manfaat tidur siang
Ilustrasi tidur siang (Sumber: Freepik)

Jangan Remehkan, Ini 8 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Setiap orang membutuhkan tidur siang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, sebelum melanjutkan aktivitas kembali. Memiliki aktivitas yang padat membuat banyak orang yang melewatkan tidur siang. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tidur siang selain memulihkan energi.

Tidur siang yang dilakukan dengan benar diketahui mampu meningkatkan suasana hati karena dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh. Suasana hati yang baik akan membantu meningkatkan produktivitas harian Anda. Agar manfaatnya lebih optimal, tidur siang yang baik jam berapa? Simak penjelasan berikut.

manfaat tidur siang
Sumber: iStockPhoto

Jam Terbaik untuk Tidur Siang

Waktu tidur siang yang ideal adalah sekitar pukul 13.00 sampai dengan pukul 15.00. Selain itu, tidur siang yang baik adalah tidur siang dengan durasi yang cukup dan tidak berlebihan. Durasi tidur siang terbaik adalah selama 20 atau 90 menit. Durasi tersebut dinilai dapat mengoptimalkan manfaat yang akan diperoleh dari tidur siang. Adapun juga kamu bisa melakukan tidur siang di sela-sela aktivitas di siang hari disebut juga dengan power nap.

8 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Manfaat tidur siang tidak hanya sebatas mengistirahatkan tubuh. Berikut beberapa manfaat lain yang Anda dapatkan ketika tidur siang dalam durasi dan waktu yang tepat:

1. Meningkatkan Konsentrasi

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur siang, setidaknya 15-30 menit, dapat lebih fokus dan produktif dibandingkan orang yang yang tidak tidur siang. Tidur siang membantu menurunkan kadar adenosin di dalam otak yang berperan dalam menciptakan rasa kantuk. Hal ini membuat otak bisa bekerja dengan optimal sehingga konsentrasi dan tingkat kewaspadaan pun lebih terjaga. Melakukan tidur siang yang cukup juga dapat meningkatkan kelancaran aliran darah, termasuk di otak.

Baca juga:  Hamil tapi Haid, Kenapa Ya? Ini Penjelasannya!

2. Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat tidur siang yang cukup lainnya adalah memperbaiki mood atau suasana hati. Ketika seseorang mengalami stres atau gelisah, sebaiknya lakukan relaksasi. Salah satunya tidur siang dalam durasi yang tepat. Saat stres terkendali, kamu pun akan merasa lebih santai dan suasana hati bisa membaik. Hal ini dapat mengurangi risiko terkena gangguan mental seperti depresi.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Melakukan tidur siang yang cukup juga dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Penelitian menemukan bahwa tidur siang secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, serta kemampuan untuk mengolah informasi atau mempelajari hal-hal baru. Jika kamu ingin mempelajari atau menghafal materi, sebaiknya dilakukan setelah tidur siang. Hal ini mampu membuatmu lebih fokus dan mudah mengingatnya. Tidur siang pun dipercaya baik untuk mencegah pikun atau demensia.

4. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat tidur siang
Sumber: iStockPhoto

Tahukah kamu, jika stres dan kelelahan juga bisa meningkatkan risiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Menjaga tekanan darah tetap stabil juga merupakan salah satu manfaat yang kamu dapatkan dari tidur siang. Penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang dan tidur malam yang cukup memiliki risiko lebih rendah terkena hipertensi. Hal ini diduga karena tidur siang dapat mengurangi hormon stres kortisol, yaitu salah satu hormon yang bisa menyebabkan tekanan darah meningkat.

5. Menambah Jam Tidur

Tidur siang yang cukup bisa menjadi solusi bagi kamu yang mungkin bekerja secara jadwal yang bergantian, sehingga kurang tidur di malam hari. Untuk mencukupi waktu tidur tersebut, tidur siang bisa menjadi pilihan. Jika seseorang sulit tidur di malam hari karena kesibukan tertentu, pembagian waktu tidur menjadi 1-1,5 jam di siang hari dan sekitar 6 jam di malam hari, bisa menjadi pilihan. Pola tidur ini disebut tidur bifasik.

Baca juga:  Ampuh! Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami dan Aman

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu cara menurunkan risiko penyakit jantung bisa dilakukan dengan mencukupi waktu tidur siang maksimal 30 menit per hari. Hal ini sesuai dengan hasil studi dimana tidur siang selama 30 menit mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat dari tidur siang terhadap kesehatan jantung. Namun tidak ada salahnya untuk menerapkan kebiasaan ini mengingat masih banyak manfaat yang bisa didapat dari tidur siang.

7. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kurang tidur juga bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Tidur siang sekitar 20 sampai 30 menit secara rutin dapat membantumu untuk mencukupi waktu tidur setiap harinya. Melakukan tidur siang akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki sel yang rusak, sehingga turut meningkatkan sistem imun. Saat kamu tidur di siang hari juga mampu mengurangi kadar norepinefrin dan sitokin inflamasi yang mengendalikan sistem imun tubuh.

8. Mudah Tidur di Malam Hari

manfaat tidur siang
Sumber: iStockPhoto

Meski terkesan tidak logis, tidur siang ternyata mampu membantu lansia memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam hari. Studi menunjukkan tidur siang selama 30 menit, antara pukul 1-3 siang, yang digabungkan dengan latihan aerobik intensitas sedang seperti berjalan atau peregangan di malam hari, dapat memperbaiki kualitas tidur di malam hari. Kesehatan fisik maupun psikis juga mampu meningkat.

Itulah 8 manfaat yang akan kamu dapatkan setelah tidur siang. Selain tidur siang, kamu juga disarankan untuk mengimbangi kebiasaan ini dengan pola hidup sehat lainnya. Jika kamu merasa sulit untuk tidur siang atau tidur di malam hari, terutama jika sudah membuatmu merasa kelelahan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Mia Atika

Add comment

Share