10 Manfaat Oatmeal dan 5 Resepnya untuk Diet

Dewasa ini, banyak orang-orang yang menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit. Salah satu pilihan makanan sehat yang bisa kamu konsumsi adalah oatmeal. Biji-bijian ini terbuat dari oat (Avena sativa) yang direbus bersama dengan air, susu, atau sari buah-buahan. Berbagai macam kandungan nutrien penting di dalamnya menjadikan oatmeal baik sekali untuk dikonsumsi sehari-hari. Manfaat oatmeal pun beragam, mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

Dalam setengah cangkir atau 78 gram oat kering mengandung 300 kalori, ada kandungan nutrien penting berikut: 50 gram karbohidrat, 8 gram serat, 5 gram lemak, 13 gram protein, serta berbagai macam mineral dan vitamin. Terdapat juga kandungan antioksidan berupa polifenol, avenanthramides dan fitoestrogen. Sembari mengunyah oatmeal, yuk kita simak penjelasan lebih dalam mengenai manfaat dan juga beberapa resep oatmeal yang bisa kamu pakai untuk sarapan.

Sumber: Freepik

10 Manfaat Oatmeal

Berikut ini adalah beberapa manfaat oatmeal yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan juga kecantikan:

1. Menurunkan Berat Badan

Oatmeal diketahui dapat mengontrol tingkat rasa lapar dan meningkatkan produksi hormon kenyang berkat kandungan air dan beta-glucan (serat larut) yang tinggi di dalamnya. Oatmeal tak hanya sebagai menu sarapan yang lezat dan sehat, tetapi juga mengenyangkan perut. Dengan manfaat ini, mengonsumsi oatmeal akan menyebabkan penurunan asupan kalori, menurunkan berat badan, sekaligus menurunkan risiko obesitas.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat unik yang bernama beta-glucan pada oatmeal diketahui berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total, terlebih bagi penderita hiperlipidemia atau kolesterol tinggi. Tak hanya itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan antioksidan avenanthramides dalam oatmeal baik untuk menurunkan tekanan darah sehingga dapat mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

3. Mengendalikan Kadar Gula dalam Darah

Sumber: iStockPhoto

Manfaat oatmeal berikutnya adalah menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, konsumsi oatmeal dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terutama bagi penderita obesitas dan diabetes tipe 2. Lagi-lagi, kandungan serat beta-glucan pada oatmeal dapat menunda penyerapan gula ke dalam darah.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Tak diragukan lagi, kandungan serat dan air pada oatmeal sangatlah melimpah, bahkan diketahui lebih baik dari kandungan serat pada buah-buahan dan sayuran. Dengan kandungan serat yang tinggi, mengonsumsi oatmeal diketahui dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan dan mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, dan sindrom iritasi usus besar.

Baca juga:  Rahim Terbalik, Apakah Masih Bisa Hamil? Kenali Gejalanya!

5. Mengurangi Risiko Asma

Penyakit asma merupakan penyakit kronis bawaan yang sering dialami oleh anak-anak. Beberapa gejala asma antara lain batuk terus menerus, suara mengi, dan sesak nafas. Untuk mencegah atau mengurangi risiko penyakit asma pada anak-anak, pengenalan pada makanan berbahan gandum seperti oatmeal dirasa perlu ketika bayi masih berada di bawah usia 6 bulan. Asma sendiri terjadi akibat adanya peradangan pada saluran pernapasan yang mengalirkan udara dari dan ke paru-paru. Selain oatmeal, makanan lain yang dapat mengurangi risiko asma adalah sereal gandum, ikan, dan telur.

6. Mengandung Antioksidan

Manfaat oatmeal yang mengandung antioksidan yang tinggi khususnya polifenol dapat membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Antioksidan polifenol yang merupakan senyawa nabati yang kaya akan avenanthramides dapat memberikan manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, memperlancar peredaran darah, dan mengurangi peradangan, mencegah iritasi kulit ataupun rasa gatal, serta menjaga kesehatan jantung.

7. Kulit Sehat

Oatmeal sangat ideal dalam membuat kulit menjadi sehat dan terhindar dari iritasi. Kandungan seperti zinc yang bisa membersihkan kulit dari racun dan zat berbahaya lainnya. Selain itu, juga terdapat magnesium yang mampu memperlancar sistem peredaran darah dan mengganti sel-sel kulit baru. Hal tersebut dapat membuat kulit wajah sehat, lho.

8. Penuh Energi

Oatmeal punya banyak kandungan karbohidrat dan serat yang bisa menambah energi untuk tubuh. Bukan hanya mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama, tapi rajin sarapan oatmeal juga sangat baik untuk diet. Jadi dianjurkan mengonsumsi oatmeal sebagai sarapan. Kandungan kalori dalam setengah cangkir atau 78 gram oat kering mengandung 300 kalori.

9. Mengatasi Jerawat

Sumber: iStockPhoto

Kamu dapat menggunakan oatmeal sebagai masker wajah. Kandungan antioksidan di dalam oatmeal berperan penting sebagai anti radang. Oatmeal juga mengandung mineral yang bisa mengontrol hormon penyebab jerawat. Kamu dapat menambahkan madu dalam masker oatmeal.

10. Membersihkan Kulit sampai Ke Pori-Pori

Kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori kulit dapat menyebabkan masalah seperti komedo dan jerawat. Maka dari itu, penting untuk membersihkan pori-pori kulit. Sayangnya bagian ini sangat sulit dilakukan. Tapi tenang saja, karena oatmeal ternyata bisa membersihkan pori-pori kulit. Kandungan saponin dalam oatmeal membuat sel kulti mati dan seluruh kotoran di pori-pori terangkat. Dengan demikian kulit akan lebih halus.

5 Resep Oatmeal untuk Sarapan

Setelah mengetahui 10 manfaat oatmeal untuk kesehatan dan kecantikan, pastinya kamu ingin segera mengkonsumsinya sebagai alternatif sarapan. Kamu dapat memanfaatkan 5 resep ini sebagai pilihan.

1. Oatmeal dan Chia Seed

Sumber: iStockPhoto

Bahan: 200 ml susu kedelai; 4 sdm oatmeal; 2 sdm cocoa powder; 1 buah pisang; 1 sdm madu; 1 sdm chia seed

Cara Membuat:

  • Masukkan oatmeal dan susu kedelai ke dalam panci. Hangatkan dan aduk rata.
  • Masukkan cocoa powder dan chia seed, masak hingga mendidih selama 1 menit.
  • Lumatkan pisang, masukkan ke dalam oatmeal. Aduk rata, matikan api. Masukkan madu, aduk rata lagi.
  • Oatmeal coklat siap dinikmati. Beri topping potongan pisang dan chocochips jika suka.
Baca juga:  Hamil Muda? Ini Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan yang Biasa Terjadi

2. Oatmeal Gurih Telur

Sumber: iStockPhoto

Bahan: 6 sdm oat; daging dada ayam fillet, potong dadu; 4 buah tomat ceri; 2 sdm kaldu ayam; 1 butir telur ayam; bubuk cabai secukupnya; garam dan merica secukupnya; cabai rawit (opsional, sesuai selera); 400 ml air

Cara membuat:

  • Rebus dada ayam sampai matang, sisihkan
  • Masak telur goreng mata sapi (boleh setengah matang atau matang sempurna, pilih sesuai selera), sisihkan
  • Masak oat dan air, lalu aduk sampai rata sampai mengental
  • Masukkan daging ayam yang sudah matang, kaldu ayam, cabai rawit, garam, dan merica secukupnya
  • Setelah matang, angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk
  • Tambahkan bubuk cabai secukupnya
  • Tambahkan juga telur dan tomat ceri sebagai topping
  • Nikmati selagi hangat dan ditemani secangkir kopi atau teh panas

3. Udang Goreng Oatmeal

Sumber: Cookpad

Bahan: 500 gr udang ukuran sedang, kupas kulitnya; 1 sdt garam; 2 sdt merica bubuk

Tepung pelapis: 2 sdm tepung beras; 2 sdm tepung terigu; 1/2 sdt garam halus; 1 butir telur, kocok lepas

Bahan oatmeal: 100 gr oatmeal; 2 sdm margarin; 3 siung bawang putih, cincang; 2 buah cabai rawit, iris tipis; 2 batang daun bawang, iris tipis; 4 lembar daun jeruk, iris tipis; 1 sdt gula pasir; 1 sdt garam

Cara membuat:

  • Rendam udang dengan garam dan merica bubuk. Campurkan bahan tepung pelapis kecuali telur.
  • Balut udang dengan tepung, lalu celup ke dalam telur, balut lagi dengan tepung. Lakukan hingga habis.Goreng udang hingga matang, angkat dan tiriskan.
  • Tumis bawang putih hingga harum, masukkan cabai rawit, daun bawang dan daun jeruk, aduk sebentar. Masukkan margarin, masak hingga harum.
  • Masukkan oatmeal, garam dan gula, aduk rata dan tumis hingga berubah agak kecokelatan. Masukkan udang dan aduk rata.
  • Udang goreng oatmeal siap sajikan hangat.

4. Oatmeal Granola

Sumber: iStockPhoto

Bahan: 3 sdm oat; 300 ml susu cair; 2 sdt biji chia; 3 sdm granola; 1/2 sdt bubuk vanili

Cara membuat:

  • Campurkan oat dengan susu cair. Masak sebentar di atas kompor atau cukup dicampurkan di dalam mangkok
  • Tambahkan biji chia, vanili, dan sedikit garam. Lalu aduk sampai rata
  • Tuangkan ke mangkok dan tambahkan granola sebagai topping
  • Tambahkan madu jika menyukai oatmeal dengan rasa yang manis atau yoghurt tanpa rasa untuk menambah kesegaran

5. Nasi Goreng Oatmeal

Sumber: iStockPhoto

Bahan: 4 sdm rolled oats; 1 buah wortel, potong korek api; 1/2 buah jagung, dipipil; 1 butir telur; 1 sdt minyak kelapa; air secukupnya

Bumbu Halus: 2 siung bawang putih; 1/4 sdt garam; 1/4 sdt lada putih; 1/4 sdt kaldu jamur

Cara Membuat:

  • Sangrai rolled oats di wajan anti lengket dengan api kecil sampai agak kecokelatan.
  • Tuang air sedikit demi sedikit sampai tekstur oatmeal menyerupai nasi. Angkat dan sisihkan.
  • Panaskan minyak kelapa. Tumis bumbu halus hingga wangi.
  • Masukkan wortel dan jagung. Tambahkan air sedikit, masak hingga matang.
  • Masukkan oatmeal. Aduk rata.
  • Masukkan telur. Aduk rata. Koreksi rasa. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan.

Itulah informasi lengkap tentang 10 manfaat oatmeal dan resepnya. Semoga dapat membantumu untuk mewujudkan gaya hidup sehat, ya!