Optimalkan Manfaat Conditioner untuk Rambut Halus dan Sehat

Kamu harus yakin dengan manfaat conditioner yang melembapkan dan memperbaiki, rambut akan selalu ternutrisi dan mudah diatur. Tidak sembarangan digunakan, produk terpenting dalam rutinitas hair care ini harus kamu bedakan jenisnya untuk dapatkan manfaat optimal. Ada begitu banyak jenis conditioner yang berbeda di pasaran, sehingga mungkin kamu sulit untuk memilih mana yang terbaik untuk rambutmu. Artikel ini akan mengulas lebih jauh mengenai jenis, manfaat, tips memakai hingga rekomendasi produk terbaiknya. 

Manfaat Conditioner untuk Rambut

Manfaat conditioner yang optimal akan didapat saat diaplikasikan tepat setelah keramas. Pemakaian kondisioner dimaksudkan untuk menggantikan kelembapan yang hilang setelah keramas. Produk rambut ini juga bermanfaat untuk menghaluskan kutikula rambut. Hasilnya, membantu mengurangi kusut, meningkatkan kilau, serta membuat rambut lebih mudah diatur. 

Jika kondisi rambutmu sering patah saat disisir, keramas, atau di-styling, kamu perlu menggunakan strengthening conditioner untuk membentengi rambut dari dalam ke luar dengan bahan-bahan penguat seperti keratin dan bahan pelembap.

Jenis-Jenis Conditioner

1. Cleansing Conditioner

Jenis kondisioner yang juga dikenal sebagai co washes ini bisa kamu gunakan untuk mencuci rambut dan kulit kepala. Sifat pembersihannya membantu menghilangkan residu dan penumpukan kotoran di rambut. Bermanfaat menjaga kelembapan sehingga cocok digunakan untuk rambut tebal dan keriting. 

2. Rinse-Out Conditioner

Rinse-out conditioner bisa diaplikasikan untuk semua jenis rambut. Sama halnya dengan jenis kondisioner yang lainnya, manfaat conditioner sekali bilas ini adalah untuk menambah kelembapan rambut dan membantu mengurai rambut. Kondisioner ini tidak mengandung sifat pembersih apapun, jadi pastikan saat keramas rambutmu benar-benar sudah bersih, ya!

Baca juga:  Perawatan Wajah Pria: Skincare Routine dan Manfaatnya
manfaat conditioner

3. Deep Conditioner

Deep conditioner atau masker rambut adalah treatment yang akan membantu melembapkan, memperbaiki, dan menutrisi rambutmu. Tekstur conditioner dengan konsistensi tebal ini dirancang untuk memberikan efek yang lebih kuat daripada kondisioner yang dipakai untuk sehari-hari. Dengan penggunaan 1-4 kali per bulan, kerusakan rambut dapat diatasi. 

Cara mengaplikasikan deep conditioner sama seperti kamu mengoleskan masker rambut. Oleskan ke rambut secara merata, lakukan pijatan rambut, dan biarkan selama 20-40 menit. Untuk manfaat conditioner yang optimal, bungkus rambut dengan handuk lalu panaskan dengan alat uap atau hair steam. Cara ini akan membantu produk menembus setiap helai rambut dan memberikan hasil yang nyata.

4. Leave-in Conditioner

Kondisioner tanpa bilas diaplikasikan setelah keramas tanpa perlu dibilas setelahnya. Tidak seperti kondisioner biasa, untuk benar-benar menghilangkan dari rambut, tunggu sampai waktu keramas berikutnya. Manfaat conditioner tanpa bilas ini hadir dalam berbagai bentuk, seperti liquid, cream, atau spray. 

Formulanya yang ringan cocok digunakan untuk merawat rambut kering dan keriting dengan mengembalikan kelembapan yang hilang. Leave-in conditioner biasanya mengandung humektan yang menghidrasi dan melembutkan rambut sehingga rambut jadi lebih mudah diatur. 

Tips Cara Memakai Kondisioner agar Hasilnya Maksimal

Untuk mendapatkan hasil dan manfaat conditioner yang maksimal, baca petunjuk pemakaian produk dengan cermat. Apapun jenisnya, berikut ini tips menggunakan kondisioner sebagai rutinitas hair care.

  • Jangan oleskan kondisioner pada rambut yang basah kuyup. Jika rambut kamu terlalu basah, kondisioner akan larut dan tidak dapat menembus ke lapisan rambut. Pastikan rambut setengah kering sebelum mengoleskan kondisioner.
  • Gunakan kondisioner dalam jumlah yang tepat sesuai jenis dan panjang rambutmu.
  • Aplikasikan kondisioner hanya pada ujung rambut dan berfokus pada bagian yang paling rusak. Memakai kondisioner pada kulit kepala dan akar rambut dapat menyebabkan over-conditioning. 
  • Ratakan kondisioner untuk memastikan setiap helai rambut telah terlapisi.
  • Biarkan kondisioner menyerap selama satu hingga dua menit.
  • Bilas rambut hingga benar-benar bersih dan tidak terasa licin.
Baca juga:  4 Cara Atasi Jerawat Pustula yang Bernanah dan Nyeri, Cepat Hilang!

Rekomendasi Produk Conditioner Terbaik 

Sunsilk Soft & Smooth Conditioner

conditioner sunsilk

Conditioner dari Sunsilk diperkaya dengan teknologi moisture-lock yang dapat mengunci kelembapan rambut setelah keramas, sehingga rambut tetap berkilau sepanjang hari. Kondisioner ini juga memiliki active-infusion dengan soy milk protein, argan oil, serta vitamin E. Kaya akan bahan natural yang bermanfaat untuk menghidrasi dan membuat rambut menjadi halus.

TRESemme Keratin Smooth

conditioner

Percayakan kondisioner terbaik TRESemme Keratin Smooth yang membantu menutrisi rambut hingga lapisan mendalam. Rambutmu yang semula rusak akan tampil menjadi rambut sehat bak perawatan salon. Kandungan hydrolyzed keratin dan micro-smoothing particles yang keduanya berfungsi menutrisi hingga ke akar rambut.

Pantene 3 Minute Miracle Total Damage Care

manfaat kondisioner

Untuk kondisioner sehari-hari, kamu bisa percayakan Pantene 3 Minute Miracle Total Damage Care. Dengan harga yang ramah di kantong, kamu akan mendapatkan kualitas perawatan rambut yang tidak lagi diragukan. Teksturnya yang creamy menghasilkan rambut yang halus, wangi, dan mudah diatur. Kondisioner ini aman digunakan setiap hari secara rutin.

Baca juga: Bleaching Rambut: 6 Step, Efek Samping, dan Tips Merawatnya

Kini kamu telah mengetahui berbagai manfaat conditioner untuk rambut cantik dan sehat. Mulai saat ini jangan lagi lewatkan tahap penting dalam rutinitas hair care satu ini, ya!