6+ Manfaat Aloe Vera untuk Wajah Lembab dan Glowing

Dalam urusan bahan alami perawatan kulit, bisa dikatakan aloe vera menempati posisi teratas berkat khasiat luar biasanya. Kulitmu kering? Pernahkah kamu terkena sunburn atau luka bakar yang menyakitkan? Atau mungkin jerawat tak kunjung kempes? Semua permasalahan kulit ini bisa kamu atasi dengan cepat berkat manfaat aloe vera untuk wajah cantikmu. Salah satu manfaat aloe vera yang terbukti baik untuk kulit adalah sifat penyembuhannya yang cepat dan alami. Namun, sebelum kamu melakukan perawatan kulit memakai aloe vera atau gel lidah buaya ini, cari tahu dahulu apa kandungan, efek samping, serta manfaat aloe vera untuk wajah. Yuk simak artikelnya sampai selesai, agar kamu tidak gagal paham nantinya. Check this out!

Apa Saja Kandungan dalam Aloe Vera?

Dalam dunia kosmetik dan pengobatan, aloe vera atau lidah buaya sangat populer berkat kandungan luar biasa pada gel-nya. Lebih dari 96% kandungan gel lidah buaya adalah air, jadi nggak heran jika tanaman dari keluarga kaktus ini bersifat melembabkan dan menyembuhkan kulit. Aloe vera kaya akan antioksidan serta vitamin A, B, C, dan E yang luar biasa untuk menutrisi kulit cantikmu setiap hari. Sedangkan khasiat skin-healing berkat adanya 7 asam amino esensial yang luar biasa, menjaga kesehatan kulit. Pemakaian lidah buaya aman untuk sehari-hari karena hasilnya membuat kulit sangat lembut dan glowing.

Adakah Efek Samping Pemakaian Aloe Vera?

Terdengar aneh nggak sih, jika lidah buaya yang dikenal akan segudang manfaat untuk kulit, ternyata memiliki efek samping? Memang sih, aloe vera dianggap aman saat digunakan secara topikal (dioleskan ke kulit). Namun kamu harus menghindari penggunaan gel alami ini saat mengalami luka bakar parah atau luka yang parah pada kulit.

Baca juga:  6 Serum Mata Panda Paling Recomended Plus Tips Mencegahnya

Karena efek yang dialami setelah gel dioleskan ke kulit yang terluka parah akan menimbulkan rasa terbakar atau gatal yang luar biasa. Ingat lho ya! Pada saat kulit terasa gatal atau timbul ruam, kamu harus segera berhenti menggunakan gel lidah buaya.

manfaat aloe vera untuk wajah

Selain itu, lidah buaya tidak boleh dioleskan pada kulit yang mengalami infeksi karena dapat mengganggu proses penyembuhan. Artinya, untuk menyembuhkan luka, jangan gunakan lidah buaya bersama salep atau petrolatum karena akan menjebak panas di dalam kulit. 

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah, hindari penggunaan produk lidah buaya yang mengandung alkohol. Karena alkohol akan menghilangkan efek melembabkan dan menenangkan pada kandungan aloe vera. Oohya, jangan sekali-kali kamu mencoba untuk menggabungkan aloe vera dengan chemical exfoliant, ya! Karena dapat membuat kulit terasa perih atau iritasi.

Berbagai Manfaat Aloe Vera untuk Wajah 

1. Melembabkan Kulit Kering

Sebagai pelembab kulit alami, lidah buaya bersifat menghidrasi kulit, hingga menyerap ke dalam. Dengan tekstur gel-nya yang ringan dan cepat meresap, lidah buaya terbukti efektif menjadi pelembab yang sangat baik untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain mengoleskan lidah buaya murni sebagai pelembab, kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah yang dikombinasikan dengan berbagai bahan alami seperti madu atau yoghurt.

manfaat aloe vera untuk wajah

2. Menenangkan Kulit yang Teriritasi

Berkat sifatnya yang mendinginkan, gel aloe vera sangat bagus untuk membantu menenangkan kulit yang teriritasi maupun sensitif. Penyebab kulit iritasi berbagai macam, seperti sengatan matahari (sunburn), ruam, infeksi, kemerahan, dan gatal. Selain menenangkan kulit iritasi, sifat antijamur pada aloe vera membantu mengatasi masalah peradangan kulit. 

3. Mengatasi Munculnya Tanda-Tanda Penuaan

Kamu sadari atau tidak, seiring bertambahnya usia, kulit kita kehilangan elastisitas alaminya, lho. Misalnya kerutan dan garis-garis halus adalah beberapa tanda penuaan yang semakin tampak terlihat di wajah saat kamu semakin dewasa. Dalam masalah skin aging ini, manfaat aloe vera untuk wajah adalah mempertahankan kelembaban dan mengembalikan kilau alaminya. 

Baca juga:  Retinol untuk Apa, Ya? Intip Khasiat Ampuh Retinol bagi Kulit

Aplikasikan lidah buaya secara rutin ke wajah untuk mendapatkan hasil optimal bagi kulit sehat. Tidak hanya menyamarkan kerutan dan garis-garis halus yang tampak pada wajah, lidah buaya juga bekerja meningkatkan elastisitas kulit serta memperbaiki sel-sel kulit. 

manfaat aloe vera untuk wajah

4. Melawan Jerawat dan Memudarkan Bekas Jerawat

Kabar baik buat kamu yang menghadapi masalah jerawat dan bekasnya yang membandel. Manfaat aloe vera untuk wajah berjerawat sangat baik dalam proses penyembuhannya berkat sifat antibakteri dan anti-inflamasinya. Gel lidah buaya mampu mencegah penumpukan bakteri di pori-pori kulit yang menjadi penyebab utama jerawat. 

Bagaimana cara membuat jerawat cepat kempes dengan memakai aloe vera? Kamu cukup mengoleskan sedikit gel pada jerawat meradang secara rutin hingga jerawat akan hilang dengan sendirinya. Tidak sampai situ saja, lidah buaya juga membantu bekas jerawat yang hitam menjadi cepat pudar.

aloe vera

5. Mengatasi Lingkaran Mata Hitam dan Bengkak

Mata hitam atau mata panda tentunya sangat menyebalkan ketika lingkaran di sekitar mata menghitam dan membengkak. Solusi mengatasi penampilan mata panda gampang banget, cukup dengan mengoleskan lidah buaya yang memiliki antioksidan dan vitamin E ini. Berkat formula alaminya, aloe vera membantu mencerahkan kulit di sekitar mata, serta efek cooling-nya membantu menghilangkan mata bengkak. 

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya di sekitar mata setiap malam menjelang tidur. Lihatlah hasilnya! Kamu akan terbangun di pagi hari dengan penampilan area kulit sekitar mata yang segar, kenyal, dan cerah.

6. Memperbaiki Kulit Akibat Sengatan Matahari

Cara terbaik memperbaiki kulit yang rusak akibat sunburn atau sengatan matahari adalah dengan mengoleskan gel aloe vera. Paduan vitamin, nutrisi, dan khasiat ultra calming dari gel ini membantu meredakan kulit yang meradang akibat sunburn hanya dalam beberapa hari. Untuk hasil penyembuhan kulit lebih cepat, lindungi kulit wajahmu dengan sunscreen minimal SPF 30 untuk mencegah efek buruk paparan sinar matahari.

Baca juga: Mesotherapy untuk Dapatkan Kulit Glow Up, Ini Manfaatnya!

Sekarang kamu sudah tahu kan manfaat dan efek samping dari aloe vera? Untuk mendapatkan manfaat aloe vera yang maksimal, lebih baik gunakan lidah buaya murni atau produk aloe vera dengan persentase tinggi. Pastikan selalu melakukan perawatan lidah buaya untuk menjaga kesehatan kulit cantikmu.