cold pressed juice

Sudah Tahu Apa itu Cold Pressed Juice dan Manfaatnya untuk Kesehatan?

Cold pressed juice, sebuah minuman yang dibuat dengan sistem cold pressed ini terbilang unik dan menjadi tren di kalangan masyarakat berpola hidup sehat. Pasalnya, jus yang satu ini berbeda karena dalam sebotol atau segelasnya kamu akan menikmati air dan sari buah alami tanpa campuran apapun, termasuk pemanis seperti gula. Kamu harus tahu, bahwa mesin cold pressed juice dapat menghancurkan secara langsung daging buah-buahan sehingga menjadi halus dengan tekanan tinggi. Tekanan yang dihasilkan akan memisahkan sari dan ampasnya sehingga nutrisi, vitamin, mineral, dan juga enzim yang terkandung di dalam buah masih tetap terjaga dan bisa dinikmati secara fresh

Sebetulnya, cold pressed juice ini sudah dikenal sejak lama, tetapi mulai dipopulerkan oleh para selebritas Hollywood seperti Kim Kardashian dan Gwyneth Paltrow sebelum tahun 2010. Di Indonesia sendiri, minuman sehat ini mulai diminati sejak 2011 berbarengan dengan munculnya katering diet. Sejak saat itu, tidak sedikit selebritas Indonesia melalui akun media sosialnya, memperlihatkan pola sehat yang mereka jalani dengan konsumsi cold pressed juice ini.

Apa itu Cold Pressed Juice? 

cold pressed juice

Jennifer Haythe, seorang asisten profesor kedokteran dari Columbia University Medical Center dan dokter penyakit dalam di Columbia Presbyterian menjelaskan, bahwa cold pressed juice adalah jus yang dibuat menggunakan tekanan hidrolik untuk mengekstrak jus dari buah-buahan dan sayuran. Proses cold pressed meliputi memotong buah dan sayur, kemudian mengompresnya di antara dua piringan di tekanan yang sangat tinggi. Ekstraksi inilah yang akan menghasilkan sebuah jus. Proses pembuatannya kedap oksigen dan tanpa panas, yang artinya tidak ada nutrisi yang akan hilang. Sementara pada proses pasteurisasi tradisional, nutrisi bisa hilang karena proses pemanasan.

Baca juga:  6 Ide Peluang Usaha Rumahan Secara Offline dan Online

Proses pasteurisasi akan membantu membunuh bakteri berpotensi berbahaya dalam jus, sementara proses cold pressing akan mendapatkan semua cairan dan nutrisi dari buah dan sayur sebanyak mungkin. Ketika jus dipasteurisasi, maka suhu tinggi akan membunuh bakteri dan membantu memperpanjang masa konsumsi jus. Karena tidak ada panas atau oksigen yang digunakan untuk proses cold- pressing, maka nutrisi di dalam jus itu tidak hilang dibandingkan dengan pemanasan dalam proses pasteurisasi.

Kamu harus menghabiskan cold pressed juice dalam waktu maksimal 4 hari setelah jus tersebut dibuat. Jika lebih lama dari itu, maka mikroba akan mulai muncul dan bisa berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak dan wanita hamil. Namun untuk mengatasinya, cold pressed juice di pasaran telah melalui proses pasteurisasi tertentu yang disebut high pressure processing (HPP). Dalam proses ini, jus yang sudah dikemas di dalam botol, akan direndam dalam air dingin yang bertekanan tinggi. Langkah ini mampu membunuh patogen dan menambah masa konsumsi jus hingga 30-45 hari.

Apa Saja Manfaat Cold Pressed Juice untuk Kesehatan? 

cold pressed juice

Tidak hanya nutrisi, vitamin, mineral, serta enzim yang bermanfaat untuk tubuh, minuman ini juga sangat efisien untuk proses detoksifikasi tubuh. Di mana dapat mengurangi kadar racun dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi, hingga ekskresi molekul toksin. Sehingga bermanfaat untuk menjaga bentuk tubuh dan mempercantik kulit. Sebanding dengan efek yang diberikan ketika mengkonsumsi minuman ini, harganya juga tidak murah. Di Indonesia sendiri, minuman ini bisa dibanderol kurang lebih mulai dari Rp40 ribu sampai dengan Rp 200 ribu. Hal ini karena penyajian minuman ini menggunakan 100% buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian tanpa bahan pengawet, perasa, dan juga bahan kimia lainnya.

Baca juga:  5 Cara Efektif Mengoptimalkan Pengelolaan Inventaris Bisnis Anda

Sebenarnya mengkonsumsi minuman ini sama halnya seperti mengkonsumsi buah dan sayuran per harinya. Hanya saja, kebanyakan masyarakat lebih suka yang praktis. Sehingga teknik pembuatan jus kaya nutrisi, vitamin, dan juga mineral ini tercipta sebagai alternatif untuk menikmati buah. Cara konsumsinya juga harus disertai dengan asupan yang seimbang lainnya agar dapat menjaga metabolisme tubuh. Selain itu, jumlahnya pun berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kamu.

Bagaimana Cara Memilih Cold Pressed Juice? 

cold pressed juice

Selain cara konsumsi yang perlu kamu ketahui, pemilihan minuman cold pressed juice juga penting untuk diperhatikan. Semakin banyaknya orang-orang yang mulai mengikuti gaya hidup sehat dengan mengonsumsi minuman ini, membuat bisnisnya pun semakin berkembang. Sehingga sebagai konsumen, kamu harus cermat memilih minuman mana yang layak dikonsumsi. Ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yaitu kemasan, kandungan, dan cara penyimpanan.

  • Pertama, kamu harus memilih kemasan yang higienis untuk menjaga kualitas nutrisi di dalam minuman.
  • Lalu pilihlah minuman dengan kandungan buah yang seimbang. Selain menyertakan buah, pastikan bahwa cold pressed juice yang ingin kamu pilih juga menyertakan sayuran dan biji-bijian.
  • Terakhir adalah cara penyimpanannya. Proses pengemasan sangat perlu diperhatikan, jangan sampai terpapar sinar matahari secara langsung karena akan mengurangi nutrisinya.

Kalau kamu adalah penggemar makanan sehat, maka belum lengkap rasanya, jika kamu tidak minum sebotol cold pressed juice hari ini! Jangan lupa, pastikan kamu membeli merek jus yang baik. Dan pilihlah merek jus yang juga menjual jus berisi sayuran berdaun hijau yang memberi tambahan gizi dibandingkan jus buah saja yang lebih kaya kadar gulanya.

Rishna Maulina

Share