manfaat yoghurt
Sumber: Pixabay

8 Manfaat Yoghurt yang Nikmat dan Sehat

Saat cuaca sedangterik dan panas, kamu pasti membayangkan makanan atau minuman manis yang dingin dan segar. Eits.. tapi tunggu dulu, jangan asal minum atau makan yang manis-manis saja, kamu bisa memilih yoghurt sebagai alternative cemilan favoritmu. Karena selain segar, ternyata manfaat yoghurt juga menyehatkan bagi tubuh.

Penasaran, kan? Mengapa yoghurt bisa menyehatkan. Yuk intip ulasannya di bawah ini.

Apa itu Yoghurt?

Yoghurt adalah produk pangan berupa hasil olahan susu melaui proses fermentasi menggunakan bakteri tertentu, yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Kombinasi kedua bakteri tersebut berfungsi untuk mengubah laktosa (gula susu) menjadi asam laktat yang berakibat pada penurunan pH dan terbentuknya gumpalan disebabkan koagulasi protein susu oleh asam sehingga menghasilkan cita rasa yang khas karena mengandung komponen flavor seperti diasetil, asetaldehit dan karbondioksida.

8 Manfaat Penting dari  Yoghurt

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

manfaat yoghurt untuk gangguan pencernaan
Sumber: Pixabay

Mengatasi gangguan pencernaan merupakan salah satu manfaat minum yoghurt yang tak boleh diremehkan. Yoghurt merupakan minuman yang tinggi akan kandungan protein dan kalsium, sehingga bisa meningkatkan bakteri baik dalam usus.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa probiotik dalam yoghurt, seperti lactobacillus, mampu melindungi saluran usus dari gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, infeksi helicobacter, dan masih banyak lagi.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

kesehatan tulang
Sumber: Pixabay

Nah, salah satu manfaat minum yoghurt yang tak kalah pentingnya, yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Bahkan, sebuah penelitian juga turut menunjukan bahwa mengkonsumsi yoghurt dapat membantu dalam mencegah osteoporosis yang kerap terjadi pada orang tua lho.

Baca juga:  7 Ciri-Ciri Diabetes yang Tidak Kamu Sadari, Ini Faktor Risikonya

Sebab, di dalam segelas yoghurt, rata-rata terdapat kalsium, protein, potassium, fosfor, dan vitamin D yang dapat menambah kekuatan serta massa tulang.

3. Menyembuhkan Kulit yang Terbakar Sinar UV

Sinar matahari memang baik untuk wajah. Akan tetapi, jika terlalu lama dan pada saat yang tidak tepat akan membuat kulit menjadi terbakar. Terlebih pada siang hari.

Salah satu cara untuk mengatasi kulit yang terbakar karena sinar UV adalah dengan yoghurt. Yoghurt kaya akan zinc dan zat anti inflamasi. Kandungan ini dapat membantu menyembuhkan kulit yang terbakar. Terutama karena sinar matahari.

4. Menurunkan Berat Badan

yoghurt untuk menurunkan berat badan
Sumber: Pixabay

Manfaat yoghurt juga dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa orang yang sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan biasanya rutin mengonsumsi yoghurt.

Hal itu disebabkan karena kandungan yang ada di dalam yoghurt. Kandungan tersebut adalah kombinasi dari kandungan protein, probiotik, dan kalsium. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya memiliki dampak yang baik bagi kesehatan tubuh.

Selain sehat, kandungan tersebut juga akan memicu produksi hormone anti lapar. Contohnya seperti GLP-1 dan peptide YY. Tidak hanya membantu menurunkan berat badan. Yoghurt juga akan membantu menyeimbangkan kolesterol.

Baca Juga: 10+ Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dengan Tepat

5. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat yoghurt menurunkan tekanan darah
Sumber: Pixabay

Tekanan darah yang tinggi disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti adanya penumpukan lemak pada arteri. Selain itu, konsumsi garam yang berlebihan juga akan menyebabkan tekanan darah menjadi naik.

Salah satu manfaat yoghurt adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ada sebuah penelitian yang menjelaskan mengenai hal ini. Menurut penelitian tersebut, orang dewasa yang mengonsumsi yoghurt 2 sampai 3 porsi perhari dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca juga:  Mengenal Istilah Cooling Down dalam Olahraga

Penurunan tensi darah tersebut dapat terjadi sampai 50%. Hal ini berbeda dengan mereka yang tidak mengonsumsi yoghurt sama sekali. Maka dari itu, yoghurt adalah salah satu cara yang dapat menurunkan tekanan darah.

6. Menurunkan Tingkat Alergi

Salah satu manfaat minum yoghurt yang terbilang begitu ajaib adalah, bahwa yoghurt mampu menurunkan tingkat alergi pada seseorang.

Ketika alergi terjadi, maka lgE (Immunoglobulin E), yang merupakan sebuah antibodi dalam darah, akan menstimulasikan histamin yang dapat menyebabkan hidung dan mata berair, bersin-bersin, hingga masalah kulit lainnya.

Tak hanya itu, kandungan Lactobacillus casei yang terdapat di dalam yoghurt juga bisa menurunkan tingkat lgE, yang membuat sistem imun dapat menangkal zat alergen lainnya.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Alergi Dingin yang Muncul Setiap Musim Hujan

7. Menurunkan Risiko Kanker Paru-paru

Sumber: Pixabay

Manfaat minum yoghurt selanjutnya adalah mampu menurunkan risiko kanker paru-paru. Baru-baru ini, penelitian dari Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa konsumsi yoghurt setiap hari dapat menurunkan resiko kanker paru-paru hingga mencapai 20 persen.

Bahkan, bila diikuti dengan diet yang tepat, tingkat resiko bisa semakin menurun hingga mencapai 30 persen.

Di dalam penelitian tersebut, menunjukan bahwa beberapa kandungan probiotik dan bakteri yang terdapat di dalam yoghurt memiliki zat-zat yang dapat menangkal penyebab radang dan sel kanker.

8. Mencegah Infeksi Jamur di Area Kewanitaan

Pada wanita yang sedang menderita diabetes, infeksi jamur pada area kewanitaan merupakan hal umum yang paling sering terjadi.

Nah, manfaat minum yoghurt ternyata bisa membantu dalam mencegah infeksi jamur tersebut. Sebab, kandungan yang terdapat di dalam yoghurt bisa menyeimbangkan kadar pH yang membuat jamur enggan untuk hadir.

Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukan bahwa wanita yang menderita diabetes dan terkena infeksi jamur pada area kewanitaannya bisa membaik hanya dengan minum yoghurt setiap hari.

Hidup sehat bukanlah sesuatu yang sulit dijalankan. Salah satu cara paling sederhana dan nikmat adalah dengan mengkonsumsi yoghurt dan merasakan manfaatnya setiap hari.

Add comment

Share