Alami, 5 Masker Rambut untuk Rambut Kering dan Mengembang

Salah satu masalah umum yang banyak orang alami adalah rambut kering dan mengembang. Tampilan rambut menjadi terlihat tidak sehat dan sulit untuk ditata. Meskipun menjadi masalah umum, banyak yang belum memahami bagaimana cara mengatasi rambut kering dengan perawatan yang tepat. Tidak sekadar memakai shampo dan conditioner, biar rambutmu terawat lebih baik bisa aplikasikan masker rambut untuk rambut kering dan mengembang dari bahan-bahan alami. Artikel ini secara lebih lanjut mengulas tentang ciri-ciri rambut kering hingga tips do it yourself masker alami di rumah.

Ciri-Ciri Rambut Kering dan Rusak

Ciri-ciri rambut kering muncul disebabkan karena faktor kelembapan rambut yang kurang. Rambut kering dan mengembang sering kali susah diatur bahkan menggunakan produk styling rambut. Tekstur rambut kering dan mengembang terasa kaku, kusam, dan tidak berkilau karena kelembapannya berkurang. Jika rambutmu sering kusut sepanjang hari, salah satu penyebabnya karena rambut kering.

Rambut yang kering juga ditandai dengan munculnya ujung rambut bercabang. Jika kamu kerap alami rambut bercabang karena kutikula rambut yang tidak kuat, mungkin kamu bisa mencegah agar tidak semakin parah dengan memotong ujung rambut 1-3 bulan sekali. 

Kemudian, ciri-ciri rambut kering yang paling kering adalah kerapuhan dan kerusakan. Ini disebabkan karena kurangnya kelembapan pada batang rambut sehingga elastisitasnya hilang dan mudah patah. Segera atasi tanda-tanda rambut kering ini sebelum kerusakannya semakin parah, salah satunya dengan masker rambut untuk rambut kering dan mengembang. 

Baca juga:  Inilah Alpha Arbutin, Brightening Agent yang Aman untuk Kulit
masker rambut untuk rambut kering dan mengembang

Tips DIY Masker Rambut Alami dari Bahan Sederhana

1. Oleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa bekerja baik melembutkan rambut kering dan mengembang. Bahan alami ini mudah diserap ke dalam rambut karena kandungan asam lemaknya dan vitamin E yang mendorong pertumbuhan rambut. Juga filter UV untuk menghentikan kerusakan akibat sinar matahari serta sifat moisturizing yang melindungi rambut dari kekeringan.

Cara memakai minyak kelapa sebagai masker rambut untuk rambut kering dan mengembang sangat sangat mudah. Pertama, aplikasikan pre shampoo selama 10 menit untuk menguatkan rambut. Pakai deep conditioning  dari tengah ke ujung untuk melembapkan dan menghilangkan kusut. Baru oleskan minyak kelapa secara merata dengan jumlah yang tepat. Ratakan dengan sisir rambut, diamkan 15 menit, baru bilas bersih menggunakan air.

2. Susu dan Madu

Campuran susu dan madu bisa memberikanmu tampilan rambut halus dan lembut. Madu mengandung keratin yang memperkuat rambut dan mencegah kerusakan. Bahan madu juga mendorong regenerasi sel untuk kulit kepala yang lebih sehat serta meredakan iritasi. Sedangkan susu penuh dengan protein, asam amino, vitamin B12, zat besi, dan zinc yang dapat membantu melembutkan rambut.

Cara membuatnya dengan mencampurkan satu cangkir susu dengan satu sendok makan madu ke dalam spray bottle. Karena konsistensinya sangat cair, kamu dapat langsung menyemprotkannya ke rambut. Biarkan selama 10 hingga 20 menit setelah keramas, baru bilas dengan air hangat untuk hasil rambut yang mengkilap.

Tips: semakin tebal rambut, semakin tinggi kandungan lemak susu yang harus digunakan.

3. Pisang dan Minyak Zaitun

Dua bahan alami yang bekerja secara ajaib untuk memulihkan rambut kering adalah pisang dan zaitun. Pisang bekerja menghidrasi dan melembabkan rambut kusam dan kering karena kaya vitamin dan mineral (seperti potasium). Minyak zaitun kaya akan lemak sehat dan vitamin E yang dapat membuat rambut terlihat lebih halus dan berkilau.

Baca juga:  7 Tips Ampuh Ketombe Hilang dari Kulit Kepala, No Worry!

Tips diy masker alami dari pisang dan minyak zaitun sangat mudah. Haluskan pisang dan tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Saat mandi, oleskan masker ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 10 hingga 15 menit baru dibilas.

4. Cuka Sari Apel

masker rambut untuk rambut kering dan mengembang

Cuka sari apel bermanfaat untuk banyak jenis rambut. Bahan ini bisa mencegah rambut kusut serta membantu menutup kutikula rambut yang diwarnai. Formulanya dapat membantu mengontrol rambut kusut, merawat rambut keriting, serta membersihkan folikel rambut dari kotoran. 

Untuk masker rambut untuk rambut kering dan mengembang, kamu perlu memperhatikan jumlah cuka sari apelnya. Cukup campurkan satu cangkir cuka sari apel dengan satu sendok makan madu untuk menyegel kelembapan rambut. Masukkan pada botol semprot dan semprotkan ke rambut. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas menggunakan air hangat.

5. Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Campuran minyak zaitun dan minyak kelapa keduanya adalah sumber emolien alami yang menjaga hidrasi rambut agar tetap halus, lembut, dan berkilau. Ujung rambut kamu kering? Gunakan minyak zaitun yang akan melapisinya, membuat rambut terasa halus dan lembap. 

Campurkan seperempat cangkir minyak zaitun dengan satu sendok makan minyak kelapa yang dipanaskan dahulu. Kehangat dari minyak akan membuka kutikula rambut untuk penyerapan lebih dalam. Biarkan rambut selama 10 menit dengan memakai shower cap, lalu bilas dengan air hangat.

Baca juga: 5 Jenis Vitamin Rambut untuk Rambut Kering Jadi Sehat dan Berkilau

Demikian ulasan mengenai masalah rambut kering serta penggunaan masker rambut untuk rambut kering dan mengembang yang bisa kamu lakukan di rumah. Untuk solusi cepat, kamu bisa pergi perawatan ke salon rambut yang akan membuat rambut semakin halus, lembut, berkilau, dan mudah diatur.