7 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil, Baik untuk Janin!

Untuk menjaga kesehatannya dan janin yang dikandung, ibu hamil wajib memperhatikan jenis asupan yang dikonsumsi. Salah satu buah yang kaya manfaat untuk ibu hamil adalah alpukat. Buah dengan warna hijau dan teksturnya yang creamy ini dapat dikonsumsi oleh ibu hamil kapan saja. Beberapa kandungan yang ada pada alpukat seperti asam folat, karbohidrat, serat, juga vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk ibu hamil dan janin.

Meskipun bermanfaat untuk ibu hamil, ada juga yang beranggapan bahwa alpukat mengandung lemak tinggi. Hal ini menyebabkan ibu hamil harus membatasinya. Benarkah demikian? Untuk mengetahui hal tersebut, mari simak informasinya di bawah ini!

Sumber: iStockPhoto

Kandungan Buah Alpukat

Buah yang memiliki nama ilmiah Persea americana ini memiliki beberapa kandungan makro dan mikro-nutrien. Pada 100 gram buah alpukat dengan berat dapat dimakan (BDD) 60%, kandungan nutriennya adalah:

  1. Kalori 85 kal
  2. Karbohidrat 7,7 gram
  3. Protein 0,9 gram
  4. Lemak 6,5 gram
  5. Air 84,3 gram
  6. Serat 7 gram
  7. Gula 0,7 gram

7 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Berdasarkan kandungan yang telah dijelaskan, berikut 7 khasiat buah alpukat yang dapat dirasakan oleh ibu hamil.

Baca juga:  Sehat Semasa Hamil dengan 10 Makanan Penguat Kandungan Ini

1. Menurunkan Risiko Preeklampsia

Sumber: iStockPhoto

Ibu hamil bisa kekurangan zat besi sehingga terkadang mengalami pusing bahkan pingsan, yang menandai bahwa mereka mengalami anemia. Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah alpukat. Di dalam buah alpukat mengandung zat besi yang akan membantumu dalam memenuhi kebutuhan akan nutrien tersebut.

2. Mengoptimalkan Perkembangan Otak Janin

Kolin merupakan zat yang membantu memastikan otak bayi berkembang dengan optimal dan sistem saraf dari serta menuju otak juga terhubung dengan baik. Satu takaran saji alpukat mengandung 22 mg kolin. Jumlah ini sudah cukup bagi ibu hamil untuk memastikan otak bayi tumbuh sempurna. Selain itu, alpukat juga mengandung asam folat yang berguna untuk mendukung perkembangan organ vital janin.

3. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Folat adalah salah satu zat yang paling dibutuhkan oleh ibu hamil untuk meminimalisir bayi lahir dengan cacat bawaan, seperti spina bifida. Meskipun begitu, kandungan folat dalam alpukat saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian ibu hamil. Pasalnya, satu porsi alpukat hanya dapat memenuhi 10 persen dari kebutuhan harian ibu hamil atas folat. Kamu juga perlu mengasup suplemen untuk memenuhi kebutuhan harian asam folat.

4. Mengurangi Risiko Diabetes

Sumber: iStockPhoto

Diabetes yang dialami saat hamil atau diabetes gestasional tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, jika penyakit ini terjadi maka bisa menyebabkan komplikasi pada ibu hamil. Suatu penelitian menunjukkan bahwa respon glikemik dari makanan bertepung tinggi pada pasien diabetes akan menurun jika dikombinasikan dengan buah alpukat.

Baca juga:  Bermanfaat, Ketahui Waktu Ideal Warming Up Sebelum Olahraga

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Mengkonsumsi alpukat selama masa kehamilan dapat meningkatkan kualitas tidur karena lemak tak jenuh dapat mengurangi insomnia. Buah alpukat juga dapat meningkatkan serotonin karena tinggi kandungan triptofan. Hal ini dapat meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh dan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

6. Kenyang Lebih Lama

Karena kaya serat dan lemak sehat, alpukat dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Memilih alpukat sebagai salah satu buah yang mengenyangkan dan bernutrisi dapat membantumu tetap berenergi. Selain itu, alpukat juga dapat membantumu mempertahankan berat badan. Tentu saja alpukat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

7. Mengobati Anemia

Sumber: iStockPhoto

Manfaat alpukat yang terakhir bagi ibu hamil adalah mengobati anemia. Alpukat kaya akan kandungan vitamin A dan zat besi. Vitamin A berkhasiat untuk memobilisasi cadangan zat besi di hati, meningkatkan eritopoiesis, dan mengobati anemia yang disertai infeksi. Jika ibu hamil kekurangan zat besi, maka akan terjadi anemia. Untuk itu, ibu hamil bisa mengonsumsi alpukat untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian.

Konsumsi alpukat memang mendatangkan banyak manfaat bagi ibu hamil, tapi bukan berarti kamu dapat memakannya secara berlebihan. Ibu hamil hanya disarankan mengonsumsi satu alpukat per hari untuk menghindari efek samping yang mungkin timbul akibat terlalu banyak makan alpukat.

Secara umum, ibu hamil memang disarankan mengonsumsi lima porsi makanan segar per hari, tapi ini merupakan total porsi kombinasi antara buah dan sayur. Jika kamu menjadikan alpukat sebagai jus, maka porsi yang dianjurkan hanya satu gelas per hari.