Sehat Semasa Hamil dengan 10 Makanan Penguat Kandungan Ini

Menjaga janin agar tetap sehat adalah hal penting. Dan salah satu faktor pendukung kesehatan ibu hamil adalah makanan penguat kandungan. Mengapa demikian? Karena 9 bulan bukanlah waktu yang singkat. Ibu perlu memastikan bahwa masa 9 bulan tersebut bisa dilewati dengan aman tanpa risiko adanya keguguran.

Ingin tahu apa saja makanan penguat kandungan yang bisa membantu ibu selama proses mengandung? Yuk intip daftarnya di bawah ini.

Apa Saja sih yang Perlu Dikonsumsi Selama Hamil?

1. Mengonsumsi Vitamin dan Suplemen

Selama kehamilan, asupan nutrisi menjadi lebih banyak daripada sebelumnya. Sebab, selain ibu, bayi juga harus mendapatkan nutrisi yang cukup. Oleh karena itu, untuk dapat membantu memenuhi asupan nutrisi bagi ibu dan janin, ada baiknya jika mengonsumsi vitamin dan suplemen khusus ibu hamil. Vitamin dan suplemen ini baiknya diminum sejak sebelum memutuskan untuk hamil. Konsultasikan dengan dokter tentang vitamin dan suplemen apa yang cocok untuk Anda selama kehamilan.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Selama kehamilan, ibu perlu mengonsumsi makanan bergizi. Variasi makanan sehat yang mengandung gizi tinggi akan membantu untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Varian makanan bergizi yang dapat dikonsumsi selama kehamilan berupa makanan berprotein tinggi, mengandung vitamin C, makanan tinggi kalsium, makanan kaya zat besi, dan tinggi asam folat.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Mengonsumsi air putih juga menjadi hal yang penting selama kehamilan. Asupan air putih yang terpenuhi akan membantu menyalurkan nutrisi dari vitamin dan makanan ke janin melalui plasenta. Selain itu, air putih juga mencegah terjadinya dehidrasi pada ibu hamil. Air putih juga melancarkan saluran pencernaan dan aliran darah dari ibu ke janin.

Baca juga:  Ini Cara Membersihkan Telinga Bayi tanpa Cotton Bud!

Baca Juga: Simak Bedanya Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki Atau Perempuan!

Daftar 10 Makanan Sehat Penguat Kandungan

1. Makanan Kaya Asam Folat

tomat adalah makanan yang mengandung asam folat
Sumber: Pixabay

Untuk menguatkan kandungan ibu hamil, ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat. Makanan itu bisa ditemukan pada ikan bandeng, ikan salmon dan berbagai macam makanan yang lainnya seperti manfaat alpukat tomat ibu hamil.

Selain menguatkan kandungan, makanan kaya asam folat bisa mencerdaskan otak janin dan juga bermanfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

2. Buah Alpukat

alpukat
Sumber: iStockPhoto

Buah alpukat adalah buah yang kaya akan lemak tidak jenuh, vitamin E dan juga berbagai macam vitamin dan mineral. Mengkonsumsi manfaat alpukat untuk ibu hamil, ketika dikonsumsi  secara teratur bisa menguatkan kandungan ibu hamil karena kandungan gizinya yang lengkap.

3. Ubi Jalar

ubi jalar sebagai salah satu makanan penguat kandungan
Sumber: Pixabay

Ubi juga bisa digunakan untuk makanan penguat kandungan lemah, terutama ubi jalar. Ubi jalar mengandung karoten, yakni sebuah  zat yang bisa diubah menjadi vitamin A. Kandungan dalam ubi jalar lainnya adalah folat, serat dan juga vitamin C. Ketiga kandungan tersebut juga bermanfaat untuk menguatkan kandungan ibu hamil.

4. Kurma

kurma penguat kandungan

Bagi ibu hamil yang tidak suka madu, mengkonsumsi kurma bisa menjadi alternatif yang bisa diambil sebagai penguat kandungan. Selain itu, fungsi lain dari kurma juga meningkatkan hb dan zat besi bagi kandungan.

5. Susu

susu adalah salah satu makanan penguat kandungan
Sumber: Pixabay

Susu memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain tinggi protein, susu juga kaya akan kalsium, sehingga bisa berguna sebagai makanan penguat kandungan. Disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi susu murni yang telah dipasteurisasi dan disterilkan, Sehingga kandungan bakteri dalam susu tersebut bisa dimatikan dan aman jika dikonsumsi.

Baca juga:  7 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil yang Perlu Kamu Ketahui

6. Kacang Hijau

kacang hijau
Sumber: Pixabay

Kacang hijau bermanfaat untuk menguatkan kandungan ibu hamil. Hal itu dikarenakan di dalam kacang hijau memiliki kandungan zat besi tinggi. Selain bermanfaat untuk meningkatkan hb dalam darah, kacang hijau juga bisa menjaga perkembangan janin yang sehat selama kehamilan.

7. Telur

telur sumber omega 3
Sumber: Pixabay

Berbagai macam jenis telur cocok dijadikan sebagai makanan penguat kandungan lemah. Hal itu dikarenakan di dalam telur banyak terdapat gizi ibu hamil, terutama kandungan omega-3 dan protein yang berfungsi untuk menguatkan kandungan. Jenis telur yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah telur bebek, telur angsa, telur ayam negeri, telur ayam kampung dan berbagai macam telur lainnya. Kandungan protein tertinggi ada pada telur bebek, hal itu bisa ditandai dengan warna kuning telurnya.

8. Ikan Tawar

ikan penguat kandungan
Sumber: Pixabay

Berbagai jenis ikan tawar segar bisa bermanfaat untuk menguatkan kandungan. Ikan kaya akan kandungan protein dan juga kaya akan omega-3. Kandungan yang ada di dalam ikan itu bisa menguatkan kandungan ibu hamil. Namun ikan bisa menjadi makanan berbahaya bagi ibu hamil, jika dimakan mentah,karena kandungan parasitnya belum mati.

9. Brokoli

brokoli mengandung zat besi dan penangkal radikal bebas yang baik untuk ibu hamil
Sumber: Pixabay

Brokoli kaya akan kalsium, folat dan juga vitamin C. Mengkonsumsi brokoli sebanyak 100 gram setiap harinya sangat dianjurkan untuk ibu hamil yang memiliki kandungan bermasalah. Selain menguatkan kandungan, brokoli juga bisa untuk melawan radikal bebas. Manfaat zat besi yang ada pada brokoli juga bisa mencegah anemia bagi ibu hamil.

Baca Juga: Normal atau Bahaya? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda

10. Udang

udang untuk ibu hamil
Sumber: Pixabay

Salah satu makanan laut yang bermanfaat untuk menguatkan kandungan adalah udang. Udang memiliki kandungan protein yang tinggi, di dalam 100 gram udang terdapat 20 gram protein dengan tingkat tinggi. Mengkonsumsi 100 gram setiap hari bisa mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh ibu hamil sebanyak 40 persen. Untuk menguatkan kandungan, ibu hamil bisa mengkonsumsi udang sedikitnya 100 gram sehari.

Demikianlah daftar 10 makanan sehat yang dapat membantu ibu Hamil menguatkan kandungan. Semoga bermanfaat.

Bagi kamu yang saat ini sedang hamil, jangan lupa bahwa kesehatan anak akan bergantung pada apa yang kamu konsumsi. Pastikan memenuhi gizi dan nutrisinya melalui makanan sehat yang bermanfaat.