Inilah 10 Manfaat Selada Air dan Olahannya, Berkhasiat bagi Anak

Salah satu sayuran yang sering digunakan untuk MPASI anak adalah selada air. Manfaat selada air untuk anak sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Salah satu diantara manfaatnya adalah dapat meningkatkan imunitas dan daya kognitif. Selada air mengandung beberapa gizi dan nutrien penting, salah satunya asam amino esensial yang berguna untuk pembentukan beberapa protein.

Selain itu, kandungan air pada selada sangat tinggi. Tidak heran jika selada air cukup penting dalam Kesehatan anak. Selada telah dikonsumsi manusia sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Bahkan, sejarah menyebutkan bahwa tanaman ini telah dibudidayakan oleh bangsa Mesir kuno lebih dari 4.500 tahun yang lalu untuk diambil daun dan minyak bijinya. Jika kamu ingin mengetahui lebih jelas manfaat selada air bagi tumbuh kembang anak, simak penjelasannya di bawah ini.

Sumber: freepik

10 Manfaat Selada Air bagi Anak

1. Tinggi Zat Besi

Salah satu mineral penting yang terkandung dalam selada air adalah zat besi. Mineral ini berfungsi dalam produksi sel darah merah. Salah satu komponen penting dari sel darah merah adalah hemoglobin. Hemoglobin penting untuk tubuh karena berfungsi sebagai pengantar oksigen ke selutuh organ dan sel-sel tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C dalam sayuran ini dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan benar. Sehingga nantinya akan mencegah anemia karena kekurangan zat besi.

2. Kandungan Vitamin yang Beragam

Selada merupakan sumber aneka vitamin yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tubuh bayi. Vitamin yang terkandung dalam selada antara lain: vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Semua vitamin itu merupakan sumber nutrisi yang baik dan mudah diolah menjadi berbagai makanan untuk MPASI.

3. Kaya Antioksidan

Manfaat selada air untuk anak selanjutnya adalah menangkal radikal bebas, karena mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan merupakan sebuah senyawa yang mampu menangkal serangan radikal bebas yang dapat menyerang siapa saja, terutama anak-anak. Radikal bebas memiliki risiko dalam menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam jangka lama. Dengan kata lain, manfaat selada air dapat menjaga tubuh anak tetap sehat dan meminimalisasi risiko penyakit serius di masa depan.

Baca juga:  7+ Tips Seru Mengajarkan Basic Manners pada Anak

4. Mencegah Dehidrasi

Sumber: freepik

Tubuh bayi memerlukan asupan air untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Untuk memenuhi asupan air itu bukan hanya dari minum air mineral saja, tetapi juga dari konsumsi buah dan sayuran yang tinggi kandungan air. Dengan begitu, kadar air dalam tubuh tetap tercukupi dengan baik. Sesuai namanya, selada air memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga sangat baik dimanfaatkan untuk mencegah dehidrasi.

5. Neuroprotektif

Salah satu keuntungan rutin mengonsumsi selada adalah sifat antioksidannya yang juga berguna untuk melindungi neuron. Neuron adalah sel-sel otak yang terkoneksi untuk menciptakan memori. Kerusakan neuron dapat mengakibatkan kehilangan ingatan atau menurunkan tingkat kecerdasan. Untuk itu, selada bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan sayuran untuk melindungi kesehatan otaknya.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan anti-karsinogenik menjadi salah satu penyebab kenapa daun selada air memiliki rasa yang agak pahit. Meskipun punya rasa yang kurang diminati oleh anak, nyatanya manfaat selada air satu ini cukup berguna dalam melawan timbulnya sel kanker. Anti-karsinogenik ini mampu menstimulasi atau merangsang sistem imun dan melindungi sel-sel di dalam tubuh. Salah satu perlindungan yang didapatkan dari manfaat selada air ini terdapat pada sel darah putih. Anti-karsinogenik mampu memperbaiki kerusakan DNA pada sel darah putih

7. Meningkatkan Imunitas

Selada air yang masih segar memiliki konsentrasi asam karbonat (Vitamin C) yang lebih tinggi dari beberapa jenis buah-buahan dan sayuran. Dari 100 gram daun selada air segar mampu memberikan 47 mg vitamin C. Sebagai antioksidan, manfaat vitamin C berfungsi untuk membantu mengatasi radikal bebas. Studi laboratorium menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya vitamin C secara teratur dapat membantu menjaga jaringan ikat normal, mencegah kekurangan zat besi, serta dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, seperti infeksi saluran pernafasan, sinusitis, dan lain sebagainya.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat yang satu ini hadir berkat kandungan vitamin K yang baik untuk tulang serta menjadi salah satu komponen penting dalam pembentukan jaringan tulang yang kuat dan sehat. Manfaat selada air lainnya adalah kandungan kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang dapat memperkuat dan mempertahankan fungsi tulang agar tetap berjalan secara optimal.

Baca juga:  Lakukan dengan Tepat, untuk Mendapatkan Manfaat Jogging bagi Kesehatan

9. Menjaga Fungsi Metabolisme Tubuh

Sumber: freepik

Selada air kaya akan manfaat vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin dan asam pantotenat yang penting untuk fungsi metabolisme agar tetap optimal. Selain itu, selada air mengandung zat klorofil dalam jumlah yang banyak. Klorofil merupakan sumber daya yang luar biasa dari berbagai enzim yang mendukung dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Enzim ini membantu tubuh dalam menyerap berbagai nutrisi dan memastikan pencernaan berlangsung dengan cara yang benar.

10. Meningkatkan Daya Kognitif

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi setidaknya 800 mcg folat setiap hari dapat meningkatkan daya kognitif dan kefasihan lisan. Adapun kadar vitamin-K dalam selada air membantu mengurangi resiko kerusakan saraf di otak, dengan demikian selada air dapat berperan dalam pengobatan pasien yang menderita penyakit Alzheimer.

Olahan Selada Air untuk Anak

Adapun olahan yang bisa kamu buat sebagai menu MPASI untuk bayi adalah sebagai berikut.

Oseng Tahu Selada Air

Sumber: yummy.com

Bahan:

1 ikat selada air, 1 buah tahu, 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 tomat iris, 1 sendok makan saus tiram, serta garam dan merica secukupnya.

Cara Membuat:

  • Iris bawang merah dan bawang putih, kemudian tumis hingga harum.
  • Masukkan selada air yang sudah dipotong, tahu matang, dan irisan tomat. Tumis hingga layu.
  • Tambahkan garam, merica, dan saus tiram, aduk hingga rata dan matang. Sajikan selagi hangat.

Sop Ayam Selada Air

Sumber: Cookpad

Bahan:

800 ml air, 250 gr ayam fillet, 1 buah wortel yang dipotong bulat, 1 ikat selada air, setengah batang daun bawang yang diiris serong, 2 siung bawang putih yang diiris, 1 sendok teh garam, dan 1 sendok teh bumbu penyedap.

Cara Membuat:

  • Tumis irisan bawang putih hingga harum, kemudian tambahkan air.
  • Masukkan potongan ayam fillet dan wortel, masak pada api sedang hingga ayam matang.
  • Masukkan selada air, daun bawang, garam, dan bumbu penyedap. Tes rasa, kemudian sajikan.

Cah Selada Air

Sumber: Cookpad

Bahan:

1 ikat selada air yang dipotong, 3 buah bawang putih yang sudah digeprek dan dicincang halus, gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya.

Cara Membuat:

  • Tumis bawang outih hingga harum, kemudian tambahkan air sedikit.
  • Masukkan selada air, aduk hingga layu.
  • Berikan bumbu garam, gula, dan kaldu bubuk. Tes rasa, kemudian sajikan selagi hangat.

Meskipun selada air kaya akan manfaat, penting bagi Ibu untuk coba konsultasikan ke dokter terlebih dahulu terkait jumlah konsumsi selada air per harinya kepada dokter. Pasalnya, di balik manfaat selada air yang positif, anak Ibu tetap membutuhkan asupan protein hewani dari susu, telur, ikan, dan daging-dagingan. Secara umum, selada tidak mengandung bahan-bahan yang memicu alergi. Tetapi alangkah baiknya memberikan selada dalam bentuk yang sudah matang pada bayi. Entah itu dikukus atau ditumis. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi reaksi alergi yang bisa saja muncul.