7 Manfaat DNA Salmon untuk Kesehatan Kulit

Salah satu perawatan kecantikan yaitu berkembangnya teknik yang bernama suntik DNA salmon. Teknik perawatan klinik kecantikan yang satu ini memang belum banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Namun di kalangan selebriti, perawatan DNA salmon mulai dilirik oleh sejumlah pesohor. Manfaat DNA salmon ini bisa untuk mencegah radikal bebas, dan juga mempercepat penyembuhan luka.

Perawatan suntik DNA salmon biasa dikenal di dunia kecantikan dengan nama Salmon DNA Repairing Facial karena memiliki bahan utama berupa polideoxyribonucleotide (PDRN) yang diambil dari sperma dan darah iklan salmon (young elixir). DNA salmon ini membantu memproduksi zat polinukleotida yang berfungsi membentuk dasar kulit dan meregenerasi sel. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang manfaat DNA salmon untuk kesehatan kulit, jangan lewatkan penjelasannya!

manfaat dna salmon
Sumber: Freepik

7 Manfaat DNA Salmon untuk Kesehatan

Salmon terkenal sebagai makanan yang sehat karena mengandung asam lemak omega-3, vitamin D, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan. adanya kandungan asam amino esensial seperti asam hialuronat, glisin, iprolin, I lisin, I leusin yang bisa didapatkan di dalam tubuh manusia bisa menurun seiring bertambahnya usia. Di bawah ini berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk kulit dari suntik DNA salmon.

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat salmon untuk kulit yang satu ini berasal dari kandungan astaxanthin. Kandungan ini melindungi kulit dari paparan sinar UV yang menyebabkan kulit kusam. Selain itu, astaxanthin juga menghambat proses pembentukan melanin atau pewarna alami yang membuat kulit kusam. Jadi, kulit pun tampak lebih cerah.

Baca juga:  9 Urutan Hair Care Routine yang Perlu Kamu Terapkan, Rambut Sehat dan Berkilau!

2. Mencegah Penuaan Dini

Tanda-tanda penuaan dini muncul seiring bertambahnya usia. Usia yang semakin bertambah membuat produksi kolagen dan elastisitas pada kulit makin berkurang. Penyebab dari berkurangnya kedua zat itu yaitu munculnya tanda-tanda penuaan, seperti muncul garis halus dan kerutan di wajah. Bahkan tidak hanya itu, perawatan ini mampu untuk meregenerasi sel kulit lama yang digantikan dengan sel kulit baru dan membantu memperbaiki struktur jaringan.

3. Melembapkan Kulit

manfaat dna salmon
Sumber: iStockPhoto

Adanya kandungan salmon sebanyak 3% dan digunakan secara rutin selama 12 minggu bisa membantu melembapkan kulit kering. Tidak hanya itu, DNA salmon dapat meningkatkan elastisitas kulit wajah. Adanya kandungan hyaluronic acid dan ascorbic acid pada DNA salmon juga bisa melembapkan kulit. DNA salmon juga mencegah kadar air di kulit menguap.

4. Mencegah Radikal Bebas

Produksi kolagen bisa terganggu jika kulit terkena radikal bebas. Hal ini dikarenakan radikal bebas bisa memecah kolagen kulit dan menyebabkan noda hitam di kulit wajah seperti munculnya kerutan, bintik hitam, bahkan kulit menjadi kendor. Adanya kandungan hyaluronic di dalam DNA salmon bisa membantu menghilangkan radikal bebas. Cara kerjanya yaitu dengan meningkatkan asam hyaluronic endogen di dalam DNA salmon dengan memanipulasi in-situ dari jumlah besar molekul air sehingga radikal bebas bisa hilang secara intens.

5. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Manfaat DNA salmon untuk kulit baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Hasil laboratorium terbitan Scientific Report (2017) menunjukkan bahwa DNA salmon bisa menghambat paparan sinar UVB sebanyak 90% dan sinar UVA sebanyak 20%. Sinar UVB bisa memicu kulit terbakar, sedangkan UV A menyebabkan penuaan. Vitamin D juga bagus untuk pertumbuhan dan perbaikan sel kulit dan membantu melindungi terhadap radikal bebas yang berbahaya. 

Baca juga:  8 Bahan Alami Atasi Kulit Kepala Kering yang Terbukti Ampuh

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

manfaat dna salmon
Sumber: iStockPhoto

Suntik DNA salmon bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini dibuktikan pada sebuah penelitian bahwa DNA salmon bisa menyembuhkan luka dengan cara meningkatkan aliran darah dan memperlancar aliran darah dari kulit setelah melakukan perawatan laser ablatif. DNA salmon meningkatkan pembentukan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah ke kulit sehingga penyembuhan luka jadi lebih cepat.

7. Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering bisa disebabkan karena cuaca panas dan kering, serta penggunaan riasan atau skincare yang tidak cocok. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan menyuntikkan DNA salmon. Hal ini dikarenakan DNA salmon berguna untuk menahan air yang berlebih pada kulit yang tidak terlapisi. Dengan menggunakan suntik DNA salmon maka bisa mencegah terjadinya penguapan air dan kulit tetap terhidrasi dalam jangka waktu lama.

Setelah melakukan perawatan suntik DNA salmon, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Suntik DNA salmon tidak berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi akan memberikan efek samping bagi sejumlah orang. Efek samping yang biasanya didapatkan adalah terjadinya pembengkakan, memar, dan edema. Jika setelah melakukan perawatan DNA salmon penggunaan tabir surya harus digunakan. Hal ini dilakukan agar kulit tetap terlindungi dari paparan sinar matahari.