manfaat niacinamide
Sumber: Freepik

8+ Manfaat Niacinamide untuk Anti Aging dan Pencerah Kulit Alami

Niacinamide adalah satu skincare ingredient yang semakin populer berkat kandungan baiknya dalam merawat kulit. Sebagai bentuk vitamin B3 yang memperbaiki semua jenis masalah kulit, manfaat niacinamide perlu kamu dalami lebih detail. Inilah yang harus kamu ketahui lebih dalam tentang manfaat niacinamide itu apa serta bahan apa saja yang tidak boleh dicampur saat diaplikasikan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Saja Manfaat Niacinamide untuk Kesehatan Kulit?

Niacinamide (Niacin) termasuk dalam senyawa vitamin B3 yang merupakan antioksidan penting untuk memperbaiki sel kulit, jerawat, masalah pigmentasi, hingga kerutan. Niacinamide menawarkan banyak manfaat restoratif dari dalam ke luar kulit. SImak daftar lengkapnya:

1. Meningkatkan Skin Tone dan Memudarkan Bintik Gelap

Jika kamu memiliki bintik gelap karena kerusakan akibat sinar matahari, pertimbangkan untuk memudarkannya. Dalam konsentrasi tertentu, manfaat niacinamide terbukti mampu memblokir enzim yang bertanggung jawab memproduksi pigmentasi dan memperbaiki warna kulit. Studi Journal of Drugs in Dermatology pada 2016 lalu, mengamati produk yang mengandung campuran pencerah kulit yang efektif, termasuk retinol, antioksidan resveratrol, dan niacinamide. Penggunaan bahan aktif ini membantu mengurangi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit setelah 4 jam aplikasi.

2. Menenangkan Jerawat yang Meradang

Manfaat niacinamide adalah membantu menyeimbangkan produksi sebum untuk mengurangi potensi jerawat. Terlebih lagi, bahan ini dikenal sebagai anti-inflamasi yang bagus untuk menenangkan jerawat yang meradang dan meminimalkan kemerahan. Gel niacinamide juga dinilai sama efektifnya dengan antibiotik topikal untuk mengobati jerawat.

3. Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat SInar UV

Radikal bebas (molekul tidak stabil) yang merusak sel kulit sehat disebabkan oleh paparan sinar UV, polusi, stress, kurang tidur, dan faktor lainnya. Jika berlangsung terus-menerus, akan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan perubahan warna kulit. NIacinamide dikenal baik memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan tersebut dan memperbaiki kulit lebih sehat dan awet muda.

Baca juga:  8+ Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Alami Makin Terpancar

4. Mencerahkan Kulit

Sumber: Freepik

Kandungan Nicotinamide/Niacinamide membantu memulihkan energi sel kulit, memperbaiki DNA yang rusak, serta melawan stressor internal dan eksternal yang menyebabkan perubahan warna kulit. Penggunaan skincare dengan niacinamide secara tepat dan teratur, akan membantu mencerahkan kulit yang kusam dan nampak tua.

5. Meningkatkan Hidrasi Kulit

Jika diaplikasikan bersama dengan bahan pelembap seperti glycerin dan hyaluronic acid, maka kemampuan niacinamide semakin meningkat untuk memberi hidrasi ekstra pada kulit. Bahan aktif ini juga mendukung produksi Ceramide, yaitu lemak alami di kulit yang membantu menguatkan skin barrier, mencegah dehidrasi, dan meredakan iritasi.

6. Mengurangi Iritasi Kulit

Manfaat baik berikutnya dari produk niacinamide adalah mendukung perawatan anti aging yang aman dan tidak mengiritasi kulit. Di samping menggunakan bahan anti aging yang mengelupas sel kulit mati, seperti retinol dan AHA, aplikasikan Niacinamide yang dapat menenangkan kulit dan mengurangi iritasi.

7. Menangkal Penuaan Dini

Berikutnya, manfaat penggunaan niacinamide membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Caranya dengan meningkatkan produksi kolagen yang semakin menurun seiring bertambahnya usia. Produksi kolagen yang baik, mampu menghaluskan kerutan dan mengurangi perubahan warna. Bahan aktif ini aman sebagai anti aging untuk jenis kulit kering, sensitif, hingga berjerawat. 

8. Atasi Kulit Berminyak dan Berjerawat

Fungsi dari Niacin dapat membantu mengontrol dan menyeimbangkan produksi sebum sehingga jerawat akan berkurang. Zat aktif ini dikenal dengan sifat anti-inflamasinya serta menenangkan jerawat meradang dan kemerahan. Ditambah, Niacin sama efektiknya dengan produk antibiotik topikal untuk jerawat.

Bahan Aktif yang Boleh Digunakan Bersama

Niacinamide bisa kamu temukan di berbagai jenis produk skincare, seperti sunscreen, pelembap, krim malam, dan serum. Tentu selain memeriksa konsentrasi Niacinamide, lihat juga bahan aktif lain yang terkandung dalam produk tersebut. Pada dasarnya, Niacin boleh dicampur dengan hampir semua bahan dalam rutinitas skincaremu. Hal ini karena sifat Niacin yang anti inflamasi dan minim reaksi negatif.

Niacin sering dipasangkan dengan AHA yang mengelupas sel kulit mati, sehingga memudahkan niacinamide menembus kulit secara efektif. Campuran bagus lainnya untuk produk niacin adalah hyaluronic acid dan salicylic acid. Hyaluronic acid merupakan kombinasi bagus untuk mengatasi kekeringan, sementara salicylic acid membantu menyembuhkan jerawat dan menjaga pori-pori tetap bersih.

Baca juga:  6 Cara Mengatasi Kulit Bertekstur Jadi Lebih Halus dan Glowing, Ampuh!

Bahan Aktif yang Tidak Boleh Dicampur

Jangan campur niacinamide dan vitamin C. Meski sama-sama antioksidan, vitamin C adalah salah satu bahan yang tidak boleh dicampur dengan Niacin atau digunakan secara berurutan. Hal ini karena keduanya dapat berpotensi menimbulkan reaksi negatif pada kulit saat digunakan bersama. Untuk cara yang lebih aman, saat layering serum, berikan jeda waktu antara vitamin C dan niacin setidaknya 10 menit.

Adakah Efek Samping dari Niacinamide?

Kita memahami bahwa niacinamide adalah bahan yang ampuh untuk melembapkan dan mencerahkan kulit. Namun apabila digunakan dalam konsentrasi tinggi, dapat memicu iritasi kulit. Jadi saran penggunaannya pada konsentrasi rendah dalam satu formulasi produk. Pada dasarnya, jangan terlalu sering menggunakan bahan aktif ini, kamu mungkin dapat mengalami kemerahan bahkan dermatitis.

Rekomendasi Produk Niacin untuk Semua Jenis Kulit

1. Cerave Facial Moisturizing Lotion 

Sumber: CeraVe

Pelembap wajah ultra-lightweight ini cocok digunakan sebagai last step dalam rutinitas skincare malam. Mengandung Niacinamide untuk membantu menenangkan kulit dan menggunakan Teknologi MVE untuk menghidrasi kulit sepanjang malam. Selain itu, kandungan hyaluronic acid juga membantu mempertahankan kelembapan kulit. Semua produk CeraVe dibekali 3 essential ceramides untuk membantu memperbaiki skin barrier. Cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kering, sensitif, berminyak, dan berjerawat.

2. Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum 20 ml

Sumber: somethinc.com

Produk serum lokal terbaik dari Somethinc ini dilengkapi Niacinamide untuk menghilangkan flek hitam, hiperpigmentasi, jerawat, dan mencerahkan kulit kusam. Zat Niacin dan beet root extract-nya, bekerja memperkuat skin barrier, melawan radikal bebas, dan melembapkan kulit. Serum glowing ini cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kering dan sensitif. 

Baca juga: Beda Krim Retinoid dan Retinol sebagai Skincare, Ini Cara Tepat Memakainya!

Pastikan sebelum memakai produk skincare apapun, periksa bahan aktif dan petunjuk pemakaiannya yang benar. Dalam hal ini, maksimalkan manfaat Niacinamide pada produk skincare pilihanmu untuk mendapatkan hasil kulit yang sehat, awet muda, dan anti penuaan dini. Hentikan produk jika kamu mengalami reaksi negatif seperti kemerahan atau iritasi. Untuk langkah yang lebih tepat dan aman, konsultasikan dengan dokter kulit masing-masing dalam memilih produk skincare yang cocok untuk kebutuhan kulitmu.

Share