Ketahui 12+ Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Menyegarkan!

Buah naga adalah salah satu buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan. Bentuk kulit buahnya yang bersisik membuat buah dengan nama ilmiah Hylocereus polyrhizus dan Selenicereus undatus ini disebut buah naga. Ada dua jenis buah naga berdasarkan warna daging buahnya, yaitu merah dan putih. Meskipun begitu, banyak sekali manfaat dari buah naga untuk ibu hamil, lho!

Rasa dari buah ini biasanya berupa kombinasi antara manis dan hambar, cenderung berbeda di setiap variannya. Pada 170 gram buah naga, terkandung sekitar 2 gram protein, 22 gram karbohidrat, dan 5 gram serat. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A dan C, kalsium, zat besi, magnesium, serta nutrisi lain yang penting dan dibutuhkan oleh ibu hamil. Apa saja ya, kegunaan buah naga bagi ibu hamil? Yuk, kita simak 13 manfaatnya di bawah ini!

Sumber: iStockPhoto
Sumber: iStockPhoto

13 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Berbagai kandungan nutrien dalam buah naga dapat membantu ibu hamil melalui masa kehamilannya dengan sehat dan kuat. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari buah naga yang penting bagi ibu hamil, seperti:

1. Menjaga Kesehatan Sel

Kandungan vitamin C yang cukup banyak dalam buah naga sangat dibutuhkan oleh janin untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel, serta membantu membentuk kolagen di dalam tulang, otot, kulit dan pembuluh darah. Vitamin ini juga membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Namun, kamu harus tetap bijak dalam mengonsumsi vitamin C. Kelebihan vitamin C selama kehamilan bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur.

2. Mengoptimalkan Perkembangan Otak Janin

Ibu hamil menyantap sate buah (Sumber: iStockPhoto)

Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan dan tiamin yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak janin. Selain itu, buah naga juga mengandung riboflavin yang bermanfaat untuk membantu tubuh menghasilkan energi, serta mendukung pertumbuhan tulang, otot, dan saraf bayi.

3. Mencegah Sembelit

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang juga tak kalah penting adalah untuk mencegah terjadinya sembelit selama masa kehamilan dan membantu tubuh mengeluarkan racun. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi 25–30 gram serat per hari. Buah naga mengandung 3 gram serat per 100 gram. Untuk mencukup tambahan serat, kamu dapat mengonsumsi makanan lain, sperti sereal dan roti dari gandum utuh.

4. Mencegah Anemia

Manfaat buah naga untuk ibu hamil lainnya adalah mencegah anemia. Hal ini karena buah naga mengandung zat besi. Zat besi membantu meningkatkan kemampuan darah dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh dengan menaikkan kadar hemoglobin. Tentu saja, manfaat tersebut hanya bisa dirasakan apabila konsumsi buah naga dikombinasikan dengan obat-obatan dari dokter.

Baca juga:  Air Ketuban Merembes, Ini 15 Penyebabnya! Bumil Wajib Tahu

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sumber: iStockPhoto

Masalah kesehatan yang dialami ibu hamil sedikit banyak dapat berdampak pada janin dalam kandungan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal, salah satunya dengan mengonsumsi buah naga. Buah naga mengandung vitamin C, yang berperan penting dalam mengoptimalkan sistem imun tubuh. 

6. Menjaga Tubuh dari Radikal Bebas

Efek antioksidan dari buah naga merah dapat mencegah risiko penyakit akibat paparan asap rokok pada ibu hamil. Selain itu, sifat antioksidan ini bermanfaat untuk membantu mengatur sintesis kolagen tubuh serta mencegah berbagai masalah persendian dan gusi. Faktanya, wanita hamil yang sering terpapar asap rokok berisiko lebih tinggi untuk melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR).

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salah satu alasan terbesar mengapa buah naga populer adalah karena bisa membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah alias kardiovaskular. Artinya, manfaat buah naga untuk ibu hamil, yakni dapat mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan serangan jantung.

Biji yang ada pada buah naga juga menyediakan asam lemak omega-3 dan omega-6, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal tersebut akan menjaga arteri tetap bersih, memungkinkan darah mengalir ke dan dari jantung dengan optimal.

8. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Buah naga mengandung beta-karoten, vitamin C, dan likopen. Kombinasi nutrisi tersebut bekerja untuk menangkal radikal bebas dan juga memperbaiki kerusakan pada bagian dalam tubuh. Zat anti-karsinogenik yang ada dalam buah naga juga disebut-sebut dapat membantu mencegah pertumbuhan tumor.

9. Mencegah Infeksi

Terinfeksi mikroba dapat berisiko bagi janin, sebab organisme berukuran kecil ini dapat menemukan jalan ke bayi melalui plasenta. Buah naga memberikan manfaat melakukan regenerasi sel dalam pengobatan luka yang mencegah infeksi dan memasok tubuh anti-jamur dan anti-bakteri untuk mengatasi mikroba dalam tubuh.

10. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Sumber: iStockPhoto

Kalsium bukan satu-satunya mineral yang dibutuhkan janin untuk mengembangkan struktur tulang. Fosfor memainkan bagian penting di dalamnya. Keduanya hadir dalam buah naga dengan jumlah yang wajar dan bekerja untuk menjaga kesehatan gigi yang baik pada ibu hamil.

11. Meningkatkan Hemoglobin

Zat besi dalam buah naga membantu sel darah meningkatkan kapasitas membawa oksigen dengan meningkatkan kadar hemoglobin. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan anemia pada wanita hamil.

12. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Sangat penting untuk memastikan bahwa perkembangan saraf anak berjalan tanpa hambatan. Kelompok vitamin B kompleks yang terkandung dalam buah naga dan dikombinasikan dengan folat memainkan peran penting dalam mengembangkan sistem saraf anak.

13. Mencegah Preeklamsia

Sumber: iStockPhoto

Hipertensi pada ibu hamil meningkatkan risiko preeklamsia dengan jumlah yang cukup besar. Buah naga membantu menjaga tingkat tekanan darah dan gula darah yang stabil, sehingga menjaga komplikasi yang terkait dengan kehamilan seminimal mungkin.

Baca juga:  7 Cara Melebatkan Rambut Bayi dengan Alami, Pernah Coba?

5 Resep Kudapan Buah Naga

Setelah mengetahui 13 manfaat buah naga bagi bumil, tentunya kamu tidak ingin memakan buah naga hanya dalam bentuk potongan buahnya saja, bukan? Berikut 5 resep kudapan dari buah naga yang mengenyangkan dan juga menyegarkan.

1. Puding Buah Naga Susu

Sumber: fimela.com

Bahan puding lapisan A: 1 bungkus bubuk jelly plain; 500 ml susu cair putih; 1000 ml air; 200 gr gula pasir (sesuai selera); Sedikit garam

Bahan puding lapisan B: 1/2 buah naga ukuran sedang; 1 bungkus bubuk jelly plain; 200 gr gula pasir; 4 gelas air; 2 lembar daun pandan; Sedikit garam

Cara membuat:
1. Campur semua bahan A dan masak dengan api kecil sampai matang, lalu tuang dalam cetakan.
2. Haluskan buah naga lalu campur dengan semua bahan B, masak dengan api kecil sampai mendidih.
3. Lalu tuang di atas lapisan A dan kalau bagian atas puding buah naga sudah agak set, tuang lagi dengan puding susu, lakukan sebanyak lapisan yang diinginkan.
4. Lalu tunggu set, masukkan dalam lemari es & keluarkan dari cetakan/bisa juga disajikan dalam gelas bening.

2. Pancake Buah Naga

Sumber: fimela.com

Bahan: 60 ml Jus buah naga; 120 ml Susu cair; 100 gr Terigu; 2 sdm Gula; 1 butir Telur; 1 sdt Pasta vanila; 1 sdm Minyak goreng; 3/4 sdt Baking powder; 1/4 sdt Garam

Cara membuat:
1. Hancurkan buah naga, saring ambil jus buahnya.
2. Campurkan semua bahan ke dalam wadah, aduk hingga tercampur rata.
3. Istirahatkan adonan selama 10 menit.
4. Panaskan teflon, tuang adonan secukupnya, balik pancake, masak hingga matang dan angkat.
5. Potong-potong buah naga, taruh di atas pancake hias sebagai topping, beri susu kental manis sesuai selera, sajikan.

3. Kue Lumpur Buah Naga

Sumber: Cookpad

Bahan: 200 gr gula pasir; 1 buah naga ukuran sedang; 2 btr telur; 250 gr tepung terigu; 500 ml Santan; 1/4 sdt vanili; 100 gr margarin cair; 1/4 sdt garam; Keju parut

Cara membuat:
1. Blender buah naga dan santan sampai halus, saring lalu sisihkan.
2. Mixer telur, gula, garam dan vanilli sampai gula larut, tuang campuran santan dan buah naga mixer hingga rata. Masukkan tepung terigu dan terakhir tuang margarin cair aduk hingga homogen.
3. Panaskan cetakan sampai cetakan panas, tuang adonan sampai 3/4 penuh tunggu sampai setengah matang beri taburan keju atau topping lainnya tutup tunggu hingga matang.
4. Angkat dan siap disajikan.

4. Es Krim Buah Naga

Sumber: medium.com

Bahan: 100 gr buah naga; air secukupnya; ice cream mix vanilla; 2 sdm susu kental manis

Cara membuat:
1. Buah naga merah diblender dengan air es hingga menjadi 150 ml.
2. Campur semua bahan, aduk menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai kaku mengembang, taruh pada wadah.
3. Simpan di freezer selama 8 jam. Siap dinikmati.

5. Smoothie Bowl Buah Naga

Sumber: Cookpad

Bahan: 1 buah naga merah beku; 1 scoop nutrishake vanilla; 10 ml madu; 2 buah strawberry segar; 100 gr buah mangga; 8 buah blueberry; 100 ml susu rendah lemak dingin; 40 gr oats & granola

Cara membuat:
1. Blender buah naga, nutrishake vanilla, madu dan susu hingga halus.
2. Tuang ke mangkok dan tambahkan topping strawberry, mangga, blueberry, oats dan granola. Sajikan.

Meski memiliki manfaat penting, tetapi sejauh ini belum ada penelitian yang memastikan keamanan buah naga bagi ibu hamil. Oleh karena itu, Ibu hamil dianjurkan makan dalam jumlah yang cukup. Jika masih ragu, kamu bisa konsultasi ke dokter terkait dengan asupan nutrien penting yang dibutuhkan selama kehamilan.