6 Manfaat Penting Melakukan Inovasi Produk

inovasi produk

Inovasi produk dapat diartikan sebagai upaya yang dilakukan pelaku usaha pembuat produk untuk memperbaiki, meningkatkan, dan mengembangkan produk yang diproduksi selama ini.

Produk yang dikembangkan tidak selalu dalam bentuk barang, tetapi bisa berupa peningkatan pelayanan. Inovasi suatu produk ini bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya adalah adanya feedback dari pelanggan, kombinasi hal yang sebelumnya sudah ada, hingga penemuan baru.

Proses inovasi ini harus terus dilakukan sehingga produk menjadi terus berkembang, memiliki peningkatan, hingga mencapai kesempurnaan, yang bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tujuan Melakukan Inovasi Produk

tujuan dari adanya inovasi produk
sumber GridId

Pada sebuah usaha, ada tujuan tertentu yang ingin dicapai ketika melakukan inovasi produk tersebut. Beberapa tujuan melakukan inovasi pada sebuah produk antara lain: 

1. Meningkatkan Kualitas

Umumnya, tujuan untuk melakukan inovasi baik dalam bidang apapun adalah untuk meningkatkan kualitas, termasuk juga berkaitan dengan barang.

Seiring dengan perkembangan waktu, barang yang diciptakan akan semakin usang karena tidak bisa memenuhi kebutuhan pada masa sekarang. Sehingga barang tersebut diberikan sebuah inovasi agar bisa memenuhi kebutuhan pada masa kini.

Alasan lainnya, karena produk yang mendapatkan inovasi diberikan tambahan fitur dan kemampuan baru. Barang dengan fitur atau kemampuan baru dan sejenisnya akan meningkatkan keunggulan dibandingkan barang yang sebelumnya.

Sehingga dengan kata lain, barang yang diberikan tambahan inovasi akan meningkatkan keunggulan dan kualitasnya dibanding sebelumnya.

2. Memuaskan Pelanggan

Pelanggan yang setia pun dapat tergoda dengan produk lain yang lebih inovatif. Mungkin produk lain kemasannya lebih menarik, fungsional, fashionable, atau praktis bisa dibawa ke mana-mana. Jika produk makanan, mungkin produk lain tersebut mengusung rasa baru yang membuat orang penasaran dan ingin mencicipinya.

Kamu memang tetap perlu mempertahankan ciri khas unik dari produkmu. Inovasi bisa diterapkan berdampingan dan tidak menghilangkan ciri khas tersebut. Kamu bisa meluncurkan varian baru atau formula terkini untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dengan melakukan inovasi, pelangganmu akan puas dan bisnismu lebih mudah berkembang.

Baca juga:  7 Langkah Sukses Menjalankan Affiliate Marketing

3. Unggul dari Kompetitor

Jika diibaratkan bisnis ini seperti lomba lari, maka bisnis yang terus melakukan inovasi akan lebih ringan untuk bergerak. Sifat yang fleksibel ini membuat bisnis bisa cepat menghasilkan produk yang lebih unggul dari kompetitor.

Jangan lupa, kompetitor juga terus berusaha melakukan inovasi. Sehingga yang unggul adalah yang inovasinya paling tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan konsumen. Konsumen bebas untuk memilih produk mana yang akan dibelinya.

4. Lebih Efisien

Adanya inovasi produk dapat membuat proses produksi dan distribusi menjadi lebih efisien. Demikian juga dengan fungsi produk itu sendiri. Produk yang tadinya membutuhkan banyak komponen pendukung dapat disederhanakan menjadi satu produk yang multi-fungsi.

Contohnya aplikasi marketplace di smartphone yang terus melakukan inovasi. Jika dahulu orang harus datang ke toko untuk belanja, kemudian ada inovasi belanja online dengan aplikasi.

Kemudian yang tadinya pembayaran harus konfirmasi dengan menyertakan bukti transfer, sekarang sudah otomatis menggunakan virtual account. Layanan kurir pun sudah terintegrasi dengan aplikasi marketplace tersebut.

Jadi ketika barang diterima, di aplikasi marketplace ada notifikasi. Semua runtutan untuk belanja tersebut menjadi jauh lebih efeisien.

5. Mengganti Produk atau Layanan

Sering dijumpai beberapa pemilik usaha menarik atau menghentikan produk atau layanan yang sudah usang dari pasaran, salah satunya adalah pemilik usaha mobil.

Usaha menghentikan produksi atau menarik barang yang sudah ada di pasaran bertujuan untuk memberikan inovasi dengan cara mengganti barang tersebut dengan barang yang lebih baik.

Barang yang sudah usang dihentikan produksinya karena sudah tidak sesuai dengan kondisi terkini. Selain itu, produk yang sudah usang juga sudah tidak bisa dikembangkan lagi.

Sehingga satu-satunya cara dalam berinovasi adalah dengan mengganti produk atau layanannya. Tentu saja dengan tidak menghilangkan fungsi utama dari produk yang sudah usang tersebut.

Baca juga:  Mengenal Digital Nomad, Profesi Seru Penuh Tantangan

6. Sebagai Alat untuk Bertahan

Kondisi perekonomian kadang stabil, namun adakalanya juga terjadi resesi dan krisis. Ketika kondisi perekonomian sedang sulit, banyak bisnis yang tidak mampu bertahan dan akhirnya gulung tikar. Tentu hal seperti ini tidak kamu inginkan, bukan?

Oleh karena itu, inovasi sangat dibutuhkan terutama pada masa-masa sulit. Dengan terus melakukan inovasi, suatu bisnis akan memiliki pondasi yang kuat untuk bertahan. Pondasi ini penting agar bisnis dapat bertahan pada masa sulit dan berkembang pada saat ekonomi stabil.

Manfaat inovasi produk dapat dirasakan bila kamu konsisten untuk melakukan inovasi. Perlahan namun pasti, bisnis yang kamu kelola dapat berkembang serta mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Fungsi Inovasi Produk

peluang pasar

Pemilik usaha dituntut untuk selalu melakukan inovasi pada produk-produknya. Hal ini karena inovasi pada barang dapat berfungsi sebagai bagian dari strategi dan riset pemasaran untuk menarik semakin banyak pelanggan.

Inovasi yang diterapkan pada sebuah produk dapat menarik minat masyarakat untuk mencoba menggunakan barang tersebut.

Inovasi juga berfungsi agar pemilik usaha tidak tergulung oleh arus perkembangan yang ada saat ini. Perkembangan zaman akan menuntut pemilik usaha untuk terus berinovasi sehingga dapat terus bertahan.

Berbagai produk yang tidak bisa berinovasi menurut perkembangan zaman akan perlahan ditinggalkan oleh para pelanggan dan mati. Contohnya adalah telepon rumah yang tergeser oleh telepon seluler.

Apakah Inovasi Produk itu Penting?

Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan, bahwa inovasi produk itu sangat penting dan perlu diterapkan di dalam bisnis. Produk yang telah memiliki inovasi, akan selalu sesuai dengan kebutuhan zaman dan tetap relevan bagi konsumen penggunanya sampai kapanpun. Jika kamu menjual suatu barang dengan inovasi yang bagus dan pelayanan yang ramah, pelanggan pasti akan menyukainya dan membeli kembali. Selamat mencoba

Tags: , , , , , , ,

Berita Terbaru