10 Rekomendasi Mainan Bayi 3 Bulan sebagai Stimulus Terbaik

Mainan bayi 3 bulan adalah salah satu jenis mainan yang harus dipilih dengan selektif, termasuk tentang manfaat yang akan didapatkan dari mainan tersebut. Jika kamu berniat untuk mencari mainan bayi 3 bulan, maka tidak ada salahnya untuk mencari tahu manfaatnya terlebih dahulu, ya!

Salah satu manfaat mainan bayi 3 bulan adalah dapat menstimulasi penglihatan bayi. Hal ini penting, sebab penglihatan bayi harus distimulasi dengan baik supaya bisa melihat secara fokus. Saat ini sudah ada banyak sekali mainan yang mampu membuat penglihatan bayi menjadi lebih terstimulasi, mulai dari bentuk, warna, hingga desainnya yang menarik dan unik bagi bayi.

Stimulasi penglihatan ini juga sangat bermanfaat untuk mengenalkan warna hingga bentuk kepada bayi, sehingga bayi akan mampu mengenalnya dengan baik. Hal ini juga akan berdampak cukup baik bagi perkembangan tubuh dan motoriknya, lho. Penglihatan bayi yang terstimulasi juga akan membuatnya menjadi lebih peka atau detail dalam melihat segala sesuatu yang ada di depannya.

Manfaat berikutnya adalah untuk mengenalkan tekstur pada bayi. Bayi pada usia ini akan mendapatkan manfaat untuk mengenali beragam tekstur yang ada di sekitarnya dan hal ini cukup baik untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, mainan tersebut juga akan menjadi media yang tepat untuk membuat bayi belajar banyak hal baru yang ada di sekitarnya, mulai dari bentuk, warna, hingga tekstur.

Berbagai macam mainan bayi juga bermanfaat untuk memaksimalkan tumbuh kembang bayi. Tumbuh kembang bayi memang harus dibangun sejak dini, sehingga dapat lebih maksimal dan kamu pun bisa mengetahui cara pemilihan mainan yang sesuai dengan minat anak. Hal ini dapat menjadi salah satu metode yang tepat supaya tumbuh kembang bayi bisa optimal dan sesuai dengan pertumbuhan atau usianya.

Kenali Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Usia 3 Bulan

Untuk menstimulasi bayi 3 bulan, berikut ini adalah beberapa kemampuan bayi usia 3 bulan yang perlu diperhatikan:

  • Bayi 3 bulan mulai dapat menanggapi dengan senyuman ketika diajak bicara atau saat ia melihat sesuatu yang dianggap menarik.
  • Bayi 3 bulan pada umumnya sudah bisa mengekspresikan kesenangannya melalui beberapa cara, seperti senyuman, suara, atau gerakan kaki.
  • Mata bayi usia 3 bulan sudah mulai bisa mengikuti suatu gerakan.
  • Mulai bisa menegakkan kepalanya hingga 45 derajat dengan topangan tangan. 
  • Sudah bisa mendengarkan bunyi-bunyi dan mengenali suara di sekitarnya.
  • Mulai bisa membuat suara-suara dan juga ekspresi wajah yang berubah sesuai yang ia rasakan, misalnya menaikkan alis mata. 
Baca juga:  10 Penyebab Benjolan di Belakang Telinga Bayi, Hati-Hati!

Melihat banyaknya kemampuan umum usia 3 bulan, maka sebagai Ibu kamu perlu menstimulasi bayi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan. Lantas, mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan seperti apa yang cocok untuk dimainkan oleh sang buah hati? Yuk, intip rekomendasinya di bawah ini! 

Rekomendasi Mainan Bayi 3 Bulan

Berikut ini adalah beberapa mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan yang paling direkomendasikan:

1. Buku Bergambar

mainan bayi 3 bulan
Sumber: Freepik

Di usia 3 bulan, bayi memang belum bisa membaca, namun ia akan suka melihat gambar dengan aneka warna yang cerah dan mendengarkan suara Ibu saat menceritakan isi dari buku tersebut. Buku termasuk mainan yang dapat melatih banyak kemampuan bayi, mulai dari kemampuan bahasa, sosial, bicara, hingga kognitif. Jadi, rajinlah membacakan bayi buku cerita, ya!

2. Boneka

mainan bayi 3 bulan
Sumber: Freepik

Bentuk boneka yang menggemaskan dan teksturnya yang lembut, tentu akan menarik perhatian semua bayi. Tidak hanya itu, mainan ini pun akan melatih kemampuan bayi memegang benda dan memperkenalkan bayi pada aneka tekstur.

3. Mainan Kerincing

mainan bayi 3 bulan
Sumber: Freepik

Mainan bayi 3 bulan lainnya adalah kerincingan. Kamu bisa memilih kerincingan yang terbuat dari bahan yang empuk dan ringan, sehingga tidak akan membahayakan bayi. Mainan semacam ini akan membantu melatih kemampuan bayi dalam menggenggam benda. Menariknya lagi, meskipun sederhana tapi mainan kerincing ini juga dapat mengajarkan konsep sebab-akibat pada bayi. Saat bayi menggerakkan tangannya, maka kerincingan tersebut akan berbunyi.

4. Mainan Karet

mainan bayi 3 bulan
Sumber: Freepik

Mirip dengan kerincingan, mainan ini juga dapat mengajarkan konsep sebab-akibat, yang dapat berbunyi saat ditekan. Mainan ini juga dapat melatih kemampuan menggenggam bayi dengan keras, supaya mainan karet dapat mengeluarkan bunyi.

Baca juga:  6+ Manfaat Tummy Time untuk Perkembangan Bayi

5. Baby Playmat dan Playgym 

mainan bayi 3 bulan
Sumber: Freepik

Di usia 3 bulan, bayi juga sudah mulai tertarik dengan benda-benda yang ada di depan matanya. Bayi akan berusaha untuk meraih dan memegangnya. Jadi, kamu bisa memberikan baby playmat dan playgym sebagai sarana mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan yang menyenangkan.

6. Mainan dengan Cermin

mainan bayi 3 bulan
Sumber: Pinterest/howwemontessori.com

Ternyata, mainan dengan cermin juga dapat dijadikan sebagai mainan untuk bayi 3 bulan, lho. Mainan ini mampu menstimulasi perkembangan bahasa dan sosial, sekaligus membantu meningkatkan fokus bayi pada wajahnya.

7. Mainan Gigit atau Teether

mainan bayi 3 bulan
Sumber: Freepik

Meskipun gigi bayi pada umumnya baru tumbuh saat ia berusia 6 bulan, namun di usia 3 bulan bayi sudah mulai suka menggigit tangan dan mengeluarkan banyak air liur. Ini adalah pertanda bahwa proses pertumbuhan giginya sudah dimulai. Nah, untuk merangsang pertumbuhan giginya, coba berikan mainan yang bisa digigit dan terbuat dari karet. Mainan ini mampu meredakan rasa sakit atau gatal pada gusi yang membuat bayi merasa tidak nyaman. 

8. Mainan Gantung

mainan bayi 3 bulan
Sumber: Freepik

Ada juga mainan gantung atau musical mobile yang berputar dan mengeluarkan suara musik. Memiliki warna yang cerah dan dapat berputar, maka mainan ini dapat digunakan untuk menstimulasi penglihatan bayi. Mainan semacam ini juga akan merangsang kemampuan mendengar bayi dan menstimulasi bayi untuk berbicara.

9. Activity Mat

mainan bayi 3 bulan
Sumber: Freepik

Activity mat adalah tikar yang dilengkapi dengan banyak warna, gambar, tekstur, hingga berbagai permainan sederhana. Mainan ini juga bisa digunakan sambil anak latihan tummy time dengan semakin baik karena mendapatkan stimulasi dari mainannya.

10. Mainan Pemutar Musik

mainan bayi 3 bulan
Sumber: Freepik

Salah satu jenis mainan bayi 3 bulan untuk menstimulasi indra pendengarannya yaitu mainan pemutar musik. Biasanya, mainan semacam ini berbentuk instrumen yang memiliki tombol-tombol tertentu yang jika ditekan akan mengeluarkan irama atau lagu anak-anak sederhana.

Tips Memilih Mainan untuk Bayi 3 Bulan

mainan bayi 3 bulan
Sumber: Freepik

Untuk memastikan keamanan bayi tetap terjaga, ada beberapa tips yang perlu diketahui dalam memilih mainan untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 3 bulan, di antaranya adalah:

  • Pilih mainan yang sesuai dengan usia bayi.
  • Berikan mainan berbahan empuk dan tidak tajam agar tidak melukai bayi. 
  • Pilih mainan yang terbuat dari bahan yang aman, yaitu tidak mengandung bahan kimia berbahaya.
  • Hindari memilih mainan yang berukuran kecil, karena berisiko dapat tertelan bayi.
  • Pilih mainan dengan berbagai suara, warna, bentuk, ukuran, serta tekstur agar dapat melatih kemampuan bayi untuk meraba, melihat, dan mendengar bayi.
  • Pilih mainan yang mudah dibersihkan.
  • Hindari memilih mainan yang menggunakan magnet, baterai, atau listrik. 

Selain memberikan sang buah hati mainan bayi 3 bulan, jangan lupa untuk selalu menemaninya bermain, ya!