artificial intelligence

Apa Maksud dan Penerapan Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan cabang ilmu komputer yang menekankan pengembangan intelijen mesin yang pola berpikir dan bekerjanya seperti manusia. Misalnya, pengenalan suara, pemecahan masalah, pembelajaran, serta perencanaan. Berkat kemajuan teknologi, dengan atau tanpa kita sadari kita sudah terhubung dengan AI. Tidak seperti persepsi umum, contoh penerapan Artificial Intelligence tidak terbatas hanya pada industri IT atau teknologi saja. Namun sebaliknya, banyak AI ini juga banyak digunakan di bidang lain seperti medis, bisnis, pendidikan, hukum, dan manufaktur, hingga kehidupan sehari-hari. 

Apa itu Artificial Intelligence

AI ini memiliki konsep yang luas dan terbagi dalam dua jenis, yaitu ANI dan AGI. ANI (Artificial Narrow Intelligence) atau kecerdasan buatan yang terbatas merupakan sistem yang dapat bekerja jika sudah diprogram untuk melakukan suatu pekerjaan. Sedangkan AGI (Artificial General Intelligence), merupakan kecerdasan buatan yang dapat melakukan apa yang manusia lakukan atau bahkan lebih. 

Penerapan AI ini biasanya ada pada sistem komputer atau mesin sehingga sistem dapat mengenali data. Data tersebut akan didapatkan melalui berbagai cara, contohnya dengan cara manual labeling, observing behavior, download from websites atau partnership. Contoh-contoh AI yang sudah digunakan dalam kehidupan sehari-hari manusia, salah satunya adalah mesin pengenal objek dan pengenal wajah.

Meskipun baru dibahas belakangan ini, namun AI sebenarnya sudah digunakan dalam berbagai fitur dan produk yang ada dalam masyarakat. Nah, berikut ini ada lima contoh peran AI dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diketahui. 

Baca juga:  Tips Memilih Smart TV Terbaik, Cocok untuk Netflix-an

1. Memberikan Rekomendasi Lagu dari Platform Musik

artificial intelligence
Sumber: https://edm.com/features/spotify-collaborative-playlist

Bagaimana platform musik seperti Spotify bisa memberikan rekomendasi lagu yang sesuai dengan selera kamu? Jawabannya adalah Artificial Intelligence. Dibalik platform musik favorit yang biasa kamu dengarkan, ada AI yang bertugas untuk membaca kebiasaan kamu dalam mendengarkan musik. Kemudian AI akan menganalisis berbagai hal, mulai dari genre musik hingga nama penyanyi yang biasa kamu dengarkan. Selanjutnya, hasil analisis tersebut akan dijadikan tolok ukur untuk mencari musik serupa yang kemudian dihadirkan dalam bentuk daftar rekomendasi lagu untuk kamu dengarkan.

2. Menunjukkan Peta dan Arah

Ketika membuka Google Maps, kamu dapat mengetahui rekomendasi jalur tercepat. Rekomendasi ini tidak muncul begitu saja lho, karena telah melewati tahap pemrosesan data oleh AI. AI telah menganalisa keadaan di lapangan dan memberikan rekomendasi jalur berdasarkan data yang telah dihimpun. Data tersebut sangat beragam, mulai dari jarak, kondisi lalu lintas, hingga data perjalanan sebelumnya yang pernah dilalui. 

3. Menjadi Asisten Digital

Artificial Intelligence
Sumber: https://www.cnet.com/

Para pengguna iPhone atau Android pasti sudah tidak asing dengan SIRI dan Google Assistant, di mana keduanya adalah salah satu contoh AI dalam kehidupan sehari-hari. SIRI dan Google Assistant memiliki kemampuan khusus untuk memahami bahasa manusia sekaligus mengenali suara pengguna. Kecerdasan inilah yang menjadikan keduanya mampu berperan layaknya asisten pribadi dalam kehidupan nyata. SIRI dan Google Assistant dapat mempelajari kebiasaan penggunanya sehari-hari, dan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Peran AI sebagai asisten tidak hanya sebatas itu saja. Dengan beragam penelitian yang saat ini dikembangkan, AI juga dapat menjadi asisten layaknya Jarvis pada film Iron Man keluaran Marvel, lho. Salah satu contoh yang ada saat ini adalah AI di kediaman CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Dengan Jarvis miliknya, Mark Zuckerberg dapat mengatur seluruh aktivitas rumahnya dengan mudah, mulai dari mengenali tamu di depan pintu, membuka gerbang, memutar film dan musik, serta menjawab pertanyaan dengan humor seperti layaknya manusia. 

Baca juga:  8 Cara Download Video Tiktok tanpa Watermark secara Daring

4. Memudahkan Kegiatan Berbelanja

AI juga dapat diterapkan untuk mempermudah pengalaman berbelanja, salah satunya terdapat di marketplace Tokopedia. Jika kamu melihat sebuah barang menarik dan hendak membelinya di Tokopedia, maka kamu hanya perlu memotret barang tersebut dan mengunggahnya ke fitur Image Search yang ada di Tokopedia. Selanjutnya, AI akan memproses gambar tersebut dan mencari barang yang serupa dengan gambar yang telah kamu unggah. Dengan begitu, kamu akan menghemat waktu untuk mengetik nama barang dan mencarinya satu per satu dari sekian banyak hasil pencarian yang muncul. Sangat mudah, bukan?

5. Mengemudikan Kendaraan

Artificial Intelligence
Sumber: https://www.cio.com/

Keberadaan AI juga mampu membuat teknologi yang selama ini hanya bisa kita lihat di film menjadi kenyataan. AI ternyata mampu mengelola aktivitas yang membutuhkan kesulitan tinggi seperti mengendarai sebuah mobil atau menerbangkan pesawat. Teknologi auto-driving ini sudah diterapkan oleh Elon Musk pada mobil pintar produksinya, yaitu Tesla. Dengan teknologi ini, kamu sebagai penumpang hanya perlu duduk manis di dalam mobil. Dengan AI di dalamnya, maka mobil tersebut mampu mengantarkan kamu ke tempat tujuan. Tidak hanya itu saja, kamu dapat mengintegrasikan berbagai hal, salah satunya adalah kalender ke dalamnya sehingga mobil mengetahui destinasi kamu di hari itu.

Terciptanya Artificial Intelligence (AI) tentunya dapat menghasilkan keuntungan bagi kita semua. Karena dengan menggunakan AI, maka pekerjaan kita akan sangat terbantu sehingga kita dapat lebih fokus untuk mengerjakan hal lain.

Rishna Maulina

Share