Ketahui 10 Manfaat Buah Pinang dan Bahayanya bagi Kesehatan

Jika kamu berkunjung ke desa adat di Indonesia, kamu dapat menemukan beberapa orang berusia 50 tahun ke atas sedang menginang. Apa sih, menginang itu? Menginang adalah salah satu kegiatan mengunyah buah pinang bersama dengan daun sirih. Hal tersebut menjadi salah satu manfaat buah pinang yang dirasakan oleh para orang tua, yaitu menguatkan gigi.

Selain itu, manfaat yang ditimbulkan setelah mengonsumsi buah pinang antara lain meningkatkan kesuburan. Namun, konsumsi buah pinang yang berlebih dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan, lho! Ingin tahu bahaya dan 10 manfaat buah pinang? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Sumber: Pinterest

Kandungan Gizi Buah Pinang

Sebelum membahas potensi yang dimiliki oleh buah pinang, kamu perlu mengetahui kandungan gizi di dalamnya. Berikut ragam nutrien yang bisa kamu dapatkan dari 100 gram buah pinang:

  • Kalori: 339
  • Protein: 5,2 gram
  • Lemak: 10,2 gram
  • Karbohidrat: 56,7 gram
  • Natrium: 76 mg
  • Kalium: 450 mg
  • Kalsium: 400 mg
  • Fosfor: 89 mg
  • Zat besi: 4,9 mg

10 Manfaat Buah Pinang

Adapun 10 khasiat yang kamu dapatkan setelah mengonsumsi buah pinang adalah sebagai berikut:

1. Mencegah Gigi Berlubang

Buah pinang dan sirih untuk upacara adat (Sumber: iStockPhoto)

Salah satu khasiat buah pinang yang dipercaya sejak dulu adalah dapat menguatkan gigi dengan cara mengunyahnya. Buah pinang memang diketahui dapat membantu mengurangi kadar bakteri penyebab gigi berlubang di mulut. Meski begitu, mengunyah pinang bisa membuat warna gigimu berubah menjadi kuning, merah, bahkan cokelat kehitaman.

2. Meredakan Mulut Kering

Ilustrasi bibir kering (Sumber: iStockPhoto)

Orang yang mengunyah buah pinang cenderung menghasilkan air liur dalam jumlah besar. Hal ini pun dapat membantu penderita mulut kering yang disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti diabetes dan sindrom Sjogren. Sifat antioksidan dan antimutagenik yang ada di dalam buah pinang muda membantu menekan bakteri di dalam mulut.

Baca juga:  Kamu Perlu Coba! 4 Obat Flu Alami yang Mudah Didapatkan

3. Meningkatkan Libido

Sumber: iStockPhoto

Buah ini diyakini akan membuat libido meningkat pada pria karena kandungan alkaloid berupa senyawa arekolin dalam buah pinang. Jika kamu meminum air rebusan maupun ekstrak buah pinang, maka libidomu akan meningkat dan stamina tubuh selama berhubungan seksual juga menjadi lebih baik. Selain meningkatkan libido, buah pinang juga dapat mencegah ejakulasi dini pasa pria.

4. Mengatasi Kram Perut Saat Menstruasi

Sumber: iStockPhoto

Buah ini diyakini bisa membantu para wanita mengurangi kram perut sebelum atau saat menstruasi. Hal ini karena kandungan nutrisinya akan memperbaiki ketidakseimbangan hormon yang terjadi dalam tubuh. Kamu bisa mencampurkan bubuk buah pinang dengan jahe, biji wijen, dan madu sampai mengental membentuk pasta. Lalu, ambil 1 sendok campuran tadi dan campur dengan 5-6 tetes susu dan diminum secara rutin 2 kali sehari sebelum dan saat kamu mengalami menstruasi.

5. Menambah Energi

Sumber: iStockPhoto

Buah pinang dapat memberikan energi dan stamina sekaligus euforia. Itu sebabnya, buah ini sering kali dipercaya sebagai buah penambah energi. Buah pinang mengandung senyawa alkaloid alami dan zat yang bersifat stimulan. Zat yang terkandung pada buah pinang tersebut bermanfaat untuk menambah energi dan stamina, serta meningkatkan daya konsentrasi.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Sumber: iStockPhoto

Jika seseorang alami gangguan nafsu makan, maka dikhawatirkan ia bisa mengalami kekurangan nutrisi penting dan energi yang dibutuhkan tubuh. Berbagai macam kondisi bisa sebabkan seseorang alami selera makan yang berkurang. Misalnya gangguan mental dan fisik. Dengan konsumsi buah pinang, maka akan meningkatkan energi dan merangsang nafsu makan yang baik. Selain buahnya, daun pinang juga bisa digunakan obat tradisional penambah nafsu makan.

7. Menghilangkan Bau Mulut

Sumber: iStockPhoto

Ada banyak sekali penyebab dari bau mulut. Mulai dari makanan, produk tembakau, kebersihan gigi yang buruk, dan masalah kesehatan mulut lainnya. Kondisi ini pasti membuatmu tak percaya diri, bukan? Untungnya, khasiat buah pinang untuk mengatasi bau mulut bisa kita dapatkan karena sifat anti-bakterinya yang mampu membunuh kuman penyebab bau mulut.

Baca juga:  7 Cara Mengatasi Badan Lemas dan Gemetar, Dijamin Ampuh!

8. Kosmetik Alami

Sumber: iStockPhoto

Buah pinang bisa digunakan untuk alat kecantikan, terlebih untuk kamu yang kerap mengalami alergi pada kandungan kosmetik. Khasiat dari buah pinang dapat menghambat Streptococcus aureus, Streptococcus epidermidis, Propionibacterium acnes, yang merupakan bakteri penyebab terjadinya jerawat. Tak hanya itu, kandungan antioksidan, penghambatan tirosinase dan bakteri, serta pengujian toksisitas sel yang aman membuat ekstrak dari buah pinang bisa dikembangkan dan digunakan sebagai bahan kosmetik yang aman.

9. Mencegah Anemia

Sumber: Freepik

Buah pinang mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Hal ini menjadikan buah pinang sebagai salah satu makanan yang dapat mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia. Selain buah pinang, anemia juga dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan lain yang kaya akan zat besi, seperti daging, hati, ikan, bayam, dan kacang kedelai.

10. Mencegah Cacingan

Sumber: iStockPhoto

Manfaat terakhir dari buah pinang adalah mencegah cacingan. Konsumsi buah pinang bisa membantu dalam pengobatan cacing perut seperti cacing pita dan juga cacing gelang. Ini akan membantu menghindari masalah yang terkait dengan cacingan. Pinang adalah salah satu vermifuge terbaik yang dapat membantu mengusir cacing perut.

5 Bahaya Konsumsi Buah Pinang

Meskipun bermanfaat bagi tubuh, buah pinang juga memiliki bahaya jika dikonsumsi terus menerus. Adapun 5 hal dari buah pinang yang dapat membahayakan tubuh adalah sebagai berikut.

  1. Karsinogenik. Banyak penelitian telah menunjukkan hubungan yang meyakinkan antara penggunaan buah pinang dengan kanker mulut dan kerongkongan.
  2. Mengurangi Efek Pengobatan. Pinang dapat berinteraksi dengan obat lain atau suplemen herbal, yang dapat menyebabkan reaksi toksik dalam tubuh atau mengurangi efek pengobatan.
  3. Ketergantungan. Penggunaan pinang secara teratur juga dapat menyebabkan gejala ketergantungan. Beberapa riset juga menyebutkan bahwa konsumsi buah pinang dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan mental.
  4. Radang Mulut. Kebiasaan mengunyah buah pinang diketahui dapat memicu peradangan di dalam mulut.
  5. Membahayakan Janin. Buah pinang belum terbukti aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa buah pinang berpotensi menimbulkan masalah pada kehamilan, seperti memicu bayi lahir dengan berat badan rendah.

Itulah 10 manfaat buah pinang dan berbagai bahaya yang bisa disebabkan. Jika diperhatikan, sepertinya mengunyah pinang bukanlah sesuatu yang disarankan. Karena memiliki lebih banyak efek samping daripada manfaat buah pinang itu sendiri. Jadi tetap waspada, ya.