Baik untuk Busui, Ini 10+ Makanan Pelancar ASI Bernutrisi Tinggi

Sebagai ibu yang baru melahirkan, terkadang kamu khawatir akan kebutuhan ASI untuk bayi. Apakah produksi ASI bisa mencukupi atau tidak. Sebagian besar ibu menyusui sangat mengkhawatirkan hal tersebut. Supaya produksinya meningkat dan dapat memenuhi kebutuhan bayi, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi makanan pelancar ASI.

Makanan-makanan ini dapat membantu dalam melancarkan dan meningkatkan produksi ASI dalam tubuh, sehingga kamu dapat menyusui bayi tanpa khawatir ASI akan seret. Selain itu, makanan ini juga bernutrisi tinggi untuk mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan bayi. Nah, kira-kira apa saja makanan yang bisa melancarkan ASI? Simak rekomendasi makanan di bawah ini, ya.

Sumber: freepik

Makanan Pelancar ASI Bernutrisi Tinggi

1. Daun Katuk

Kamu pasti sudah tidak asing dengan pengetahuan dari jaman dulu bahwa daun katuk dapat melancarkan ASI. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa steroid, polifenol, dan laktagogum yang efektif dalam melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui. Selain itu, sayuran ini mengandung gizi yang dibutuhkan ibu menyusui, seperti protein, serat, dan beberapa vitamin. Kamu bisa mengolah makanan ini menjadi sayur bening, kemudian disantap dengan sepiring nasi hangat dan lauk pelengkap.

2. Daun Kelor

Sayuran hijau yang mirip dengan daun katuk ini memiliki senyawa fitosterol yang berguna untuk meningkatka produksi ASI. Agar daya tahan tubuh terjaga setelah melahirkan, kamu dapat mengonsumsi daun kelor yang diolah menjadi sayur bening. Sayur ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah radikal bebas karena mengandung antioksidan. Selain itu, daun kelor juga memiliki kandungan kalsium untuk mencegah terjadinya osteoporosis, kaya akan zat besi untuk menghindari anemia. Daun kelor juga tinggi kandungan vitamin C yang bermanfaat dalam penyerapan zat besi dan membantu proses penyembuhan luka setelah melahirkan.

3. Oat

Makanan yang diolah dari gandum utuh ini kaya akan nutrien mulai dari vitamin B hingga serat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu menyusui. Bahan olahan oat salah satunya adalah oatmeal yang sering digunakan untuk sarapan, dilengkapi dengan buah-buahan yang penuh kandungan gizi. Jenis serat yang terkandung dalam oatmeal yaitu betaglukan yang dapat meningkatkan hormon prolaktin untuk menyusui.

Baca juga:  Kenali Jenis Kekerasan pada Anak dan Ciri-cirinya

4. Bayam

Sumber: freepik

Sama seperti dua sayuran hijau yang telah disebutkan di atas, bayam juga menjadi salah satu rekomendasi makanan bagi kamu yang sedang menyusui. Nutrien yang terkandung dalam bayam antara lain zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia bagi ibu menyusui. Selain itu, sayur ini juga mengandung serat, air, asam folat, dan vitamin seperti vitamin A dan C. Adapun kandungan lain dalam bayam adalah fitoestrogen yang berperan mirip seperti estrogen dalam tubuh untuk meningkatkan produksi ASI.

5. Bawang Putih

Percaya atau tidak, jika kamu mengonsumsi bawang putih sebagai tambahan dalam makanan ataupun memakan secara langsung dapat melancarkan ASI. Hal ini dikarenakan bawang putih dapat bertindak sebagai galactagogue, yang merangsang produksi ASI. Meskipun bau bawang putih dapat mengganggu bayi yang menyusui, namun di sisi lain hal ini dapat mendorong bayi terus menyusu sehingga produksi ASI semakin meningkat.

6. Buncis

Buncis yang termasuk dalam kelompok sayur jenis kacang-kacangan ini adalah salah satu sumber asam folat, lho. Jika kamu mengonsumsi sayur ini, ASI yang diberikan akan memiliki kandungan asam folat lebih banyak. Ini juga bisa menjaga kesehatan pemulihanmu setelah melahirkan. Selain itu, ada banyak lagi kandungan dalam buncis, seperti antioksidan untuk melawan kanker, vitamin K untuk sendi dan tulang, serta serat untuk mengurangi kolestrol dalam tubuh.

7. Almond

Banyak sekali ibu menyusui yang menjadikan kacang almond sebagai salah satu cemilan mereka. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada almond adalah protein, vitamin E, dan beragam jenis mineral. Manfaat yang dirasakan setelah mengonsumsi kacang almond antara lain melancarkan dan meningkatkan produksi ASI, menurunkan berat badan setelah melahirkan, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan dan kulit. Makan almond juga dapat menjaga kadar gula darah, karena memiliki indeks glikemik yang rendah dibandingkan kacang jenis lainnya.

8. Jahe

Selain menjadi penghangat badan dan obat, jahe dipercaya dapat memberikan sejumlah khasiat bagi ibu menyusui, antara lain mempercepat pemulihan setelah melahirkan, merangsang produksi ASI dengan senyawa galactagogue yang terkandung di dalamnya, hingga meringankan pembengkakan. Meskipun begitu, jahe dapat memengaruhi rasa ASI yang diminum bayi. Jika bayi menolak menyusu setelah kamu mengonsumsi jahe, itu artinya kamu harus mengurangi atau menghentikan konsumsi jahe.

Baca juga:  Busui, Lakukan 7 Cara Ini Agar ASI Banyak dan Kental!

9. Daging Sapi

Protein hewani yang satu ini adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi ibu menyusui karena kaya akan zat besi. Daging sapi tanpa lemak memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan dapat meningkatkan energimu saat masa menyusui. Makanan ini juga kaya akan protein, vitamin B, dan fosfor. Kamu dapat mengolah daging ini menjadi berbagai macam masakan kesukaanmu. Namun, pastikan untuk memasaknya hingga matang ya. Agar tidak ada kuman yang tersisa di daging.

10. Salmon

Salah satu jenis ikan yang bisa dijadikan makanan pelancar ASI adalah salmon. Meskipun harganya cukup mahal, namun ikan ini memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk perkembangan otak bayi dan imunitasmu. Selain itu, gizi yang terdapat pada ikan salmon antara lain vitamin B kompleks, protein, dan selenium. Manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah mengonsumsi salmon adalah melancarkan produksi ASI, meredakan depresi pasca melahirkan, dan mencegah anemia.

11. Daging Unggas

Daging unggas juga tak kalah pentingnya untuk melancarkan produksi ASI, lho. Kandungan yang terdapat dalam makanan ini antara lain protein, asam lemak omega-3 dan 6, zat besi, serta vitamin dan mineral penting. Selain meningkatkan kualitas dan produksi ASI, daging unggas diyakini bermanfaat bagi perkembangan kesehatan bayi.

12. Kurma

Sumber: freepik

Buah kurma memiliki khasiat yang sangat baik untuk kamu yang sedang menyusui. Kurma kaya akan beberapa nutrien penting, seperti vitamin B, tanin, zat besi, kalsium, dan hormon potuchsin yang dapat meminimalisir risiko perdarahan setelah melahirkan. Selain dapat memperlancar ASI, buah ini juga bisa menghindarkan kamu dari sembelit karena ada serat di dalamnya.

Demikian penjelasan tentang beberapa makanan untuk memperlancar ASI. Pastikan kondisi makanan yang akan kamu konsumsi terbebas dari kuman, ya. Agar kamu dan bayi terhindar dari penyakit. Selain konsumsi makanan yang bisa melancarkan ASI, kamu juga bisa melakukan hal-hal berikut agar ASI tidak seret.

  • Meningkatkan frekuensi menyusui dengan cara let-down reflex.
  • Hindari suasana negatif.
  • Lakukan latch on agar posisi mulut bayi tepat berada di ujung puting dan bayi bisa menghisap tanpa harus membuat kamu sakit.
  • Menyusui dari kedua payudara secara bergantian
  • Istirahat dengan cukup
  • Lakukan pijat laktasi

Selalu ingat untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi hingga 6 bulan, kemudian lanjutkan menyusui sampai 2 tahun, ya!