manfaat tomat untuk wajah
Sumber: Freepik

11+ Manfaat Tomat untuk Wajah Cerah dan Awet Muda, Simple Pakainya!

Dalam hal perawatan kulit wajah, carilah bahan-bahan alami yang akan memberikan hasil kulit yang sehat dan bercahaya. Mudah didapatkan, manfaat toma untuk wajah sangat banyak berkat vitamin dan nutrisinya. Buah tomat kaya akan likopen, yaitu antioksidan yang dapat memperbaiki kulit yang rusak serta mengembalikan cahaya alami kulit. Sifat asam dan astringent juga menjadikan tomat sebagai bahan yang sangat baik untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat. Yuk buktikan sendiri manfaat tomat untuk wajah cerah dan sehat dengan penggunaannya yang tepat.

Khasiat dan Manfaat Tomat untuk Mencerahkan Wajah

1. Menyerap Kelebihan Sebum

Produksi minyak di kulit yang berlebihan merupakan masalah umum yang dialami jenis kulit berminyak dan jerawat. Kondisi kulit yang mudah berminyak ini dapat mengganggu penampilan karena membuat makeup cepat luntur. Jika kamu ingin mencoba cara alami menyerap kelebihan sebum di wajah agar tidak menyumbat pori-pori dan kulit jerawat, dapatkan manfaat tomat untuk wajah.

Cara penggunaanya:

Potong tomat menjadi dua bagian dan langsung gosokkan ke permukaan wajah. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas untuk hasil kulit yang halus dan lembut. Penggunaan teratur akan membantu mengatasi masalah kulit berminyak dan tingkat pH alami kulit menjadi seimbang.

2. Efektif Mengangkat Sel Kulit Mati

Sumber: Freepik

Kulit sering terpapar kotoran, minyak, polusi, dan partikel lainnya yang berbahaya. Jika terjadi terus-menerus tanpa pembersihan wajah yang tepat, kulit akan tampak kusam dan kasar dari waktu ke waktu. Solusinya adalah membersihkan kulit dengan tepat untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang terjebak dalam pori-pori kulit. Kamu bisa memanfaatkan enzim dalam tomat yang bekerja sedikit mengelupas kulit dan menghilangkan lapisan atas sel kulit mati.

Cara penggunaanya:

Tumbuk halus tomat secukupnya dan langsung oleskan ke wajah untuk menuai manfaat menyegarkan dan membersihkan kulit. Mencampurkan gula untuk dijadikan scrub wajah tidak disarankan karena dapat mengiritasi kulit sensitif.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Kulit kusam dan tekstur tidak merata lebih sering dialami bagi mereka yang tidak mengaplikasikan skincare routine dengan tepat, termasuk melupakan sunscreen. Manfaat tomat dapat membantu memperbaiki masalah kulit kusam. Berkat kandungan vitamin C, E, dan beta karoten, tomat membantu meratakan warna kulit, mencerahkan kulit, serta memperlihatkan kilau alami kulit.

Baca juga:  7 Parfum Pria Terbaik dari Brand Lokal dan Luar Negeri, Bisa Jadi Wishlist Terbaru!

Cara penggunaan:

Campurkan jus tomat, sedikit bubuk kunyit, dan sandalwood powder secukupnya di dalam mangkuk. Aduk semua bahan hingga membentuk pasta. Oleskan masker pencerah kulit ini pada wajah dan biarkan mengering. Bilas masker dengan air hangat dan lihat perbedaannya.

4. Mencegah Munculnya Jerawat

Sumber: Freepik

Jerawat menjadi masalah umum yang dialami semua orang. Carilah tahu apa akar penyebab jerawat muncul di wajahmu. Untuk membantu mencegah dan menghilangkan jerawat, kamu bisa memanfaatkan buah tomat. Bahan alami ini mengandung deep cleansing agents yang bagus untuk kulit bersih dan sehat. Tomat juga membantu memperbaiki pH kulit, sehingga mencegah jerawat muncul.

Cara penggunaan tomat untuk wajah berjerawat:

Haluskan tomat dan tambahkan beberapa tetes tea tree oil. Aduk kedua bahan, oleskan ke seluruh wajah dan biarkan 10-15 menit sebelum dibilas. Ulangi masker tomat dua hingga tiga kali seminggu untuk merawat kulit berjerawat.

5. Meredakan Iritasi Kulit

Ada beberapa penyebab mengapa kulit dapat teriritasi. Seperti pemakaian produk makeup dan anti acne yang mengandung bahan-bahan tertentu yang memicu iritasi dan peradangan. Nah, kamu bisa merasakan manfaat tomat untuk wajah iritasi dan sensitif berkat senyawa anti inflamasinya yang menenangkan kulit.

Cara pemakaiannya dengan menghaluskan satu buah tomat dan tambahkan timun secukupnya. Aduk kedua bahan hingga rata dan oleskan ke seluruh wajah. Bilas muka setelah 15-20 menit dan ulangi setiap hari sampai kulit tenang dan iritasi hilang.

6. Menunda Tanda-Tanda Penuaan Kulit

Sumber: Freepik

Tinggal di perkotaan dengan tingkat polusi tinggi, dapat menghambat kesehatan kulit. Tampilan kulit yang kusam dan tidak “bernyawa” menjadi tanda-tanda penuaan dini. Meski menjaga kulit tetap terhidrasi dan mengatur pola makan sehat itu penting, pemakaian bahan alami yang melawan tanda-tanda penuaan tak boleh terlewat. Manfaat tomat untuk wajah kembali bercahaya didapat dari vitamin B complex yang memerangi tanda-tanda [penuaan.

Cara mudah membuat masker tomat adalah dengan mencampurkan bubur tomat dan alpukat halus. Gosok dengan lembut ke seluruh wajah, biarkan beberapa menit, lalu bilas dengan mild cleanser.

7. Mengencangkan Pori-Pori Besar

Tampilan pori-pori besar terbuka bagi sebagian orang membuat wajah terlihat tua dari usianya. Masalahnya, pori-pori besar adalah tempat menumpuknya kotoran, debu, dan polusi yang bercampur minyak kulit, sehingga timbullah jerawat. Tomat adalah zat alami yang membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi jerawat. Silahkan buktikan sendiri manfaat tomat untuk menyamarkan pori-pori besar dan mengencangkan kulit.

Baca juga:  10 Cara Efektif Atasi Pori Pori Wajah Terbuka, Bersih dan Bebas Jerawat!

Cara aplikasi masker untuk pori-pori besar, tumbuk tomat dan tambahkan beberapa tetes lemon. Aduk semua bahan hingga merata dan aplikasikan ke seluruh wajah. Setelah 10-15 menit, cuci wajah dengan air hangat.

8. Mengobati Kulit Terbakar, Efek Sunburn

Sumber: Freepik

Manfaat tomat untuk wajah yang alami sunburn atau terbakar sinar matahari. VItamin dalam tomat bagus untuk menenangkan kulit yang alami sunburn, yaitu dengan mengangkat sel kulit mati. Formula tomat juga membantu mempromosikan skin recovery lebih cepat. Hasilnya kulit akan diperbaiki dan masalah kulit kemerahan segera teratasi. Cara pemakaian tomat untuk atasi dampak sunburn sangat mudah dengan diolah sendiri menjadi masker wajah. 

9. Memberikan Kulit Youthful Glow

Semua orang tentu menginginkan kulit bercahaya dan awet muda yang masih dianggap sulit dicapai. Namun dengan mengaplikasikan tomat pada wajah maupun dikonsumsi langsung, nutrisinya mampu mendorong produksi kolagen. Manfaat kolagen sebagai protein dalam tubuh yaitu memberikan struktur pada kulit. Hasilnya tekstur kulit tampak clear, lembut, dan bercahaya muda.

Cara membuat masker tomat dengan mencampur tomat dan satu sendok teh fresh tea mint. Kedua bahan ini cocok jadi ingredient perawatan alami kulit. Pemakaian rutin menampakkan hasilnya dengan kulit segar dan glowing!

10 Melembapkan Kulit secara Maksimal

Sumber: Freepik

Seperti dijelaskan pada poin pertama, tomat membantu mengurangi sebum berlebih pada kulit. Namun khasiat tomat ini tidak mempengaruhi minyak alami yang dibutuhkan kulit. Nyatanya, tomat bekerja menyeimbangkan kelembapan yang dibutuhkan semua jenis kulit, menghidrasi, hingga memancarkan cahaya alami.

11. Pelindung Alami Kulit dari Matahari (Natural Sun Protector)

Tabir surya wajib kamu kenakan setiap hari meski hanya beraktivitas di dalam ruangan atau cuaca mendung. Tanpa perlindungan ekstra kulit, risikonya buruk untuk kulit. Nah, likopen pada tomat bagus untuk melindungi kulit dari sinar UV berbahaya. Meski memakai masker tomat untuk perlindungan sinar UV, kamu juga tetap rutin pakai sunscreen, lho! Cara membuat masker tomat dengan mencampurkan buah tomat halus dan yogurt plain. Ratakan masker ke seluruh wajah dan bilas setelah 15-20 menit.

Baca juga: 10 Bahan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Wajah Bersih!

Manfaat tomat untuk wajah sangat banyak berkat antioksidan dan nutrisinya yang memadai. Karena mudah didapat, kamu harus memanfaatkan tomat untuk hasil kulit yang bersih, sehat, bercahaya, dan bebas noda.

Add comment

Share