5 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit Wajah Cantik dan Sehat

Ada salah satu bahan skincare oil yang tidak begitu populer namun layak untuk kamu pertimbangkan manfaatnya, yaitu tamanu oil. Sering kali disebut sebagai essential oil, tamanu oil sebenarnya adalah jenis minyak kacang berlemak (fatty nut oil). Bahan alami ini dapat digunakan bersama essential oil untuk melembapkan dan merawat kulit. Yuk terus simak artikel berikut ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat tamanu oil yang membuat kulitmu semakin sehat.

Manfaat Tamanu Oil untuk Kecantikan Kulit Wajah

Tamanu oil berasal dari biji pohon kacang tamanu asli dari Asia Tenggara. Minyak alami ini telah digunakan secara medis selama berabad-abad oleh budaya orang-orang Asia, Afrika, dan Pulau Pasifik. Dalam bentuk murninya, minyak ini memiliki konsistensi yang kental, warna hijau tua, serta aroma yang deep dan earthy. Pada banyak produk skincare, minyak tamanu sering ditulis sebagai Calophyllum inophyllum seed oil. 

Selain bermanfaat untuk melembapkan kulit, minyak tamanu juga menawarkan banyak manfaat lainnya untuk kulit wajah.

Baca juga:  Kapan Mulai Perawatan Anti Aging? Ini 7 Bahan Aktif Andalannya

1. Kaya akan Asam Lemak (Fatty Acid)

Minyak tamanu mengandung asam lemak yang lebih tinggi daripada minyak lainnya, sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Lebih khusus lagi, minyak tamanu mengandung asam lemak oleat dan linoleat yang mempunyai kemampuan melembapkan yang kuat. 

2. Memiliki Sifat Antibakteri

Kamu perlu tahu bahwa minyak alami dari pohon kacang ini mampu bekerja melawan bakteri penyebab jerawat, p.acnes dan p.granulosum. Selain itu, efek anti-inflamasi dari minyak alami ini dapat membantu mengobati jerawat yang meradang.

3. Merangsang Produksi Kolagen untuk Penyembuhan Luka

Tamanu oil terbukti memiliki sifat penyembuhan luka dan regenerasi kulit. Penggunaan yang tepat, terbukti meningkatkan produksi kolagen dan glycosaminoglycan yang penting untuk memelihara kolagen serta elastin yang sehat. Semakin banyak kolagen di dalam tubuh, maka manfaatnya nyata untuk menyembuhkan luka dan bekasnya serta menghaluskan kerutan di kulit.

4. Mengandung Antioksidan yang Bagus untuk Kulit

Minyak tamanu juga mengandung antioksidan kuat yang sangat penting untuk melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan matahari dan polusi.

5. Memiliki Manfaat Anti-Inflamasi

Manfaat lain dari fatty nut oil ini adalah mampu mengatasi berbagai kondisi kulit berkat kandungan calophyllolide. Ini adalah molekul yang memberikan efek anti-inflamasi yang mirip dengan hidrokortison. Minyak ini berpotensi baik untuk mengatasi kondisi kulit yang meradang, seperti psoriasis, eksim, atau rosacea.

Baca juga:  Fungal Acne di Kulit: Kenali Penyebab, Ciri-CIri, dan 5 Cara Mengatasinya
manfaat tamanu oil

Cara Tepat Memakai Minyak Tamanu

Karena tidak seluruh produk skincare yang mengandung tamanu oil diproses sama, maka lebih baik ikuti petunjuk khusus pada produk tentang bagaimana dan seberapa sering menggunakannya. Jadi, kamu tidak boleh sembarang mengaplikasikan produk minyak tamanu ke kulit.

Untuk keamanan, lakukan uji tempel pada lengan bawah untuk melihat kemungkinan ada reaksi. Meskipun fatty nut oil ini bagus untuk menyembuhkan luka, kamu tidak boleh mengoleskannya ke luka terbuka.

Efek Samping Memakai Bahan Skincare dengan Tamanu Oil

Pertama dan terpenting yang harus kamu catat dengan baik-baik. Hindari minyak ini jika kamu alergi kacang, karena tamanu berasal dari pohon kacang. Di samping efek sampingnya yang bisa memicu alergi, umumnya minyak tamanu oil cukup aman digunakan untuk merawat kulit.

Kemungkinan minyak kacang ini dapat menyumbat pori-pori karena asam oleat dan linoleat bersifat comedogenic pada tingkatan yang rendah. Namun selama kamu menggunakannya dengan benar, kandungan tamanu aman diaplikasikan untuk kulit berjerawat maupun berminyak. 

Saat dicampur dengan bahan skincare lain, tamanu tidak menimbulkan reaksi negatif pada kulit. Perlu dipahami, saat menggunakan minyak tamanu murni di wajah, kamu tidak perlu mencampur dengan bahan lain untuk mengoptimalkan manfaatnya. Apabila minyak tamanu menimbulkan reaksi berlebihan pada kulit, segera hentikan penggunaan. 

Baca juga: 5 Manfaat Lemon untuk Wajah Makin Sehat dan Glowing

Nah, sekarang kamu sudah memahami berbagai manfaat tamanu oil untuk kulit yang lebih banyak digunakan sebagai pelembab. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum kamu mengaplikasikan bahan skincare dalam rutinitas perawatan kulit harian.