Jangan di Skip! Inilah Manfaat Clear Cache untuk Android

Ternyata masih ada cukup banyak pengguna Android yang belum tahu tentang cache di ponsel pintarnya. Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika iya, berarti ulasan secara lengkap dan mendalam mengenai clear cache di bawah ini tidak boleh kamu lewatkan. Mulai dari pengertian cache, fungsi, hingga cara melakukan clear cache beserta efeknya. Sebelum kita bahas bagaimana cara melakukan clear cache, kita cari tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan cache. Langsung saja, yuk simak penjelasannya hingga tuntas. 

Cache atau tembolok merupakan sebuah tempat penyimpanan data yang bersifat sementara. Ketika kamu pernah membuka aplikasi, game, dan browser di Android, maka cache akan merekam semua data hasil dari aktivitas yang pernah kamu lakukan pada aplikasi atau browser tersebut. Kemudian, fungsi cache adalah sebagai perekam data pada suatu aplikasi yang terpasang di semua perangkat seperti Android maupun PC.

Sebagai contoh, jika kamu mempunyai browser yang terpasang di Android dan sering kamu gunakan untuk browsing apapun dan masuk ke berbagai situs, maka situs-situs tersebut datanya (berupa gambar dan lainnya) akan tersimpan secara otomatis ke dalam cache di aplikasi browser tersebut. Kemudian efeknya, kalau kamu kembali mengunjungi situs yang sebelumnya pernah kamu kunjungi dalam keadaan cache yang belum terhapus, maka akses akan lebih cepat dilakukan. Hal ini karena data situs tersebut sudah terekam atau tersimpan dalam cache

Meskipun berbagai aplikasi dan browser biasanya secara otomatis akan menghapus cache dalam jangka waktu tertentu, namun terkadang terjadi masalah yang membuatnya tidak terhapus secara otomatis. Dan semakin besar volume cache yang tersimpan, maka semakin besar pula beban pada kapasitas memori perangkat kamu, terutama apabila ada cache yang rusak. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membiasakan diri untuk menghapus cache secara berkala agar ponsel kamu kembali lancar, dan tidak lagging lagi. 

Baca juga:  Jangan Panik! Inilah 7 Cara Mudah dan Tepat Mengatasi WhatsApp Error

Manfaat Melakukan Clear Cache di Android

clear cache
Sumber: www.exysearch.com

Cache sebetulnya bermanfaat untuk efisiensi waktu dan kecepatan ponsel saat mengakses aplikasi. Tapi, data cache yang terlalu besar ternyata malah akan membuat kinerja Android menjadi lambat. Sebab, cache akan memakan memori internal, dan proses loading akan menjadi lebih lama, apalagi kalau datanya banyak. Jadi, sebaiknya kamu menghapus data cache secara rutin, misalnya seminggu sekali saja. Atau, saat kamu merasa ponselmu sudah mulai lambat, kamu juga bisa mencoba menghapus data cache untuk membantu mengurangi data yang tidak penting di memori internal.

Kelebihan menghapus cache adalah memperluas memori internal sehingga kinerjanya pun akan menjadi lebih ringan. Biasanya, aplikasi yang tadinya error akan berfungsi dengan normal lagi. Sedangkan kekurangan melakukan clear cache adalah kamu harus memulai ulang sistem aplikasi dari awal lagi. Alhasil, loading aplikasi yang akan kamu buka menjadi lebih lama daripada sebelum cache dihapus. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena hal ini hanya bersifat sementara. Yang penting adalah, kamu harus sabar saat membuka aplikasi setelah menghapus data cache.

Tips Melakukan Clear Cache di Android

clear cache
Sumber: www.zapmeta.ws

Jika Android milikmu terasa lambat dan kamu tidak mengerti apa penyebabnya, maka lebih baik kamu sekaligus menghapus semua cache dari segala aplikasi yang kamu miliki. Setidaknya terdapat 2 cara clear cache di Android secara manual tanpa menggunakan bantuan aplikasi yang bisa dilakukan. 

  1. Pertama, clear cache pada aplikasi tertentu dengan cara: pilih settings > application manager > pilih aplikasi > klik clear cache.
  2. Menghapus cache pada semua aplikasi di Android dengan cara: pilih settings > storage/penyimpanan > klik cached data > OK.
Baca juga:  Sudah Punya Konten? Ketahui Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Tepat

Dengan begitu, semua cache pada aplikasi tersebut akan terhapus. Aplikasi pun akan lebih cepat saat dibuka dan tidak lemot seperti sebelumnya. Selain dengan cara manual, ada juga cara clear cache di Android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dan menariknya, aplikasi ini tidak hanya berguna untuk menghapus cache saja, melainkan bisa juga digunakan untuk membersihkan RAM sehingga ponselmu tidak lambat.

Rekomendasi Aplikasi Clear Cache untuk Android

clear cache
Sumber: www.nextpit.com

Lalu, apa saja rekomendasi aplikasi clear cache untuk Android yang bisa digunakan? Biar tidak penasaran, langsung saja simak rekomendasinya di bawah ini. 

  • Aplikasi pertama adalah Nox Cleaner, yang memiliki banyak fitur berguna untuk ponselmu dan dapat dioperasikan dengan mudah. 
  • Aplikasi selanjutnya adalah CCleaner. Selain mampu membersihkan RAM, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur untuk meningkatkan performa ponselmu dengan clear cache
  • Sedangkan Speed Booster, sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan aplikasi dengan ukuran yang kecil. 
  • Aplikasi clear cache untuk Android lainnya adalah Clean Master. Dengan menggunakan aplikasi ini, ponselmu akan bersih dari cache, file sampah, dan juga sampah aplikasi yang sudah di-uninstall.
  • Aplikasi clear cache untuk Android terakhir yang kami rekomendasikan adalah Phone Master. Aplikasi ini adalah paket komplit untuk membantu ponsel kamu menjadi aman dan terbebas dari lag.

Itulah penjelasan mengenai clear cache hingga tips melakukannya. Dengan rutin menghapus cache, dijamin ponsel Android milikmu pun tidak akan lemot lagi. Kamu tertarik untuk mencobanya sekarang juga?