Segudang Manfaat Beras Merah yang Perlu Kamu Ketahui

Salah satu manfaat beras merah bagi kesehatan adalah untuk menurunkan berat badan. Beras merah dikenal sebagai karbohidrat yang banyak digunakan untuk mengganti nasi putih pada orang diet atau orang yang memiliki penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan beras merah mengandung lebih sedikit karbohidrat dan lebih rendah kalori dibanding beras putih.

Selain rendah kalori dan tinggi karbohidrat, beras merah juga memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Karena banyaknya kandungan serat didalamnya, beras merah dapat membuat kenyang lebih lama. Dan perlu kamu ketahui juga, ada banyak manfaat lain dari beras merah selain untuk diet, lho! Penasaran? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

manfaat beras merah
Sumber: iStockPhoto

7 Manfaat Beras Merah

1. Anti Radang

Salah satu alasan mengapa banyak orang mengonsumsi beras merah untuk diet adalah sifat anti inflamasi didalamnya. Beras merah juga kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu menangani beberapa penyakit seperti asma dan radang sendi. Konsumsi beras merah secara rutin juga mampu mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular, lho

2. Mengurangi Lemak di Perut

manfaat beras merah
Sumber: iStockPhoto

Pengaruh beras merah terhadap lemak visceral (lemak yang ada di sekitar pencernaan) dan konsumsi nasi merah secara rutin dapat membantu mengurangi lemak dan juga mencegah pertumbuhan sel lemak baru. Selain itu, mengonsumsi nasi merah juga dapat membantu pembakaran lemak, sehingga proses penurunan berat badan akan lebih efektif. Karenanya penting untuk kamu memakan beras merah.

Baca juga:  Bikin Hemat, Ini 7 Manfaat dan 5 Tips Food Preparation di Rumah!

3. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan di dalam beras merah, seperti fenolat dan flavonoid. Zat ini berperan dalam melindungi sel tubuh dari stres oksidatif yang menjadi pemicu berbagai penyakit kanker, termasuk kanker usus besar. Untuk memaksimalkan berbagai manfaat beras merah di atas, kamu disarankan untuk menjalani pola hidup sehat. Misalnya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, menghentikan kebiasaan merokok, serta berolahraga secara rutin.

4. Mengendalikan Berat Badan

Beras merah mengandung serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang lebih tinggi daripada beras putih, sehingga membuatmu kenyang lebih lama. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi beras merah secara rutin bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Hal ini menjadikan beras merah baik dikonsumsi untuk mencegah obesitas.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskuler

manfaat beras merah
Sumber: iStockPhoto

Tidak hanya kaya akan serat, namun beras merah juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya, seperti antioksidan, magnesium, dan zat lignan. Seluruh kandungan nutrisi tersebut berperan dalam mencegah penumpukan kolesterol jahat di dalam darah, mengontrol tekanan darah, serta mencegah penyumbatan di pembuluh darah. Oleh karena itu, beras merah baik dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler).

6. Melawan Radikal Bebas

Kandungan antosianin yang terdapat dalam beras merah termasuk ke dalam golongan antioksidan kuat. Antioksidan adalah senyawa yang mampu melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat radikal bebas. Jika berlarut-larut, stres oksidatif dapat merusak sel dan jaringan, serta menyebabkan peradangan. Tak hanya itu, kandungan antioksidan flavonoid pada beras merah lebih tinggi dari beras cokelat, sehingga kerjanya juga lebih efektif untuk melawan efek radikal bebas dalam tubuh.

Baca juga:  Back Blow untuk Penanganan Terseddak, Bagaimana Caranya?

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Nah, beras merah merupakan pilihan yang baik jika kamu ingin mendapatkan manfaat tersebut. Beras merah termasuk makanan yang kaya akan kandungan antioksidan. Untuk itu, kamu bisa beralih mengonsumsi nasi beras merah dapat membantu agar kesehatan kulit lebih terjaga.

manfaat beras merah
Sumber: iStockPhoto

Nah, itulah segudang manfaat beras merah untuk tubuhmu, mulai dari mencegah kanker hingga menjaga kesehatan kulit. Bagi kamu yang memiliki aktivitas padat, kamu bisa mengonsumsi 150 gram nasi merah per hari. Sedangkan untuk yang sedang diet ketat, kamu bisa mengonsumsi beras merah 50 gram per hari. Jangan lupa untuk tetap memerhatikan nutrisi lain seperti serat, protein dan lemak, ya.