8+ Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan Anak dan 5 Olahannya

Beras kencur adalah salah satu jamu yang terbuat dari beras dan kencur. Manfaat beras kencur sudah dirasakan sejak jaman dahulu. Minuman penyegar asal Jawa ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Bagi anak-anak, beras kencur bisa menjadi salah satu pilihan minuman rempah-rempah yang berkhasiat dan tidak pahit untuk mereka.

Salah satu manfaat dari beras kencur adalah mengobati flu pada anak. Selain itu, salah satu jenis jamu tradisional ini juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Dan beras kencur ini bisa diolah menjadi beberapa menu snack atau minuman ringan selain jamu, lho! Penasaran apa saja? Yuk, simak 10 manfaat beras kencur bagi kesehatan anak dan juga 5 olahan beras kencur yang anak sukai berikut.

Sumber: iStockPhoto

10 Manfaat Beras Kencur bagi Kesehatan Anak

Sebagai salah satu jamu tradisional, beras kencur sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Minuman herbal ini aman diberikan kepada bayi di atas usia 6 bulan atau ketika bayi memasuki usia MPASI (makanan pendamping ASI). Berikut adalah 10 manfaat beras kencur untuk kesehatan anak.

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat jamu beras kencur yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Anak-anak Indonesia sudah biasa mengonsumsi beras kencur lantaran minuman herbal ini dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan berkat sifat karminatifnya. Mengonsumsi beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan anak sekaligus stamina tubuh.

2. Obat Batuk

Ilustrasi anak meminum beras kencur (Sumber: iStockPhoto)

Beras kencur bisa berfungsi sebagai obat pereda batuk dan flu alami yang sangat berkhasiat. Untuk memperoleh manfaat beras kencur, anak-anak dapat mengonsumsi jamu sebanyak 3 kali sehari. Pastikan dia tetap meminumnya hingga gejala batuk benar-benar hilang. Jamu beras kencur juga dapat menangkal flu, karena kandungannya dapat memberikan efek hangat yang melegakan hidung yang tersumbat. Gejala flu seperti mual dan meriang pun dapat diatasi dengan konsumsi jamu beras kencur secara teratur. 

3. Menghilangkan Lelah

Anak-anak bisa juga mengonsumsi jamu beras kencur siap minum yang biasa dijajakan oleh pedagang jamu gendongan. Sekadar informasi, banyak formula dupa Tibet dan Jepang masih mengandung rimpang ini, terutama dalam formula untuk meningkatkan energi dan kesadaran, mengatasi kelelahan, dan menciptakan lingkungan internal yang damai dan kontemplatif. Oleh karena itu, jamu ini cocok untuk diminum setelah anak-anak beraktivitas di luar kamar atau rumah.

Baca juga:  Intip 7+ Ciri dan 5 Tips Ampuh Mengatasi Tumbuh Gigi pada Bayi

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Sumber: iStockPhoto

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa minyak atsiri yang ada pada kencur mampu bekerja sebagai antimikroba. Antimikroba ini dapat melawan penyakit kulit pada anak yang diakibatkan oleh jamur dan bakteri, misalnya bintik merah pada kulit. Selain itu, kencur juga mampu menjaga kehalusan dan kebersihan kulit anak, lho.

5. Menghangatkan Tubuh

Manfaat beras kencur selanjutnya adalah untuk menghangatkan tubuh. Tubuh yang hangat akan memberikan kenyamanan bagi anak-anak. Kandungan minyak atsiri dalam kencur berfungsi untuk menghangatkan tubuh mungilnya. Selain menjadikannya jamu, beras kencur juga dapat kamu olah sebagai es lilin.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi anak sakit (Sumber: iStockPhoto)

Anak sangat rentan terserang berbagai jamur, bakteri, virus, dan parasit, sehingga ia mudah terserang penyakit. Nah, dengan memberikan beras kencur sedikit demi sedikit secara rutin, diharapkan sistem imunitasnya meningkat sehingga ia tidak mudah terserang penyakit.

7. Mengatasi Radang Telinga

Radang telinga biasanya disebabkan oleh infeksi dari luar maupun dalam akibat flu. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan manfaat beras kencur untuk anak sebagai obat alami meredakan radang telinga. Hal ini dikarenakan kandungan pada beras kencur yang memiliki efek analgetik, sehingga ketika dikonsumsi dapat menurunkan serangan radang.

8. Mengobati Perut Kembung

Sumber: Freepik

Jika perut anak sering kembung, jangan khawatir. Jamu beras kencur solusinya! Sifat carminative yang ada pada kencur menjadikannya bekerja sebagai pencegahan pembentukan gas dalam saluran pencernaan. Jika gas telah menumpuk pada perut anak, maka beras kencur dapat mempercepat pengeluaran gas tersebut.

9. Mengatasi Diare

Sebuah studi melaporkan bahwa jamu beras kencur dapat mengatasi diare. Kencur berkhasiat meredakan gejala diare berkat kandungan zat sitotoksik dan antibakterinya yang melimpah. Zat ini juga dapat membantu mengatasi bakteri penyebab diare. Meminum jamu sekaligus untuk merasakan manfaat beras kencur juga dapat mengatasi penyakit perut lainnya, seperti kembung.

10. Obat Anti-Infeksi dan Anti-Radang Alami

Sumber: Freepik

Manfaat terakhir yang dapat dirasakan anak setelah mengonsumsi beras kencur adalah menjadi obat alami untuk mengatasi infeksi dan peradangan. Jamu beras kencur ternyata juga memiliki kandungan antiinfeksi dan antiinflamasi. Keduanya membuat minuman ini berkhasiat menyembuhkan berbagai infeksi dan radang. Ketika anak terkena penyakit akibat infeksi, untuk meringankan kondisinya kamu dapat memberikannya jamu beras kencur. 

Baca juga:  Hamil Muda? Ini Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan yang Biasa Terjadi

5 Olahan Beras Kencur yang Menyegarkan bagi Anak

Ternyata beras kencur bisa disulap menjadi aneka sajian menarik yang patut untuk dicicipi. Penasaran, kan? Inilah 5 olahan beras kencur yang bisa kamu coba untuk anak-anak.

1. Jamu Beras Kencur

Sumber: iStockPhoto

Hidangan ini bukan saja bisa ditemui di berbagai tempat penjualan jamu, namun bisa kamu buat sendiri, lho. Pertama-tama, rendam beras tiga jam atau semalaman. Kemudian siapkan panci dan rebus air dengan jahe, kencur, gula jawa, gula pasir, dan asam jawa. Siapkan blender lalu masukkan beras serta air rebusan yang sudah disaring. Sebelum disajikan, saring kembali minuman tersebut dan simpan di dalam wadah kedap udara agar jamu tahan lama apabila tidak habis dikonsumsi di waktu yang sama.

2. Es Beras Kencur

Sumber: iStockPhoto

Siapa bilang kalau beras kencur cuma bisa dikonsumsi begitu saja setelah dijadikan jamu. Ternyata dengan menambahkan sedikit komponen berbeda, minuman ini bisa disulap jadi hidangan yang lebih berkesan namun manfaatnya tetap kaya. Olahan yang dimaksud adalah es beras kencur. Minuman tersebut tinggal dituang ke dalam gelas dan masukkan beberapa es batu agar terasa dingin. Sisipkan juga sedikit jeruk nipis agar kombinasi rasanya makin fresh.

3. Es Lilin Beras Kencur

Sumber: Yummy App

Es lilin adalah salah satu jajanan legendaris di Indonesia yang dibentuk menggunakan plastik khusus berbentuk memanjang. Hidangan tersebut perlu dibekukan selama beberapa jam sebelum bisa dikonsumsi sebagai camilan ringan. Tidak hanya sirup buah yang bisa disulap menjadi es lilin, rupanya beras kencur pun tak mau ketinggalan. Terlebih proses pembuatannya tidak ada yang berubah dari pembuatan jamu biasa, kemudian tuang jamu ke dalam plastik dan simpan di freezer.

4. Kue Beras Kencur

Sumber: surabaya.tribunnews.com

Beras kencur ternyata bisa dijadikan salah satu bahan dalam proses pembuatan kue. Rasanya tetap menarik dan cocok dinikmati oleh siapapun, terutama yang tak suka bentukan jamu tradisional. Kali ini, ampas beras kencur akan ditambahi menggunakan tepung beras dan tapioka. Kemudian masukkan juga santan serta bumbu perasa. Jadi, kue akan terasa lebih gurih, kenyal, dan manis begitu dicicipi.

5. Beras Kencur Matcha

Sumber: Yummy App

Bagi pecinta matcha, resep ini patut untuk dicoba. Proses pengolahan jamu beras kencur dilakukan seperti biasa sampai tahap akhir. Begitu selesai disaring, kamu bisa menikmati minuman ini dengan tambahan bubuk matcha dan tambahan madu agar makin sedap. Beras kencur akan tampil jadi lebih menarik karena dikombinasikan bersama salah satu bahan kekinian yang gampang ditemui seperti matcha.

Nah, itulah 10 manfaat beras kencur dan 5 olahan yang bisa kamu coba di rumah. Untuk konsumsi beras kencur bagi bayi di atas 6 bulan, kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter terlebih dahulu.