manfaat jogging

Lakukan dengan Tepat, untuk Mendapatkan Manfaat Jogging bagi Kesehatan

Olahraga jogging adalah salah satu jenis olahraga aerobik, yang merupakan aktivitas fisik yang mendapatkan energi dari kombinasi penggunaan oksigen dengan gula darah atau lemak tubuh. Sebagai salah satu olahraga aerobik, manfaat jogging yang utama adalah untuk meningkatkan kondisi kesehatan jantung dan paru-paru. Jogging dan lari sebetulnya serupa, namun perbedaannya hanya soal intensitas. Jika pada olahraga lari, tubuh bergerak lebih cepat, menggunakan lebih banyak energi, dan membutuhkan kerja lebih keras dari jantung, paru-paru, dan otot tubuh. Sementara olahraga jogging lebih ringan daripada itu. Melakukan jogging secara rutin bisa menjadi latihan ketahanan tubuh sebelum meningkatkan intensitas olahraga menjadi lari.

Manfaat Jogging untuk Kesehatan Fisik

manfaat jogging

Sama seperti jenis-jenis olahraga aerobik yang lainnya, manfaat jogging bagi tubuh secara umum meliputi:

  • Dapat meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh.
  • Menurunkan berat badan, dan menjaga berat badan ideal. 
  • Dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh.
  • Mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes mellitus, hingga beberapa jenis kanker.
  • Mampu memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Membantu untuk mengendalikan kondisi medis kronis, dan untuk meningkatkan kualitas hidup.
  • Memberikan efek positif pada resistensi insulin.
  • Dapat membantu menjaga tulang belakang agar tetap lentur meskipun semakin tua.
  • Mampu memperpanjang angka harapan hidup.

Olahraga jogging mempunyai nilai lebih jika dibandingkan dengan olahraga aerobik lainnya, seperti berenang dan bersepeda. Pasalnya, jogging ini merupakan olahraga weight bearing (sambil menahan beban tubuh) dengan benturan (impact) yang berulang. Olahraga weight bearing dan impact ini sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang, terutama pada tubuh bagian bawah.

Pada saat kita melakukan jogging, maka kedua kaki akan menahan seluruh bobot tubuh. Sementara pada setiap langkah, akan terjadi benturan dengan permukaan aspal atau tanah. Kedua hal tersebut yang tidak terjadi pada olahraga renang dan bersepeda. Walaupun dampaknya terhadap jantung dan paru-paru bisa serupa, namun olahraga jogging adalah pilihan yang lebih baik untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Jadi, mulai sekarang jangan malas untuk melakukan olahraga jogging, ya.

Manfaat Jogging untuk Kesehatan Mental

manfaat jogging

Manfaat jogging tidak hanya terbatas pada kesehatan secara fisik saja, tapi juga kesehatan mental. Berikut ini penjelasannya: 

  1. Membuat perubahan pada otak, karena saat jogging, seseorang harus fokus dan memiliki tekad tinggi untuk pantang menyerah pada kelelahan otot dan halangan lain. Setiap tambahan jarak yang berhasil dilalui, maka akan menambah kepercayaan diri akan kemampuan dalam mengatasi tantangan.
  2. Berlatih jogging dan olahraga lari juga membuat kamu merasakan pencapaian personal, peningkatan kemampuan, dan keyakinan diri setiap kali berhasil mencapai target latihan, baik target jarak maupun waktu. Olahraga ini akan membangkitkan rasa yakin karena berhasil menaklukkan tantangan. 
  3. Olahraga jogging sebagai cara melepas stres yang positif. Mengurangi stres merupakan manfaat jogging dan olahraga lari yang sangat penting nilainya. Selama melakukan jogging, kamu bisa melupakan masalah beberapa waktu saat merasa stres, sehingga bisa memperbaiki kondisi mood.

Sebagai olahraga yang mudah, murah, dan bisa dilakukan di mana saja, manfaat jogging ternyata cukup lengkap, baik untuk kesehatan fisik dan mental. Jika kamu ingin mencoba olahraga yang satu ini, mulailah secara perlahan-lahan, kemudian tingkatkan intensitas latihan secara bertahap untuk hasil yang optimal. Agar lebih menyenangkan, kamu juga bisa mengajak teman atau pasangan untuk pergi jogging bersama. Tentukan rute yang akan dilalui, dengan begitu kamu jadi lebih mudah dalam menentukan target jarak yang harus ditempuh selama jogging.

Cara Berlatih Jogging dengan Tepat

manfaat jogging

Untuk mendapatkan manfaat jogging secara maksimal, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  1. Persiapan yang baik dapat mendukung kenyamanan dan semangat kamu selama melakukan jogging. Di antaranya adalah memilih sepatu lari yang sesuai dengan ukuran kaki dan terasa nyaman di kaki saat dipijak, memilih pakaian yang tepat, menentukan lokasi dan rute yang nyaman, serta konsumsi makanan bernutrisi yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein setidaknya 3 jam sebelum jogging. jogging
  2. Mengikuti pedoman olahraga lari dan jogging, seperti melakukan pemanasan sebelum jogging, hingga pendinginan. Hal penting lainnya adalah memahami teknik jogging. Jika kamu pemula, maka sangat disarankan untuk melakukan jogging dengan cara mengombinasikan berlari dan berjalan. Metode ini bertujuan agar tubuh kamu dapat menyesuaikan diri, tidak cepat kehabisan energi, dan mencegah cedera otot dan sendi. Perhatikan pula postur tubuh dan teknik bernapas saat jogging
  3. Olahraga jogging tidak harus dilakukan setiap hari, karena penting juga untuk mengistirahatkan tubuh di sela jadwal jogging. Frekuensi jogging yang disarankan adalah 2-3 kali per minggu dengan total durasi jogging kurang lebih 1 sampai dengan 2,5 jam per minggunya.
Baca juga:  Psikologi Pendidikan: Tujuan, Konsep, dan Manfaat Mempelajarinya

Manfaat jogging bisa kamu peroleh asalkan jogging dilakukan secara rutin. Akan lebih baik lagi jika jogging dipadukan dengan olahraga lain, seperti berenang, bersepeda, yoga, pilates, maupun angkat beban.

Rishna Maulina

Share