Intip 8 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Terbaik bagi Anak

Anak perlu asupan nutrien yang berguna bagi tumbuh kembangnya. Salah satu nutrien yang sangat penting bagi pertumbuhan anak adalah karbohidrat. Zat ini merupakan sumber energi untuk seluruh aktivitas yang dilakukan anak. Tanpa karbohidrat, tubuh tidak dapat mengolah lemak dan protein. Makanan yang mengandung karbohidrat dan paling sering dimakan oleh masyarakat Indonesia adalah nasi.

Namun, sumber karbohidrat tidak hanya nasi, lho! Ada beberapa alternatif sumber karbohidrat yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan harian, sehingga anak tidak bosan dengan nasi saja. Apa saja ya itu? Yuk, simak manfaat karbohidrat dan 7 makanan selain nasi yang mengandung karbohidrat terbaik bagi anak.

makanan yang mengandung karbohidrat
Sumber: iStockPhoto

Manfaat Karbohidrat bagi Anak

Karbohidrat adalah salah satu makro-nutrien yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Adapun 3 manfaat yang dirasakan setelah mengonsumsi karbohidrat adalah sebagia berikut.

1. Memasok Energi

Karbohidrat akan dipecah menjadi  glukosa, fruktosa atau sukrosa. Ketiga komponen tersebut kemudian berubah menjadi energi. Salah satu bagian tubuh yang paling membutuhkan energi adalah otak. Itu sebabnya, anak membutuhkan karbohidrat yang cukup untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otaknya.

2. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

makanan yang mengandung karbohidrat
Sumber: iStockPhoto

Karbohidrat yang berubah menjadi energi akan memicu pertumbuhan bakteri baik pada pencernaan. Bakteri inilah yang kemudian membantu produksi vitamin B kompleks untuk menjaga fungsi pencernaan. Mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah cukup membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Makanan berserat yang kaya akan karbohidrat dapat mempercepat proses pencernaan.

3. Membantu Pembentukan Sel-Sel Tubuh

Karbohidrat adalah komponen penting sel-sel tubuh seperti mitokondria, membran sel, dan lainnya. Tanpa zat ini, sel-sel tersebut tentu tidak berfungsi secara optimal. Selain itu, karbohidrat juga dapat menurunkan risiko dari penyakit tertentu. Seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, obesitas, dan gangguan pencernaan.

Baca juga:  Siapkan Menu MPASI Pertama dengan 7 Tips Ini!

4. Mengoptimalkan Fungsi Otak

makanan yang mengandung karbohidrat
Sumber: iStockPhoto

Fungsi karbohidrat bagi tubuh selanjutnya dapat membantu perkembangan otak menjadi optimal. Karbohidrat merupakan salah satu sumber dari energi. Dan otak akan sanggup menampung energi tersebut. Tujuannya adalah untuk mengaktifkan sel-sel yang dimiliki oleh otak.

8 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Terbaik untuk Anak

Setelah mengetahui manfaat karbohidrat bagi anak, kamu perlu mengetahui apa saja sumber karbohidrat yang baik bagi anak. Hal ini dapat menjadi pertimbangan pilihan menu untuk anak saat dia bosan dengan nasi.

1. Nasi Putih

Nasi putih adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, nasi juga mengandung lemak, protein, dan serat. Kendati beras banyak jenisnya, namun lebih dianjurkan untuk memberikan beras putih kepada anak dibandingkan beras merah. Alasannya, beras merah mengandung lebih banyak serat, sementara anak-anak dalam masa pertumbuhan tidak membutuhkan serat dalam jumlah banyak. Umumnya, beras merah dipilih oleh orang dewasa untuk menurunkan berat badan, sedangkan anak memerlukan asupan makanan yang bisa menaikkan berat badannya.

2. Kentang

makanan yang mengandung karbohidrat
Sumber: iStockPhoto

Kentang bisa jadi pilihan sumber karbohidrat yang baik untuk dukung pertumbuhan anak. Makanan ini bisa disiapkan dengan banyak cara dan mengandung jumlah karbohidrat yang tinggi, yakni mencapai 92%. Kentang juga mengandung kalium, besi, dan kalsium. Anak mungkin lebih suka kentang goreng, dan ketika dipanggang dan dalam jumlah sedang, juga bukan pilihan buruk.

3. Jagung

Jagung juga menjadi sumber karbohidrat yang cukup tinggi dan memiliki cita rasa manis. Bahan makanan satu ini mudah untuk dijadikan berbagai olahan makanan. Selain diolah menjadi menu utama, jagung pun digemari menjadi cemilan. Di dalam 100 gram penyajian jagung, terdapat 21 gram karbohidrat.  Kamu bisa mengolah berbagai jenis jagung seperti jagung manis, jagung mutiara, jagung ketan dan jagung berondong yang bisa dijadikan cemilan di sela-sela makan siang atau makan malam.

4. Ubi Jalar

makanan yang mengandung karbohidrat
Sumber: Freepik

Ubi jalar mengandung 94% karbohidrat dan juga mengandung banyak kalium, zat besi, dan kalsium. Tidak hanya memiliki rasa manis saja, ubi jalar pun sangat mengenyangkan, namun juga memiliki kandungan gizi yang penting bagi tubuh. Ubi ungu atau ubi madu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa melawan paparan dari radikal bebas dan kandungan beta karotennya yang bisa mencegah penyakit pada mata.

Baca juga:  Penuh Risiko, Begini Cara Perawatan Bayi Prematur

5. Roti Gandum

Roti gandum juga termasuk makanan yang mengandung karbohidrat yang lebih sehat dibandingkan roti putih biasa. Dalam 100 gram roti gandum mengandung serat mencapai 7 gram, sedangkan roti putih biasa hanya mengandung serat sekitar 2,7 gram. Kandungan nutrisi yang banyak terdapat pada roti gandum, seperti protein, karbohidrat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium . Kamu bisa mengolah roti gandum menjadi sandwich atau roti lapis yang lezat untuk sarapan anak.

6. Oatmeal

makanan yang mengandung karbohidrat
Sumber: Freepik

Oatmeal juga bisa menjadi makanan yang mengandung karbohidrat untuk si Kecil. Serat di dalam oatmeal dapat membantu anak kenyang lebih lama, mencegah sembelit atau konstipasi, sebagai sumber energi, mengontrol kadar gula darah, dan mengontrol berat badan. Kandungan nutrisi di dalam oatmeal, yaitu protein, karbohidrat, serat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan magnesium.

7. Singkong

Makanan selanjutnya yang tinggi akan karbohidrat yaitu ketela pohon atau biasa kita kenal dengan singkong. Dalam 100 gram singkong terdapat 38 gram karbohidrat, jadi tidak perlu heran jika mengkonsumsi singkong bisa membuat kenyang. Kamu bisa dengan mudah menemukan singkong di pasaran, beberapa jenis singkong yang ada di pasaran dan mudah ditemukan yaitu singkong putih, singkong emas, singkong gajah dan singkong mentega.

8. Buah-buahan

makanan yang mengandung karbohidrat
Sumber: Freepik

Makanan terakhir yang bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat baik untuk anak adalah buah-buahan. Buah merupakan sumber karbohidrat yang tidak banyak dipikirkan orang, Hal itu dikarena kan mereka sering lupa bahwa karbohidrat yang terkandung dalam buah-buahan adalah fruktosa. Stroberi mengandung 85% karbohidrat, pisang 92% karbohidrat dan blueberry 80% karbohidrat. Salad buah adalah camilan sore yang sempurna untuk anak dalam masa pertumbuhan.

Itulah 5 mnafaat dan 8 makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi. Kamu bisa mengolah bahan makanan tersebut menjadi menu makanan yang menarik sehingga anak-anak tertarik untuk memakannya. Pastikan juga memenuhi nutrien lain seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral agar tumbuh kembang anak berjalan dengan optimal.