

Beralih ke bagian selatan Yogyakarta, kamu akan disuguhi oleh berbagai macam destinasi wisata pantai. Gunungkidul terkenal dengan berbagai macam wisata pantai. Mulai dari Pantai Baron yang terkenal dengan pasir hitamnya, hingga Pantai Sadeng yang dekat dengan Pacitan, Jawa Timur. Kamu bisa mencoba gondola dari Pantai Timang hingga ke pulau kecil di seberangnya. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan adalah snorkeling, berselancar, dan juga menyantap boga bahari.

Nah, itulah 12 destinasi wisata yang bisa kamu dan keluarga kunjungi di saat libur lebaran nanti. Perlu diingat untuk selalu menjaga barang bawaan dan memperhatikan anak kecil. Karena di tempat wisata bisa saja terjadi tindak kriminal yang tidak kamu duga. Selamat mempersiapkan libur lebaran!