Marie Kondo: Pioneer Metode Konmari untuk Bebersih Rumah

Memiliki hunian yang rapi dan bersih adalah dambaan semua orang. Mungkin kamu pernah mendengar salah satu metode agar rumah rapi dan bersih bernama Konmari. Metode ini diprakarsai oleh wanita Jepang bernama Marie Kondo. Metode ini mengusung gaya hidup sederhana dan memaksimalkan barang di sekitar kita.

Sehingga, ke depannya kita dapat lebih fokus pada apa yang harus diprioritaskan serta mampu menjaga kesehatan mental. Meskipun terlihat mudah, namun tidak semua orang bisa melakukannya. Untuk itu, dalam artikel ini akan diulas mengenai bagaimana metode Konmari ini dilakukan dan 8 tips dari Marie Kondo agar rumah terlihat rapi dan bersih.

Sumber: Pinterest

Marie Kondo dan Metode Konmari

Untuk lebih mengenal tentang metode bebersih rumah yang satu ini, kamu perlu mengetahui juga tentang penemu metode Konmari ini.

Mengenal Marie Kondo

Sumber: Pinterest

Istilah “Konmari” merupakan gabungan dari nama pendiri, yakni Marie Kondo yang bekerja sebagai konsultan kebersihan profesional di Jepang. Dirinya mengaku menemukan hasrat untuk melakukan ini dan memberi nama metodenya sebagai Konmari saat berusia 19 tahun. Dasarnya, Marie membuat metode beberes ini yang mengatur beragam barang sesuai kategorinya.

Sebagai mahasiswa di Tokyo, dia memutuskan untuk membuka perusahaan konsultan untuk membantu orang-orang merapikan rumah. Bukunya mengenai metode Konmari yang berjudul “The Life Changing of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing” sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Kemudian diadaptasi oleh Netflix dengan judul “Tidying Up with Marie Kondo“.

Mengenal Metode Konmari

Sumber: Pinterest

Tujuan utama dari metode Konmari ini bukan hanya untuk menghasilkan ruangan yang rapi, melainkan memilah barang yang kurang berharga. Dengan ruangan yang sepenuhnya bermakna tanpa hambatan, Marie percaya bahwa hidup seseorang akan terasa lebih bahagia dan sejahtera. Alhasil, kamu bisa mengatur hidup lebih mudah dan maksimal.

Baca juga:  Tips dan Trik Padu Padan Fashion Korea yang Bisa Dipakai di Indonesia

Manfaat dari metode ini pun tidak main-main, antara lain sebagai berikut:

  1. Perencana hidup yang andal. Untuk memulai rutinitas baru, selalu bayangkan dan rencanakan hasil idealnya dahulu. 
  2. Mengembangan kemampuan membuat keputusan. Pengelompokan tingkat kesulitan dalam bebersih dapat meningkatkan kemampuanmu dalam membuat keputusan.
  3. Fokus pada pekerjaan utama. Pada metode Konmari, setiap prosesnya membutuhkan fokus yang sangat tinggi.
  4. Bersyukur dengan segala hal yang dimiliki. Saat pemilahan barang, tentunya kamu akan mensyukuri atas segala sesuatu yang kamu miliki.
  5. Menetapkan tujuan hidup yang tepat. Menerapkan metode ini dapat membantumu menentukan tujuan hidup yang sesuai dengan kemampuanmu.

8 Tips untuk bebersih Rumah ala Marie Kondo

Ada 8 tips dalam menerapkan metode Konmari di rumah. Yuk, simak penjelasannya!

1. Menentukan Kategori Barang

Sumber: Pinterest

Rapikan rumah berdasarkan kategori daripada menangani seluruh ruangan. Misalnya, kamu dapat memilah-milah kaos yang mungkin ada di berbagai tempat di rumah atau kamarmu. Dengan begitu, kamu akan mengetahui berapa kaos yang dimiliki dan akan memilah dan mengaturnya dengan lebih efisien. Marie percaya bahwa pakaian harus menjadi yang pertama dirapikan, karena cenderung tidak memiliki keterikatan emosional dibandingkan dengan kategori selanjutnya seperti buku dan surat.

2. Decluttering Mandiri

Kenapa pemisahan barang harus dilakukan sendiri? Hal ini untuk meminimalisir adanya kemungkinan anggota keluarga lain akan merasa cemas jika banyak yang dibuang, atau mencoba membuatmu bersalah karena mempertahankan sesuatu yang telah ditinggalkan. Satu-satunya pengecualian adalah foto. Kumpulkan anggota keluarga saat memilih foto karena ini bukan hanya akan membuatnya rapi dan teratur, tetapi memberikan kesenangan saat melakukannya.

3. Mengoptimalkan Penyimpanan

Sumber: Freepik

Menyimpan barang-barang di dalam box penyimpanan menciptakan ilusi bahwa masalah kekacauan telah terpecahkan. Cepat atau lambat, semua tempat penyimpanan akan penuh dan ruangan akan kembali dipenuhi dengan barang-barang. Oleh karena itu, metode Konmari dimulai dengan memaksimalkan kotak penyimpanan dalam pakaian, buku, dan kertas. Kemudian beralih ke barang-barang umum, kamar anak-anak, kantor, dan pembersihan seluruh rumah.

Baca juga:  Hati-Hati, Ini Tanda Kamu Memasuki Quarter Life Crisis

4. Singkirkan Kertas

Tentunya di rumah atau kamarmu ada banyak kertas-kertas kecil. Sebut saja struk belanja, kertas tagihan kartu kredit, hingga struk ATM yang akan menumpuk jika dibiarkan. Dalam metode Konmari, kertas-kertas itu tidak lagi berguna. Tumpukan kertas ini sering berakhir di tempat yang terlupakan. Karena sebagian besar dokumen sekarang tersedia secara daring, kertas-kertas itu hanya menciptakan tumpukkan yang tidak berguna.

5. Gunakan Ruang Vertikal

Sumber: iStockPhoto

Menata barang secara vertikal akan menghemat ruang dan memudahkan saat menemukan sebuah barang. Ini bisa dilakukan di semua kategori. Misalnya, cobalah untuk menyimpan t-shirt terlipat di bagian atas. Memilih pakaian akan menjadi jauh lebih mudah ketika semua pilihan ditata dengan jelas.

6. Simpan Barang yang Membuatmu Bahagia

Coba kamu bayangkan. Deretan pakaian yang terlupakan tergantung di lemari, dan tumpukan sepatu rusak yang harusnya dibuang tapi masih disimpan dan memenuhi di rak sepatu. Familiar, bukan? Pada metode Konmari, prinsipnya adalah menyimpan barang yang sparkling joy atau memberikan kebahgiaan jika menyimpannya, dan kejujuran hati adalah kuncinya.

7. Menyimpan Uang Receh dalam Dompet

Sumber: Freepik

Marie heran dengan kebiasaan orang-orang yang menyimpan uang receh dari kembalian setelah berbelanja pada celengan ataupun tempat tertentu. Sebagai gantinya, dia menyarankan untuk segera memasukkan koin ke dompet. Dengan begitu, kamu benar-benar akan menghabiskan uang itu, alih-alih membiarkannya tersimpan lama di laci.

8. Merapikan Secara Vertikal

Saat mengatur pakaian secara vertikal, hal ini dapat menghemat ruang dan memudahkan untuk menemukan apa yang dicari. Meski bukan metode tercepat, tetapi ini lebih efektif. Setelah melipat pakaian dengan hati-hati, Marie menyarankan untuk menggunakan kotak atau pembatas laci untuk menyimpan barang-barang di tempatnya. Tentunya dengan pengelompokan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Nah, itulah ulasan mengenai Marie Kondo dan metode bebersihnya, yaitu Konmari. Walaupun terkesan mudah, menyingkirkan begitu banyak hal dalam satu waktu mungkin sulit dilakukan oleh sebagian orang. Kamu dapat memulainya secara perlahan, misalnya dari membersihkan laci, meja kerja, atau lemari pakaian sebelum kemudian menerapkan metode konmari pada seluruh area tempat tinggal.