Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia dan 8 Fungsinya

Menjadi salah satu elemen penting dalam bisnis atau perusahaan yang kamu miliki, sumber daya manusia wajib di-manage dengan baik dan benar. Pasalnya, manajemen sumber daya manusia yang tepat dapat benar-benar meningkatkan performa bisnis, sehingga keuntungan yang diperoleh juga semakin tinggi.

Dalam artikel singkat ini, kamu bisa melihat dan memahami apa itu manajemen sumber daya manusia, apa fungsinya untuk bisnis, dan tujuan dari pengelolaan SDM secara umum untuk perusahaan. Maka tanpa perlu berpanjang lebar lagi, kamu bisa mendapatkan penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Melakukan Follow Up untuk Mencapai Target

Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia

manajemen sumber daya manusia

Manajemen SDM merupakan serangkaian usaha yang dilakukan perusahaan untuk mengelola elemen manusia yang dimilikinya. Pengelolaan ini memiliki satu tujuan utama, untuk memudahkan gerakan perusahaan dalam mencapai target yang dimiliki.

Dengan pengelolaan yang tepat, ‘gerakan’ dari setiap karyawan atau elemen manusia bisa diselaraskan, sehingga pencapaian target dapat dilakukan dengan efektif, efisien, dan optimal di setiap lini masa dan proses yang dimiliki perusahaan.

Tidak sekedar meningkatkan kinerja guna mencapai target perusahaan saja, nyatanya praktek manajemen sumber daya manusia saat ini juga mulai berorientasi pada pengembangan masing-masing karyawan yang dimiliki. Hal ini karena elemen manusia telah mulai dianggap sebagai aset perusahaan, yang dengan seiring berjalannya waktu maka akan memiliki nilai yang meningkat.

Jelas, ketika nilai dari karyawan dan elemen manusia meningkat dari waktu ke waktu, perusahaan juga akan diuntungkan secara praktis.

Baca juga:  Pentingnya Mengenali Perbedaan Produk OEM, ODM, Original, KW, dan KW Super

Lalu Apa Fungsinya? Ini 8 Poin Fungsi Manajemen SDM

manajemen sumber daya manusia

Fungsi yang terdapat dalam poin ini merupakan fungsi ideal yang seharusnya bisa dijalankan dengan melakukan manajemen sumber daya manusia. Dalam bisnis yang kamu miliki, fungsi ini bisa saja berbeda orientasi atau fokus.

Namun untuk menjadi informasi dan pertimbangan dalam menjalankan fungsinya, berikut poin yang bisa kamu cermati.

1. Fungsi Perencanaan

Pertama adalah menjalankan fungsi perencanaan. Setiap bisnis dan perusahaan memerlukan orang yang cocok untuk mencapai target tertentu, di posisi tertentu. Maka diperlukan perencanaan yang cermat mulai dari proses rekrutmen, seleksi, manajemen kinerja, pengembangan, dan semua fungsi lain yang akan disebutkan selanjutnya.

2. Kedua, Perekrutan

Melakukan proses rekrutmen dan seleksi orang yang diperlukan dalam mengisi jabatan dan posisi juga menjadi fungsi dari manajemen ini. Proses identifikasi kebutuhan, pencarian SDM, dan optimalisasinya dengan teknologi hingga pada penyusunan surat kerjasama yang disepakati bersama, harus dilakukan dengan cermat dan terukur.

3. Manajemen Kinerja

Fungsi selanjutnya adalah terus memonitor kinerja setiap bagian dan karyawan yang ada di dalam bisnis, guna memastikan setiap pekerjaan yang diberikan benar-benar diselesaikan dengan standar yang telah disepakati. Manajemen kinerja in dilaksanakan dengan acuan karakter pemimpin setiap divisi yang tepat, sehingga dapat menggerakkan bagiannya dengan efektif.

4. Fungsi Pengembangan

Fungsi selanjutnya adalah terkait pelatihan dan pengembangan SDM yang ada di perusahaan. Hal ini disebut sebagai investasi jangka panjang, sebab dengan karyawan yang terus dikembangkan perusahaan juga akan ikut naik nilainya dari waktu ke waktu. Pengembangan dan pelatihan juga dapat menumbuhkan loyalitas karyawan, sehingga menurunkan tingkat turnover perusahaan.

5. Fungsi Perencanaan Karir

Setiap karyawan idealnya memiliki harapan agar karirnya terus naik seiring berjalannya waktu dan peningkatan nilai yang dimilikinya. Manajemen sumber daya manusia juga wajib menjalankan fungsi perencanaan karir dengan baik, sehingga karyawan memiliki target individu untuk dikejar dan terus mengembangkan diri. Hal ini dapat membantu karyawan tetap loyal pada perusahaan. Hal ini juga dapat mengakomodir ambisi pribadi dari masing-masing karyawan untuk naik ke jabatan lebih tinggi.

Baca juga:  13 Profil Pengusaha Sukses yang Wajib Kamu Tahu

6. Gaji dan Tunjangan Karyawan

Setiap kerja keras harus diganjar dengan gaji dan tunjangan yang sesuai, sehingga karyawan juga merasa dihargai oleh perusahaan. Ingat, setiap pekerjaan memiliki kompensasi setara yang pasti diharapkan karyawan. Rencanakan dengan baik, dan berikan dengan proporsional. Kamu akan melihat karyawan memberikan effort yang lebih ketika mereka merasa dihargai secara finansial.

7. Relasi dengan Serikat Pekerja

Perusahaan dan serikat pekerja idealnya memiliki hubungan yang baik dan seimbang. Tidak hanya dalam rangka urusan formal saja, namun posisi yang setara ini akan memberikan alur komunikasi yang produktif dan membuat iklim kerja menjadi lebih baik.

8. Pengelolaan Keselamatan Kerja, Kesejahteraan, dan Tanggun Jawab

Terakhir untuk fungsi manajemen sumber daya manusia adalah untuk mengelola ketiga hal di atas. Memberikan jaminan keselamatan, jaminan sosial, kesejahteraan, hingga tanggung jawab pada derajat yang jelas dan disepakati ketika karyawan memerlukan bantuan perusahaan.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

manajemen sumber daya manusia

Berbekal 8 fungsi manajemen SDM yang disajikan di atas, setidaknya terdapat 5 tujuan yang ingin dicapai.

  • Menciptakan iklim kerja yang produktif, efektif, dan efisien untuk semua orang. Hal ini dapat mendukung perkembangan individu dan perusahaan secara umum.
  • Memastikan setiap hak dari karyawan terpenuhi dan diperoleh sesuai prosedur dan nilai yang disepakati.
  • Menyediakan kesempatan setara untuk semua orang dalam hal karir.
  • Memposisikan karyawan sebagai aset dari perusahaan, yang memiliki peran dan andil besar dalam perkembangan bisnis.
  • Mengembangkan sistem kerja yang telah dimiliki bisnis hingga ke titik optimal dalam jangka waktu yang singkat.

Baca Juga: 4 Tugas Utama Account Manager dan Skillset yang Dibutuhkan 

Manajemen sumber daya manusia nyatanya memegang peranan penting dalam urusan pengembangan bisnis. Dipadukan dengan teknologi pengelolaan perusahaan seperti ERP, akan memberikan output terbaik untuk bisnis yang kamu miliki.