payroll

Masih Bingung Menghitung Gaji Karyawan? Pakai Payroll Saja

Payroll adalah sebuah sistem administrasi penggajian yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan dan biasa digunakan secara rutin baik mingguan atau bulanan. Payroll sangat membantu pihak perusahaan untuk mengelola segala macam administrasi yang berhubungan dengan penggajian para pegawai.

Apabila kamu memiliki bisnis yang sudah mulai berkembang baik dari sistem usaha maupun SDM, maka kamu perlu mengelola SDM yang kamu miliki dengan benar. Salah satunya adalah masalah penggajian. NahPayroll bisa kamu manfaatkan untuk memudahkan sistem administrasi tersebut.

Lebih Mudah Menghitung Gaji Menggunakan Payroll

menghitung gaji menggunakan payroll
sumber : movosti-mir.com

Pemilihan sistem payroll sebenarnya bukan tanpa alasan. Bagi sebuah perusahaan yang memiliki ratusan hingga ribuan karyawan, sistem ini jauh lebih efisien. Staf HRD tidak perlu menghitung besaran gaji karyawan setiap bulan.

Apalagi membedakan antara gaji karyawan tetap dan tidak tetap, semuanya sudah disederhanakan dengan sistem ini. Untuk penghitungan gaji karyawan tetap dan tidak tetapnya pun ada aturan tersendiri.

Perbedaan status karyawan tetap maupun kontrak, yang memiliki kriteria lain untuk menentukan besarnya gaji yang diterima, juga bisa disederhanakan penghitungannya melalui aplikasi ini.

Manfaat Aplikasi Payroll

manfaat payroll

Dengan adanya sistem payroll berbasis aplikasi ini tentu akan sangat memudahkan HRD dalam melihat performa pegawai dalam satu bulan. Aplikasi payroll biasanya juga akan terintegrasi dengan sistem absensi, sehingga pegawai akan secara otomatis mendapat potongan jika tidak masuk kerja.

Aplikasi payroll ini akan mempermudah dalam melakukan penghitungan gaji. Semuanya akan dihitung secara otomatis baik itu mulai dari gaji pokok, tunjangan, bonus, uang makan, transport, dan lainnya.

Baca juga:  9 Tips Manajemen Waktu untuk Membantumu Tetap Produktif

Sistem payroll sangat membantu bagi perusahaan yang memiliki pegawai dalam jumlah yang banyak. Sehingga tidak lagi menghitung gaji pegawai secara manual. Dengan adanya sistem payroll berbasis aplikasi ini juga dapat digunakan untuk pendataan dalam jangka waktu panjang. Perusahaan pun akan punya track record masing-masing pegawai yang nantinya bisa digunakan sebagai acuan untuk memberikan bonus atau pengangkatan jabatan.

Selain itu, manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan adanya payroll yaitu kamu tidak perlu menggunakan jasa dari pihak ketiga untuk melakukan perhitungan penggajian karyawan atau pegawai perusahaan.

Ketika kamu tidak menggunakan jasa dari pihak ketiga, maka pengeluaran akan jauh lebih minim dan dengan adanya kepemilikan sistem ini, maka potensi terjadinya salah komunikasi perihal gaji akan lebih berkurang. Tidak hanya itu, jumlah pihak yang harus melakukan intervensi terkait hal ini juga akan lebih minimalis.

Fungsi Penggunaan Aplikasi Payroll

fungsi penggunaan aplikasi payroll
sumber : majalahduit.co.id

Meminimalisir Kesalahan

Karena dengan sistem yang telah terkomputerisasi, membuat perhitungan menggunakan payroll software akan lebih akurat dan minim kesalahan pada hasil. Setiap data karyawan sudah terhimpun dan akan terhitung dengan baik karena langsung dikerjakan oleh sistem.

Menghitung Nominal

Untuk poin yang satu ini, mungkin kamu sudah paham betul, karena memang sudah sedikit disinggung sebelumnya, bahwa gaji yang diterima setiap orang memanglah berbeda, semua akan berdasar pada perhitungan tertentu, termasuk potongan salah satunya.

Perangkat lunak ini akan membantu perusahaan untuk menghitung potongan gaji seperti BPJS kesehatan, ketenagakerjaan, pajak dan lain sebagainya. Kemudian, besaran nominal gaji yang diterima oleh karyawan pun akan dihitung setelah adanya pengurangan tersebut.

Baca juga:  Tips Kerja Cerdas untuk Kesuksesan Bisnis

Membuat Formulir Pajak

Selain menghitung potongan gaji, perangkat lunak yang digunakan untuk payroll ini juga ternyata bisa berfungsi sebagai pembuat formulir pajak. Formulir tersebut nantinya bisa dicetak dan dikirim pada pihak yang bersangkutan. Lebih mudah, hemat, efektif dan efisien, bukan?

Penyimpanan Data Secara Otomatis

Data mengenai angka yang menyangkut gaji karyawan, selain terinput secara sistematis, juga akan tersimpan secara otomatis. Bayangkan jika data-data tersebut kita simpan secara manual. Maka, akan membutuhkan banyak kertas, banyak ruang penyimpanan, serta waktu yang lama untuk kembali mencari dan membuka data tersebut.

Selain itu, data yang sudah usang dan tidak diperlukan lagi, bisa kita hapus dan buang dengan mudah. Data-data tersebut tersimpan secara rapi dan tidak tercecer tak seperti bagaimana jika kamu menempelkan kertas-kertas sebagai sarana penyimpanan data.

Menyesuaikan Kebutuhan Perusahaan

Sistem payroll bisa dipilih berdasarkan kebutuhan dari perusahaan, karena satu corporate dengan yang lainnya akan memiliki urgensi yang berbeda. Hal tersebut bisa dikomunikasikan pada vendor atau melalui pemilihan fitur pada perangkat yang digunakan. Fungsi atau fitur yang biasanya dipilih adalah absensi, penjadwalan juga perizinan, dan lain sebagainya.

Self Service

Aplikasi Payroll ini bahkan ada pula yang bisa diakses langsung oleh karyawan yang bersangkutan untuk melihat data dan informasi mereka pribadi mengenai nominal gaji, absensi, potongan-potongan, dan lainnya.

Pembuatan Laporan

Fungsi payroll software lainnya adalah bisa digunakan untuk membuat laporan. Laporan yang dihasilkan oleh sistem tersebut lebih mudah untuk dianalisis, sehingga pastinya ikut memudahkan karyawan di sebuah perusahaan.

Setelah membaca artikel di atas, sekarang kamu pasti tahu, bahwa memiliki aplikasi payroll dalam sebuah perusahaan, sama halnya dengan memiliki sebuah investasi untuk kemudahan. Segeralah menggunakan aplikasi tersebut agar bisnis dapat berjalan lebih lancar dan berkembang lebih pesat. Hindari kesalahan dan kesulitan penghitungan gaji dengan menggunakan aplikasi payroll.

Share