Serba-serbi Makanan Sehat yang Menjadi Tren di Kota Besar

Kesadaran masyarakat untuk konsumsi makanan sehat kini semakin meningkat, apalagi di kota-kota besar. Selain menjadi sumber energi, pasalnya konsumsi makanan yang sehat juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit serius, seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, obesitas, hingga kanker.

Konsumsi makanan yang sehat sangat berkontribusi dalam membangun tubuh yang sehat, bahkan lebih dari olahraga lho. Jadi, mulailah untuk konsumsi makanan yang bergizi seimbang demi menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kamu, ya.

Yuk, cari tahu apa sih sebenarnya makanan sehat itu? Apa saja jenis-jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi setiap hari? Dan kenapa konsumsi makanan sehat menjadi tren, khususnya di kota-kota besar? Temukan jawaban lengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Makanan Sehat?

pengertian makanan sehat

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada dasarnya, tubuh kita memerlukan berbagai macam nutrisi agar tetap sehat, dan pertumbuhan dapat berjalan secara optimal. Syaratnya adalah makanan harus bersih, memiliki gizi yang baik, dan juga seimbang. Keseimbangan makanan sehat tersebut adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin.

Kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat, tanpa terbatas pada satu jenis saja. Dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan, maka akan memberikan nutrisi yang berbeda, sehingga gizi yang diperlukan oleh tubuh kamu bisa terpenuhi.

Apa Saja Jenis Makanan Sehat?

jenis makanan sehat

Ada beberapa pilihan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari, di antaranya adalah:

  1. Sayuran hijau, yang mengandung banyak nutrisi penting, seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, folat, dan kalium, yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan antioksidan yang akan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 
  2. Buah-buahan, yang mengandung banyak vitamin. Beberapa buah yang populer karena kekayaan nutrisinya adalah apel (serat, vitamin C, dan antioksidan), jeruk (vitamin C), pisang (kalium), alpukat (lemak sehat, kalium, dan vitamin C), dan buah beri-berian seperti blueberry dan strawberry (rendah kalori namun kaya akan antioksidan dan serat).
  3. Daging yang kaya akan nutrisi, dan telur yang tinggi protein, serta mengandung nutrisi lengkap, mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.
  4. Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang tanah, kacang mete, kacang almond, chia seed, biji labu, dan biji wijen. Kacang-kacangan dan biji-bijian tersebut tidak hanya mengandung protein dan serat yang tinggi saja, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti magnesium dan vitamin E.
  5. Ikan dan makanan laut lainnya, yang kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium.
  6. Susu, yang banyak mengandung vitamin, mineral, protein hewani berkualitas, dan lemak sehat. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium yang terbaik. 
Baca juga:  Kamera Polaroid: Rekomendasi dan Tips Menghasilkan Foto Menarik

Apa Saja Makanan yang Perlu Dihindari?

junk food

Agar terhindar dari berbagai macam penyakit, ternyata konsumsi makanan yang sehat saja tidak cukup. Kamu juga harus membatasi atau menghindari asupan yang tidak sehat seperti berikut ini:

  1. Minuman yang memiliki kadar gula tinggi, seperti minuman bersoda, jus dalam kemasan, dan minuman berenergi. Jika sering dikonsumsi dalam jumlah yang besar, jenis minuman ini dapat memicu terjadinya resistensi insulin di tubuh. Sehingga kondisi ini dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
  2. Makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan daging olahan. Junk food ini tidak hanya mengandung kalori yang tinggi, tetapi juga rendah nutrisi. 
  3. Makanan ringan kemasan, seperti permen, es krim, dan biskuit, juga tinggi kalori dan rendah nutrisi sehingga perlu dibatasi. 

Kenapa Makan Sehat Jadi Tren di Kota Besar?

gaya hidup vegan

Salah satu tren yang muncul adalah gaya hidup kuliner tanpa daging. Bisa dibilang, tren ini mendukung gaya hidup vegan yang mengedepankan hidup tanpa daging, serta produk-produk yang tidak mengandung unsur hewani. Pada Oktober 2019, PBB mengadakan konferensi yang membahas tentang terjadinya krisis iklim dunia. Dalam konferensi tersebut, sistem pengolahan makanan disebut-sebut sebagai salah satu penyumbang polusi yang terbesar di dunia, yaitu sebanyak 21% hingga 37%.

Untuk itu, masyarakat dunia disarankan untuk mengurangi konsumsi daging, karena daging dapat menghasilkan polusi atau kotoran hewan. Kemudian tren plant-based food lahir dari kesadaran ini. Dan banyak orang menyukai tren ini. Di Indonesia sendiri, sebenarnya tren ini sudah berkembang sejak beberapa tahun yang lalu terutama di tahun 2019. 

Baca juga:  8 Hal Menarik dari Film One Piece Red, Film Bajak Laut ‘Musikal’

Awalnya hanya sekelompok orang di kota-kota besar saja yang menerapkan tren ini, namun lama kelamaan orang-orang mulai membangun kebiasaan hidup sehat dengan mengganti konsumsi makanan mereka dengan makanan yang lebih bergizi.

Itulah beberapa informasi penting tentang makanan sehat yang perlu kamu ketahui. Agar kamu tidak bosan, konsumsilah makanan yang bergizi dengan jenis yang berbeda setiap harinya. Atau kamu juga bisa mengkombinasikan macam-macam makanan tersebut agar nutrisi yang didapat juga lebih beragam. Selain konsumsi makanan yang bergizi seimbang, kamu juga disarankan untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Seperti memperbanyak minum air putih, beristirahat yang cukup, dan rajin berolahraga.