7 Ide Resep Masker Organik untuk Semua Jenis Kulit, Aman dan Alami

Bagi kebanyakan orang, masker wajah termasuk dalam kesenangan yang biasanya dilakukan sesekali. Entah itu masker wajah diaplikasikan seminggu sekali, beberapa hari sekali, atau tidak teratur, manfaat dari masker organik untuk wajah tak diragukan lagi. Dikutip dari laman Cleveland Clinic, salah satu keuntungan menggunakan masker wajah organik adalah membantu bahan-bahan bermanfaat menembus kulit untuk hasil yang ditargetkan dan kulit glowing. 

Ada banyak jenis masker mulai dari tanah liat (clay), cream, gel, exfoliating, hingga sheet mask. Kesemuanya mengandung bahan-bahan dengan konsentrasi tinggi yang bagus untuk kulit. Masker wajah cocok untuk mengatasi dan merawat berbagai jenis kulit, seperti kering, berminyak, hingga berjerawat. Tak perlu membeli produk yang mahal, dilansir dari laman Byrdie, kami berikan beberapa resep masker organik dari bahan alami yang mudah didapatkan di rumah.

Resep Rahasia Masker Organik untuk Berbagai Jenis Kulit

1. Skin Feast Mask (Tepung Beras, Alpukat, dan Jus Apel)

Sumber: Freepik

Pertama resep masker skin feast yang terdiri dari campuran bahan tepung beras, alpukat, dan jus apel. Kegunaan masker ini adalah untuk menyerap minyak berlebih, menyeimbangkan produksi sebum, serta menghidrasi dan menenangkan kulit. Cara membuatnya mudah, siapkan mangkuk kecil, haluskan alpukat dengan garpu dan taburi tepung beras. Aduk hingga membentuk pasta. Tambahkan 1 sendok teh jus apel segar dan aduk rata. Oleskan masker pada wajah secara merata dan biarkan mengering untuk hasil terbaik. Bilas dengan air hangat. Satu resep ini bisa kamu gunakan dua atau tiga kali dalam waktu berdekatan. Agar tidak cepat rusak, simpanlah masker di dalam lemari es.

2. Oil Balancing Mayo Mask (Mayo, Jeruk, Maizena)

Untuk menyeimbangkan produksi minyak berlebih di wajah, kamu bisa coba racikan mayo mask satu ini. Masker organik ini juga terdiri campuran sedikit jus jeruk yang membantu mencerahkan kulit. Kandungan tepung jagung atau maizena berperan sebagai gentle exfoliant yang luar biasa menyerap sebum berlebih serta mengelupas sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.

Baca juga:  Wajah Gatal dan Kering? Ini Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Siapkan mangkuk kecil kemudian aduk 1 sendok teh mayonaise, 1 sendok teh jus jeruk, dan 2 sendok makan tepung jagung. Oleskan masker dengan jari secara merata ke seluruh wajah hingga leher dan biarkan kering. Bilas mayo mask menggunakan air hangat.

3. Dessert Mask (Bubuk Kakao, Sea Salt, Olive Oil)

Sumber: Freepik

Untuk merawat kulit agar tetap sehat dan mencegah kerusakan sel, coba aplikasikan dessert mask. Masker organik yang terdiri dari campuran bubuk kokoa, sea salt, dan olive oil ini bagus untuk merawat kulit wajah sehat dan cantik. Formula alaminya mampu membantu memperbaiki dan mencegah sel kulit rusak, membersihkan noda, dan memberi kelembapan pada wajah sepanjang waktu. 

Cara membuat dessert mask bisa kamu ikuti dengan mencampurkan bubuk kakao dan sejumput sea salt dalam mangkuk kecil. Tambahkan 2 sendok teh olive oil untuk membentuk pasta masker. Oleskan masker dengan jari yang bersih ke seluruh wajah. Biarkan masker menyerap dengan baik, kemudian bilas masker dengan hati-hati.

4. Yogurt, Aloe Vera Gel, dan Timun (Kulit Berminyak dan Kombinasi)

Ide masker organik untuk merawat kulit yang berminyak dan kombinasi satu ini bisa kamu racik di rumah. Dengan kandungan anti bakterial dan anti inflamasi, aloe vera gel dan timun jadi pilihan tepat untuk menenangkan kulit berminyak dan berjerawat.

Siapkan food processor untuk mencampurkan semua bahan alami. Tambahkan madu dan yogurt dalam jumlah sama. Masukkan aloe vera gel secukupnya dan beberapa potong timun segar. Haluskan semua bahan dan setelah itu pindahkan ke mangkuk. Aplikasikan masker ini ke seluruh wajah terutama pada area T-Zone. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih. 

5. Moisturizing Mask untuk Kulit Kering (Alpukat, Madu, dan Yogurt)

Sumber: Freepik

Seluruh bahan yang ada di dalam moisturizing mask ini sangat menghidrasi kulit dan aman untuk kulit sensitif. Madu adalah natural humectant yang sempurna untuk memperbaiki dewy glow pada wajahmu. Yogurt mampu menenangkan kulit. Sementara alpukat mampu melembapkan, mencerahkan kulit dengan vitamin C, sekaligus kaya akan anti inflamasi.

Yuk, coba membuat masker organik yang bagus untuk melembapkan kulit kering dan mengembalikan cahaya kulitmu yang kusam. Campurkan ½ buah alpukat, 1 sendok makan plain Greek yogurt, dan 1 sendok makan madu organik. Aduk hingga teksturnya lembut dan seperti pasta. Ratakan ke permukaan kulit wajah dan diamkan 15 menit hingga menyerap sempurna. Bilas masker hingga bersih menggunakan air hangat.

Baca juga:  8+ Manfaat Niacinamide untuk Anti Aging dan Pencerah Kulit Alami

6. Exfoliating and Pore-Clearing Mask (Oatmeal, Putih Telur, dan Jus Lemon)

Cobalah masker organik yang menyegarkan ini untuk membantu mengeksfoliasi dan membersihkan pori-pori kulit. Oatmeal dan jus lemon membantu membersihkan pori-pori kulit dengan lembut. Sedangkan putih telur membantu mengencangkan kulit.

Siapkan wadah kemudian campurkan 1 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan jus lemon segar (perasan alami), dan 1 putih telur). Aduk hingga semua tercampur menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Bersihkan dengan air hangat dan pastikan bau telur tidak membekas.

7. Kiwi Yogurt Brightening Mask

Sumber: Freepik

Untuk mendapatkan perawatan kulit yang lebih cerah, cobalah kombinasi kiwi yogurt satu ini. Buah kiwi kaya akan alpha-hydroxy acids (AHA) dan vitamin C yang mencerahkan kulit. Bahan tambahan perasan jeruk, kaya akan antioksidan serta minyak zaitun yang menenangkan kulit. Yogurt sebagai bahan alami yang membuat kulit lebih rileks. 

Campurkan 2 buah kiwi yang dihaluskan, 3 sendok makan plain Greek yogurt, 1 sendok makan perasan jeruk segar, dan 1 sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga halus dan oleskan ke permukaan wajah. Diamkan dan bilas hingga bersih. Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal.

Rekomendasi Produk Masker Organik Merk Lokal dan Luar Negeri

1. Somethinc SKIN GOALS Brightening Glow 10-Minutes Wash Off Mask

Sumber: somethinc.com

Instant clay mask yang diaplikasikan selama 10 menit ini mengandung Bentonite Clay, G2Light, Kaolin, 2% Alpha Burtin & SabiWhite. Diformulasikan untuk mencerahkan kulitmu secara optimal dengan pemakaian 1-2 kali seminggu. Mengurangi hiperpigemntasi dan menjaga elastisitas kulit. Raih kulit sempurna versi dirimu hanya dalam waktu 10 menit!

2. Avoskin Miraculous Refining AHA-BHA-PHA Sheet Mask

Sumber: avoskinbeauty.com

Cobalah keajaiban sheet mask organik dengan formula lengkap AHA-BHA-PHA serta niancinamide, tea tree, witch hazel, dan aloe vera. Saat digunakan kamu akan merasakan sensasi melembapkan, kulit semakin xerah, dan tekstur kulit diperbaiki.  

3. Yves Rocher Pure Algue The Oxygenating Hydrating Mask 75 ml

Sumber: yvesrocher.co.id

Masker alami yang diformulasikan dari Tetraselmis Micro-Alga dengan sifat oksigenasi. Efektif melembapkan dan merevitalisasi kulit secara intensif serta mengembalikan kilau alami. Hari demi hari, kulit akan lebih kenyal dan glowing. Tekstur gelnya segar dan meleleh saat bersentuhan kulit. Gunakan masker dari Yves Rocher ini dua kali seminggu.

4. Trilogy Mineral Radiance Mask 60 ml

Sumber: trilogyproducts.com

Masker tanah liat kaya mineral yang bekerja membersihkan dan memberikan energi pada kulit. Formula alaminya bekerja menyerap dan mengeluarkan kotoran serta sebum berlebih. Menutrisi kulit secara mendalam, menyegarkan, dan meremajakan kulit sehatmu.

Cocok digunakan untuk semua jenis kulit karena bahannya yang halus dan tidak kering. Kaolin clay yang kaya mineral untuk deeply cleanse. Sweet almond dari New Zealand, rosehip oil, dan evening primrose oil yang menutrisi dan menghidrasi. Kulit jadi terasa sangat lembut dan glowing.

Baca juga: 10+ Rahasia Muka Glowing Alami dan Bebas Kusam Setiap Hari, Ampuh!

Mempertahankan kulit yang bersih, lembap, sehat, dan bercahaya memang memerlukan effort. Kamu bisa menjadikan masker organik sebagai rutinitas skincare yang menyenangkan di rumah. Namun perlu dicatat, sebelum kamu mencoba beberapa resep masker wajah alami di atas, lakukan uji alergi di bagian dalam siku untuk memastikan bahannya tidak mengiritasi. Jika sebelumnya kamu memiliki masalah kulit yang parah, konsultasikan dengan dokter kulit masing-masing sebelum mencoba resep natural skincare.