lip care
Sumber: Freepik

6+ Tips Lip Care untuk Cerahkan Bibir secara Alami dan Cepat!

Sebagian orang memiliki warna bibir yang lebih gelap dari waktu ke waktu karena berbagai alasan kesehatan, paparan sinar matahari, dan gaya hidup. Perubahan warna alami bibir menjadi lebih gelap ini disebut sebagai hiperpigmentasi bibir yang membuat tampilan bibir lebih pucat. Kabar baiknya, hiperpigmentasi bibir ini bisa diperbaiki dengan menerapkan perawatan bibir atau lip care yang tepat. Yuk simak cara mengatasi masalah bibir gelap dan kering untuk hasil perawatan warna alami bibir yang lebih cerah, lembut, lembap, dan sehat. 

Apa Penyebab Bibir Gelap dan Kering?

DIbandingkan dengan kulit bagian tubuh lainnya, kulit bibir lebih tipis sehingga rentan terhadap kerusakan seperti warna gelap, kering, kusam, dan perubahan warna. Dilansir dari laman Healthline, bibir kering dan gelap bisa disebabkan karena hiperpigmentasi. Lip hyperpigmentation ini biasanya tidak berbahaya karena dipicu oleh kelebihan melanin. Melanin adalah komponen di dalam kulit yang menentukan warna kulit kita, termasuk warna bibir. 

Bibir kering dan gelap kemungkinan disebabkan oleh kurangnya kelembapan, dehidrasi, paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, perubahan hormon selama kehamilan, pengobatan tertentu, reaksi alergi, atau kondisi medis lainnya. Untungnya, kamu bisa mencoba beberapa lip care dengan bahan-bahan alami yang perlu kamu jadikan rutinitas untuk hasil bibir yang lebih cerah dan sehat.

Urutan Lip Care sebagai Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam

Kondisi bibir yang kering dapat membuat bibir tampak lebih gelap dan kusam. Untuk membantu menjaga bibir terlihat segar dan sehat, kamu bisa menerapkan lip care alami dengan bahan-bahan yang sudah tersedia di rumah.

Baca juga:  Ladies & Gents, Inilah 6 Parfum yang Tercium dari Jarak Jauh dan Awet

1. Gunakan Lip Scrub Madu Buatan Sendiri

Sumber: Freepik

Eksfoliasi lembut pada bibir dapat membantu mengangkat sel kulit mati, menghidrasi kulit, dan memastikan kandungan lip care product menyerap maksimal. Karena bibir sangat halus, lakukan eksfoliasi satu kali dalam seminggu. Namun jangan lakukan eksfoliasi secara berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi dan kulit sensitif. 

Untuk membuat lip scrub dari madu sangat mudah. Campurkan 1 sendok teh madu dan 1 sdt gula pasir. Gosok perlahan campuran tersebut ke lapisan bibir dengan gerakan melingkar kecil. Terakhir, bilas menggunakan air hangat.

2. Pijat Bibir dengan Minyak Almond atau Kelapa

Sumber: Freepik

Memijat bibir dengan minyak alami seperti almond atau kelapa dapat membantu melembapkan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah. Rutin memijat bibir dapat meningkatkan aliran darah ke area tersebut dan membantu memberi warna alami bibir yang lebih cerah. Oleskan minyak almond atau minyak kelapa dengan lembut ke bibir, beberapa kali sehari. Efek melembapkan bibir kering akan terlihat dalam satu hingga dua hari.

3. Oleskan Lip Serum

Sumber: Freepik

Produk lip serum biasanya memiliki tekstur cair dan cepat meresap ke kulit. Formulanya lebih efektif dengan menghidrasi dan menutrisi kulit bibir dan area sekitarnya. Oleskan lip serum pada area bibir secara rutin pada pagi dan malam hari sebelum lip balm.

4. Pakai Lip Balm untuk Perlindungan Bibir

Sumber: Freepik

Selain mengunci kelembapan bibir, lip balm yang dilengkapi SPF 30 sangat penting untuk melindungi bibir dari risiko hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari. Penggunaan lip balm setiap hari direkomendasikan untuk kamu yang ingin tampil dengan bibir cerah, kenyal, dan lembap.  Pastikan lip balm yang kaya akan pelembap dan formula anti aging sangat sangat diperlukan untuk mencegah bibir kering dan hitam.

5. Penuhi Kebutuhan Hidrasi Tubuh

Sumber: Freepik

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk merawat kulit. Salh satu tanda kamu mengalami dehidrasi bisa nampak dari kondisi bibir yang kering. Selain melancarkan metabolisme tubuh, hidrasi tubuh sangat penting untuk kulit yang sehat, lembap dan awet muda. Untuk segelas air putih yang lebih menyegarkan, kamu bisa tambahkan irisan mentimun atau lemon yang sangat menutrisi kulit.

Baca juga:  8 Cara Menghilangkan Belang di Wajah Lebih Cerah, Cukup di Rumah!

6. Berhenti Kebiasaan Menjilat Bibir

Sumber: Freepik

Kebiasaan menjilat bibir adalah salah satu penyebab utama hiperpigmentasi bibir. Tanpa disadari, kebiasaan menjilat bibir dapat memicu hiperpigmentasi karena peradangan pada kulit bibir. 

Rekomendasi Lip Product Terbaik

Pilih lip product terbaik mulai dari lipstik, lip balm, dan lip gloss dengan kandungan yang aman untuk kulit bibirmu. Pastikan lip product yang kamu gunakan mengandung bahan pelembap seperti shea butter atau coconut oil. Hindari produk kering yang membuat bibir terasa dehidrasi dan kusam. 

1. Lip Balm: Vaseline Lip Care Rosy Tinted Lip Balm 10 gr

Sumber: www.vaseline.com

Pilihan lip balm terbaik jatuh kepada Rosy Tinted dari Vaseline. Kandungan 100% kemurnian jelly yang bermanfaat. Produk ini efektif melembapkan, melembutkan, dan menutrisi bibir yang kering. Pelembap bibir ini seketika memberikan sentuhan warna merah muda yang cerah dan glossy. Tampilan bibirmu semakin segar, lembap, dan cantik!

2. Lip Gloss: Focallure Plumpmax Nourish Lip Glossy

Sumber: focallure.com

Sempurnakan tampilan bibir lembap dan bersinar dengan lip gloss terbaik dari Focallure. Dengan tekstur anti lengket, lip product ini dilengkapi formula defense & moisture untuk kulit bibir. Mengandung bahan alami sebagai anti aging dan kaya antioksidan, mulai dari coconut extract, mint extract, jojoba seed oil, dan vitamin E. Lip gloss ini punya 16 varian warna yang bisa kamu pilih sesuai selera.

3. Lip Treatment: Studio Tropik x Kopiko Coffee Lip Treat – Cappuccino

Sumber: studiotropik.com

Vegan coffee lip oil treat pertama di Indonesia yang memiliki aroma kopi khas KOPIKO. Dilengkapi lip-loving ingredients, Caffeine dan Coffea Arabica seed oil, bagus untuk menutrisi dan melembapkan bibir. Memberi sentuhan warna sheer tint dan tampilan bibir yang kenyal dan supple.

Baca juga: 8 Tips Simple Agar Nail Polish Bagus dan Tahan Lama, Simak di Sini!

Bibir rentan alami kering, pecah-pecah, dan warna menggelap karena kerap terpapar lip product dan sinar matahari. Untuk itulah, lip care sangat penting dilakukan sebagai langkah merawat kesehatan dan kelembapan bibir. Terapkan perawatan bibir yang tepat dan pastikan kamu memilih lip product berkualitas terbaik dan aman.

Add comment

Share