Haid Tidak Lancar? Konsumsi Makanan Ini untuk Pelancar Haid!

Kondisi yang sering dikeluhkan para wanita adalah haid yang tidak lancar. Masalah ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan pelancar haid tanpa harus meminum obat. Meskipun begitu, ketika haidmu tidak lancar atau terlambat, kamu perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Perlu diketahui, siklus haid umumnya terjadi antara 21–35 hari.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi siklus haid tidak lancar. Mulai gangguan hormonal hingga perubahan gaya hidup. Apa saja ya, makanan untuk melancarkan haid dan juga bagaimana tips agar haid kembali lancar? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

makanan pelancar haid
Sumber: iStockPhoto

Penyebab Haid Tidak Lancar

Haid atau menstruasi biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  1. Fase pubertas sering kali berdampak pada siklus menstruasi jadi tidak lancar. Terutama pada satu atau dua tahun pertama, setelah kamu mulai mengalami haid.
  2. Wanita berusia antara 45-55 tahun umumnya memasuki fase menopause, yaitu berakhirnya fase menstruasi secara alami, yang mana siklus haid sudah tidak lancar.
  3. Penyebab haid tidak lancar bisa menjadi tanda awal kehamilan.
  4. Mengonsumsi pil kontrasepsi seperti pil KB dan lainnya dapat memengaruhi siklus hormonal menstruasi.
  5. Mengalami penurunan berat badan atau penambahan berat badan yang ekstrem karena olahraga berlebihan atau stres berat.
  6. Kondisi medis tertentu seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau masalah dengan tiroid.

9 Makanan Pelancar Haid

Agar siklus menstruasimu kembali lancar, kamu bisa mengkonsumsi 9 makanan seperti di bawah ini.

1. Nanas

Konsumsi buah-buahan tertentu seperti nanas diketahui dapat memengaruhi siklus haid. Nanas memiliki kandungan yang disebut enzim bromelain yang dapat melancarkan aliran darah serta mendorong peluruhan dinding uterus agar terjadi menstruasi. Selain itu, nanas juga mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan putih yang membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Baca juga:  Tidak Hanya untuk Kulit, Ini 8+ Manfaat Lain dari Bengkoang!

2. Pepaya

Pepaya juga merupakan pilihan makanan pelancar haid yang sehat. Buah ini diketahui tinggi karoten dan dinilai dapat meningkatkan kadar hormon estrogen di dalam tubuh dan membantu rahim berkontraksi, sehingga siklus haid dapat mendorong terjadinya menstruasi. Selain itu, pepaya juga mengandung tinggi serat yang baik untuk melancarkan saluran pencernaan dan meredakan konstipasi. Hal ini dikarenakan beberapa wanita mungkin sering mengalami konstipasi menjelang jadwal haidnya.

3. Sayuran Hijau

makanan pelancar haid
Sumber: Freepik

Bagi Anda yang memiliki siklus haid tidak teratur, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan asupan folat setiap harinya. Folat dapat mendukung proses ovulasi secara teratur dan meningkatkan kadar hormon reproduksi. Sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam dapat meningkatkan kadar asam folat, zat besi, dan magnesium dalam tubuh. Selain merangsang produksi zat besi, sayuran tersebut berguna untuk mengatasi kelelahan, nyeri tubuh, dan pusing.

4. Rempah-Rempah

Jahe, kunyit, kayu manis, adalah rempah-rempah alami yang kaya antioksidan dan dipercaya bisa memperlancar siklus haid. Terutama jahe dan kunyit mengandung emmenagogue yang mampu menstimulasi aliran darah pada rahim serta pelvis, sekaligus sebagai antipasmodik untuk menginduksi haid. Kunyit dipercaya memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen, sehingga bisa menginduksi peluruhan dinding rahim.

5. Telur

Telur juga mampu menjaga sistem hormonal Anda dan menjaga Anda tetap bertenaga serta fokus saat sedang menstruasi. Kandungan protein dalam telur bisa membantu mengatasi masalah menstruasi ngga lancar. Selain protein, telur juga kaya akan kalsium dan vitamin sehingga bisa menjadi makanan yang menyehatkan. Pilihlah telur rebus daripada telur goreng.

Baca juga:  Ingin Mengatasi Perut Kembung dan Mual, Coba 8 Cara Ini!

6. Tahu

makanan pelancar haid
Sumber: iStockPhoto

Kondisi tubuh kekurangan hormon estrogen dapat menyebabkan masalah menstruasi jadi tidak lancar. Alternatifnya bisa mengonsumsi tahu dari kacang kedelai. Selain tinggi protein, tahu diperkaya zat besi, magnesium, kalsium, dan cocok untuk kalangan vegetarian. Adapun produk turunan lain dari kacang kedelai selain tahu adalah susu kedelai. Nutrien dalam segelas susu kedelai mampu menjaga kesehatan tubuh dan sistem reproduksi.

7. Yoghurt

Pilihan makanan untuk melancarkan haid selanjutnya adalah yoghurt. Yoghurt termasuk salah satu makanan pelancar haid, karena mengandung bakteri baik dan probiotik untuk melawan infeksi penyebab gangguan haid. Selain itu, yoghurt juga memuat nutrisi penting lain seperti magnesium dan kalsium yang bermanfaat dalam merangsang pembentukan hormon estrogen.

8. Ikan

Untuk melancarkan haid, penting juga untuk mencukupi kebutuhan asupan lemak sehat. Konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, seperti ikan sarden, ikan teri, dan ikan salmon dapat mendukung fungsi hormon serta proses pelepasan sel telur. Tidak hanya itu, konsumsi ikan yang telah disebutkan juga dapat melengkapi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Hal ini penting sebab kekurangan asupan vitamin D bisa membuat siklus haid tidak teratur.

9. Kacang Almond

makanan pelancar haid
Sumber: iStockPhoto

Bagi pecinta kacang, makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan cemilan sehat, khususnya kamu kaum hawa yang ingin memperlancar siklus haidnya. Kacang almond dan kenari menjadi camilan yang pas jika kamu ingin mendapatkan menstruasi lancar tanpa adanya gejala yang menyiksa setelahnya. Kedua jenis kacang ini kaya serat dan protein yang baik untuk melancarkan menstruasi dan meningkatkan kesuburan.

Itulah berbagai pilihan makanan pelancar haid. Selain mengonsumsi makanan tersebut, pastikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh. Jika kamu makan terlalu sedikit atau kurang nutrisi, keseimbangan hormon di dalam tubuh juga akan terganggu dan dapat berpengaruh terhadap siklus haidmu. Agar siklus haid tetap lancar, jangan lupa juga untuk berolahraga dengan intensitas ringan hingga sedang secara rutin, mengelola stres dengan baik, dan beristirahat yang cukup.