Simak 7 Manfaat Penting Sarapan Pagi bagi Kesehatan Ini!

Sebelum memulai hari, persiapkan dirimu dengan sarapan yang menyehatkan. Namun kebanyakan orang tidak sarapan dengan alasan terburu-buru. Hal ini menyebabkan mereka mengalami kelaparan, hingga tidak fokus dalam melakukan suatu kegiatan. Padahal, manfaat sarapan pagi itu penting untuk kesehatan tubuh.

Orang dewasa yang secara teratur sarapan sehat setiap pagi dapat mengontrol berat badannya. Sedangkan sarapan sehat yang dilakukan secara rutin oleh anak-anak bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka dan berkonsentrasi lebih baik di sekolah. Apa lagi ya, manfaat dari menyarap di pagi hari? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Sumber: Freepik

7 Manfaat Penting Sarapan Pagi

Melewatkan sarapan secara tidak langsung akan membuat jam biologis tubuh jadi terganggu. Berikut manfaat-manfaat sarapan yang perlu kamu ketahui, agar kamu bisa memulai kebiasaan untuk menyantap sarapan pagi:

1. Memberikan Asupan Nutrien

Saat seseorang terbiasa untuk menyarap, mereka cenderung memiliki pola makan sehat secara keseluruhan. Sarapan dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh. Berkaitan dengan hal tersebut, sebaiknya kamu memang tidak mengonsumsi kudapan yang berat di pagi hari. Sebaiknya kamu mengonsumsi sereal gandum utuh, buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, telur rebus, ayam, susu rendah lemak atau keju. Kombinasikan kudapanmu dengan karbohidrat kompleks, protein, serat, serta sedikit lemak, agar kamu merasa kenyang lebih lama.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sumber: iStockPhoto

Mereka yang membiasakan diri untuk sarapan cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan. Sarapan mampu mendorong metabolisme sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol berkurang. Selain meningkatkan imunitas, sarapan juga dapat membuat mood lebih baik daripada tidak menyarap.

3. Mengoptimalkan Kemampuan Kognitif Otak

Manfaat sarapan juga baik untuk otak. Otak juga mendapatkan nutrisi dari sarapan sehingga otakmu dapat berpikir lebih baik dan cepat. Saat sarapan, otak kembali mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dalam bentuk glukosa dan glikogen. Kemudian, otak akan mendapatkan sinyal jika tubuh telah siap melakukan aktivitas hari ini. Jika kebutuhan glukosa tidak terpenuhi, kamu akan merasa sulit untuk berkonsentrasi, dan merasa cepat lelah.

Baca juga:  Kamu Perlu Coba! 4 Obat Flu Alami yang Mudah Didapatkan

4. Menjaga Berat Badan

Sumber: iStockPhoto

Alih-alih menambah berat badan, sarapan justru akan menjaga berat badanmu agar tetap ideal. Logikanya, jika kamu sudah sarapan di pagi hari, saat menjelang siang, maka kamu tidak akan kalap untuk makan. Hal tersebut dipercaya dapat membantu program diet seseorang. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan diri untuk mengonsumsi sarapan di pagi hari.

5. Mengontrol Gula Darah

Melewatkan sarapan dapat mengakibatkan gula darah menurun. Jika tidak ditangani, kamu bisa lemas, berkeringat dingin, dan merasa sangat lapar. Untuk mencegah penurunan kadar gula darah, disarankan rutin sarapan pagi agar gula darah tetap normal.

6. Mengontrol Kolesterol

Sumber: Freepik

Menurut sebuah studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat yang tidak sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. Rutin sarapan pagi ternyata dapat meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular. Namun, manfaat sarapan tersebut hanya bisa didapat jika kamu mengkonsumsi menu sarapan yang sehat dan bergizi sehingga kadar kolesterol LDL menurun.  Kemudian, sarapan sehat juga dapat meningkatkan sel-sel otot jantung sehingga terhindar dari penyakit stroke dan serangan jantung.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Saat tidur, tubuh tidak memperoleh asupan sama sekali. Hal ini menyebabkan kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi saat sarapan dapat menjadi sumber energi untuk beraktivitas. Namun, jika melewatkan sarapan, maka tubuh akan mengambil cadangan gula dari lapisan liver dan otot, yang disebut dengan glycogen. Padahal, kekurangan glycogen dapat menyebabkan metabolisme tidak seimbang, seperti diabetes maupun obesitas.

5 Rekomendasi Menu Sarapan Lokal dan Internasional

Setelah mengetahui 7 manfaat sarapan, pastinya kamu bisa memulai kebiasaan baik untuk tubuh ini besok pagi, ya. Berikut 5 rekomendasi menu sarapan yang bisa kamu santap di pagi hari.

Baca juga:  Di Rumah Aja! Inilah Macam-macam Olahraga untuk Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

1. Olahan Telur

Sumber: Pinterest

Satu butir telur mengandung 7 gram protein berkualitas, berbagai vitamin, dan mineral. Telur adalah olahan menu mudah direbus, digoreng, dan lain-lain. Beberapa olahan telur yang bisa kamu konsumsi untuk sarapan adalah telur orak arik, omelette, dan Egg Benedict. Untuk menghindari terlalu banyak konsumsi kolesterol, jangan terlalu sering mengonsumsi telur, terutama bagian kuningnya.

2. Roti Isi

Sumber: Pinterest

Jika mendengar menu sarapan sehat dan praktis, tentu tak bisa lepas dari roti isi atau sandwich. Saat mengonsumsi roti isi, selalu ingat bahwa kandungan gizi keseluruhanmu harus lengkap. Apabila rotimu hanya dioles mentega, minumlah susu dan makan buah untuk tambahan protein dan serat. Apabila memungkinkan, pilih roti isi sayuran dan telur yang gizinya lebih lengkap. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan roti gandum alih-alih roti biasa. Menu ini bisa digunakan bagi orang yang sedang melakukan diet, lho.

3. Oatmeal

Sumber: Pinterest

Menu sarapan sehat selanjutnya adalah oatmeal. Kandungan nutriennya cocok untuk diet, seperti karbohidrat, serat, lemak, protein, serta berbagai macam mineral dan vitamin. Terdapat juga kandungan antioksidan berupa polifenol, avenanthramides dan fitoestrogen. Bereapa olahan oatmeal yang bisa kamu masak untuk sarapan antara lain oatmeal dan chia seed, nasi goreng oatmeal, hingga udang goreng oatmeal.

4. Bubur Ayam

Sumber: Pinterest

Selain enak, bubur ayam juga baik untuk kesehatan. Menu sarapan ini memiliki banyak serat dan mikronutrien yang sehat. Kalori bubur ayam juga dibutuhkan untuk memberikan energi untuk memulai kegiatan. Kira-kira jumlah kalorinya mencapai 1.000 kalori per satu porsi bubur ayam. Semakin banyak topping yang kamu tambahkan, maka semakin bertambah pula kalori yang kamu makan. Meskipun bubur ayam sehat sebagai sarapan, tapi tetap perhatikan kalori yang masuk ke dalam tubuh kamu, ya.

5. Coto Menggala

Sumber: Cookpad

Seperti namanya, penyajian makanan khas Kalimantan Tengah ini menggunakan bahan dasar menggala atau singkong yang direbus bersamaan dengan kuah soto. Selain bahan dasar dan penggunaan rempah yang beragam, coto menggala biasanya disajikan dengan rebusan ceker atau sayap ayam. Untuk pelengkapnya, kamu bisa menambahkan bihun, wortel, suwiran ayam, irisan telur dadar, dan remasan kerupuk udang. Cocok untuk sarapan di pagi hari, bukan?

Nah, itu dia 7 manfaat penting dari menyarap di pagi hari. Kamu tidak perlu mengkonsumsi makanan berat kalori. Cukup dengan konsumsi buah, sereal, protein rendah lemak, dan susu untuk membantumu menjalani aktivitas harianmu.