Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan, Penikmat Kopi Wajib Paham!

Jika hujan datang atau cuacanya sedang dingin, apa yang akan kamu lakukan? Pastinya kamu akan mencari sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh, bukan? Untuk menemani kamu di kondisi tersebut, pastilah kamu memilih secangkir kopi atau teh panas. Minum kopi ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya adalah menghilangkan kantuk. Tak heran, saat pagi sebelum bekerja atau malam saat ingin lembur mengerjakan tugas kuliah beberapa orang meminum kopi agar tetap terjaga.

Apakah manfaat kopi terbatas pada hal tersebut? Tentu tidak. Manfaat minum kopi untuk kesehatan sebenarnya bisa diperoleh secara optimal jika kamu meminumnya sesuai takaran. Simak penjelasan mengenai manfaat kopi bagi tubuh yang lebih lengkap pada ulasan di bawah ini.

manfaat minum kopi
Sumber: iStockPhoto

8 Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu manfaat kopi adalah mencegah penurunan fungsi otak. Kabarnya, kandungan dalam kopi bisa membantu menurunkan risiko Alzheimer hingga demensia. Minum kopi sebanyak tiga hingga lima cangkir bisa menurunkan risiko penyakit ini. Namun, tentunya kamu juga perlu menerapkan kebiasaan sehat lainnya yang bisa mengoptimalkan kesehatan otak. Kandungan kopi bisa memperlambat penurunan fungsi otak akibat pertambahan usia.

2. Menjaga Kesehatan Hati

Kopi bisa menjaga kesehatan hati dan melindunginya dari berbagai gangguan penyakit. Orang yang rutin minum kopi memiliki risiko yang rendah mengalami kematian akibat gangguan hati. Mengonsumsi satu cangkir kopi terkait dengan risiko 15 persen lebih rendah, sementara mengonsumsi empat cangkir kopi terkait dengan 71 persen lebih rendah mengalami gangguan hati.

Baca juga:  Apa Itu Gangguan Psikosomatis? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

3. Mencegah Depresi

manfaat minum kopi
Sumber: iStockPhoto

Depresi bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup seseorang. Namun, kamu dapat mencegahnya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Namun, ada cara unik untuk menurunkan risiko penyakit mental ini, yaitu dengan rutin minum kopi. Hal ini karena kopi mengandung antidepresan yang bisa menurunkan risiko depresi.Orang yang minum 4 cangkir kopi setiap hari, memiliki angka depresi lebih rendah daripada kelompok yang mengonsumsi 1 cangkir.

4. Mencegah Diabetes Tipe 2

Manfaat minum kopi untuk kesehatan selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2Pasalnya, mengonsumsi dua cangkir kopi per hari dapat membantu mencegah resistensi insulin. Hal ini dipercaya sebagai khasiat dari kandungan kafein di dalamnya. Kamu dapat merasakan manfaat ini secara optimal jika tidak menambahkan gula atau jenis pemanis lainnya saat mengonsumsi kopi. Hal yang penting untuk diingat juga, jika kamu telah mengidap diabetes, kopi adalah salah satu minuman yang perlu diminimalisir. Ini karena kafein berisiko mempengaruhi kadar gula darah.

5. Menurunkan Berat Badan

Selain menjaga kesehatan organ tubuh, rupanya manfaat kopi bagi tubuh juga dapat mempertahankan berat badan ideal, bahkan menurunkan berat badan. Manfaat ini akan kamu dapatkan apabila meminum kopi tanpa gula supaya rendah kalori. Kandungan kafein dalam kopi mampu mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak pada tubuh. Inilah yang menjadi alasan mengapa minum kopi dapat menjaga berat badan ideal hingga menurunkan berat badan.

6. Menurunkan Risiko Kematian

Manfaat kopi yang tidak ternilai adalah kemampuannya untuk meningkatkan kualitas hidup. Seseorang yang mengonsumsi kopi mampu hidup lebih panjang daripada orang yang tidak menyukai kopi. Minum kopi 2-4 cangkir dapat menurunkan risiko kematian akibat usia maupun berat badan.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat minum kopi selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Minum kopi secara rutin mungkin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Minum 4 atau lebih cangkir kopi per hari disinyalir dapat menurunkan 20% risiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. Meminum kopi secara rutin dalam dosis sedang tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan kardiovaskular.

Baca juga:  Apa Itu PCOS, Penyakit Reproduksi Kaum Hawa?

8. Mengurangi Risiko Kanker

Seperti yang telah disebutkan di atas, kopi mungkin bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker pada organ hati. Minum kopi dapat memengaruhi perkembangan kanker, mulai dari permulaan sel kanker hingga kematiannya. Kandungan kafein dalam kopi dapat mengganggu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Kopi dapat menurunkan beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, kanker hati, kanker endometrium, serta kanker mulut dan tenggorokan.

Efek Samping Kopi untuk Tubuh

Meskipun memiliki banyak manfaat, minum kopi juga ternyata memberikan beberapa efek samping, diantaranya sebagai berikut.

1. Sulit Tidur (Insomnia)

Terlalu banyak minum kopi hitam dapat menyebabkan sulit tidur. Kurangnya waktu tidur akan membuatmu mengantuk di siang hari dan menurunkan produktivitas. Oleh karena itu, batasi asupan kopi hitam dan usahakan untuk tidak meminumnya 6 jam sebelum waktu tidur, agar tidak mengganggu waktu istirahat.

2. Sakit Perut

manfaat minum kopi
Sumber: iStockPhoto

Kopi hitam dipercaya dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jika dikonsumsi secara berlebih, kopi hitam dapat memperburuk kondisi penyakit asam lambung (GERD). Terlalu banyak minum kopi hitam juga dapat menyebabkan sakit perut dan nyeri ulu hati, serta mempercepat kontraksi usus yang mengakibatkan diare.

4. Sering Buang Air Kecil

Kopi hitam adalah minuman yang bersifat diuretik. Ini berarti kopi hitam dapat meningkatkan produksi urine, sehingga membuat kamu sering buang air kecil. Kondisi ini dapat memicu kekurangan vitamin dan mineral, bahkan memengaruhi kesehatan tulang.

Batas Aman dan Waktu Terbaik Konsumsi Kopi

Batas aman konsumsi kopi untuk pria dan wanita dewasa adalah 4 cangkir per hari, dengan kandungan kafein sekitar 400 mg. Sementara untuk wanita hamil, batas konsumsi kopi yang aman adalah tidak lebih dari 2 cangkir per hari, dengan kandungan kafein tidak melebihi 200 mg. Untuk waktu terbaik minum kopi, kamu bisa meminum kopi 2-3 jam setelah bangun tidur. Bisa juga saat coffee break, yaitu kisaran jam 9.30-11.00.

Untuk mendapatkan manfaat kopi hitam dan menghindari efek sampingnya, kamu disarankan untuk mengonsumsi kopi dalam batas wajar. Namun, jika memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalnya denyut jantung tidak teratur atau tekanan darah tinggi, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui batas aman konsumsi kopi yang sesuai.