Ilustrasi buah bengkoang (Sumber: iStockPhoto)

Tidak Hanya untuk Kulit, Ini 8+ Manfaat Lain dari Bengkoang!

Jika sering membeli rujak, kamu pasti sering melihat buah besar berkulit cokelat dan berdaging putih. Betul, itu adalah buah bengkoang. Buah dengan nama latin Pachyrhizus erosus ini tumbuh di daerah tropis dan berasal dari Amerika yang beriklim tropis. Adanya kandungan 86 hingga 90 persen air membuat manfaat dari bengkoang ini mampu mencegah sekaligus mengatasi dehidrasi.

Selain air, di dalamnya juga mengandung vitamin, protein, karbohidrat, kalium, magnesium dan fosfor. Nutrien tersebut dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko kanker. Selain mengatasi dehidrasi, ada 8 manfaat lain dari buah bengkoang ini, lho! Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Bengkoang yang sudah dikupas dan dipotong (Sumber: iStockPhoto)

9 Manfaat Buah Bengkoang

Buah ini dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh hingga kecantikan. Bengkoang juga ada manfaatnya untuk ibu hamil, lho! Berikut 9 kegunaan buah bengkoang.

1. Mengatasi Dehidrasi

Ilustrasi dehidrasi (Sumber: iStockPhoto)

Dehidrasi merupakan kondisi ketika cairan tubuh kehilangan banyak cairan. Seharusnya, tubuh memiliki kandungan air sebanyak 55 hingga 80 persen dari total berat badan keseluruhan. Dampaknya, organ tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Konsumsi makanan dengan kadar air tinggi seperti bengkuang dapat membantumu memenuhi kebutuhan cairan harian. Bengkuang mengandung kadar air yang tinggi berkisar 86-90 persen.

Baca juga:  Perhatikan Baik-Baik! Ini Kesalahan Umum saat Memakai Hand Sanitizer

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Siapa sangka jika bengkoang juga berkhasiat untuk kesehatan otak. Dalam satu studi yang dilakukan selama 12 minggu, kelompok orang yang mengonsumsi suplemen ekstrak bengkuang mendapat skor lebih tinggi pada tes fungsi otak dibandingkan dengan kelompok lainnya. Bengkuang mengandung senyawa unik yang disebut diosgenin, yang bermanfaat meningkatkan pertumbuhan neuron dan meningkatkan fungsi otak.

3. Melancarkan Pencernaan

Sumber: iStockPhoto

Serat yang terkandung dalam bengkuang dapat membuat tinja lebih lunak dan mudah bergerak melalui saluran pencernaan. Selain itu, bengkuang juga mengandung jenis serat yang disebut inulin. Sebuah studi menunjukkan bahwa inulin dapat meningkatkan frekuensi buang air besar (BAB) hingga 31 persen pada mereka yang mengalami konstipasi. Tak hanya itu, bengkuang juga kaya akan air yang dapat membantu meringankan sembelit.

4. Baik untuk Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam bengkoang berguna untuk mencegah efek buruk radikal bebas, termasuk pada kulit. Salah satunya adalah penuaan dini yang ditandai dengan kulit keriput.  Untuk manfaat ini, bengkuang bisa juga digunakan sebagai bahan masker alami untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

5. Mencerahkan dan Melembabkan Kulit

Masker Bengkoang (Sumber: Pinterest)

Buah bengkoang dikenal ampuh untuk mencerahkan wajah dari kulit yang tidak merata dan kusam yang dapat disamarkan. Kandugan air dalam bengkoang memiliki unsur anti-radang yang dapat membantu melembapkan wajah. Gunakan masker bengkoang secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal. Cara membuat masker bengkoang adalah dengan memarut buah bengkoang dan diperas. Air hasil perasan ini akan menjadi endapan atau sari pati dari bengkoang.

Baca juga:  11 Manfaat dan 5 Efek Samping Kombucha untuk Tubuh

6. Membantu Pembentukan Sistem Saraf Janin

Bengkoang juga bisa membantu dalam pembentukan sistem saraf janin. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsinya pada trimester awal. Buah bengkoang mengandung folat yang diperlukan untuk membantu pembentukan sistem saraf janin. Selain itu, kandungan folat juga berfungsi untuk mencegah terjadinya cacat otak pada janin.

7. Membantu Pertumbuhan Tulang pada Janin

Ibu hamil mengkonsumsi buah, termasuk bengkoang (Sumber: iStockPhoto)

Bengkoang mengandung kalsium yang diperlukan untuk membentuk sistem jaringan tulang janin. Zat ini juga membantu penyerapan vitamin D yang dibutuhkan ibu hamil. Selain itu, kalium dan fosfor pada bengkoang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan dan asupan gizi pada kebutuhan tubuhnya. Karenanya, buah ini aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

8. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan vitamin C dan E, selenium dan beta karoten dapat menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan kerusakan sel. Kandungan serat pada bengkuang juga dapat memberi efek perlindungan terhadap kanker usus besar. Dalam sebuah penelitian pada hewan, diet kaya bengkuang secara signifikan mengurangi pertumbuhan tumor usus besar. Efek ini dikaitkan dengan antioksidan yang ada dalam manfaat bengkuang, menunjukkan bahwa buah ini dapat melindungi terhadap kanker.

9. Menurunkan Berat Badan

Sumber: iStockPhoto

Kandungan kalori dalam bengkoang relatif rendah, yakni berkisar 40 kalori per 100 gramnya. Dengan kombinasi karbohidrat dan serat di dalamnya, bengkoang mampu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Ini bisa mencegah orang yang melakukan diet makan dalam jumlah berlebihan.

Itulah 9 manfaat yang terkandung dari nutrien dalam buah bengkoang. Bengkoang memang dapat dikonsumsi secara langsung tanpa perlu dimasak. Pilihlah bengkoang dengan kualitas tinggi dan pastikan bengkoang telah dikupas dan dibersihkan dengan sempurna agar bersih dan aman untuk dikonsumsi. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter gizi agar kamu bisa mendapatkan arahan yang tepat jika ingin memasukkan bengkoang ke dalam menu sehari-hari.

Mia Atika

Add comment

Share