7 Manfaat Meditasi dan Tips Melakukannya Bagi Pemula

Meditasi adalah praktik relaksasi yang digunakan untuk melatih pikiran menjadi lebih tenang. Selain menenangkan pikiran, meditasi juga melatih kita untuk lebih fokus. Oleh karena itu, meditasi memiliki manfaat meningkatkan produktivitas.

Ada berbagai macam alasan mengapa seseorang melakukan meditasi. Teknik yang digunakan pun berbagai macam. Namun, salah satu yang paling populer adalah meditasi mindfulness, dimana fokus dari meditasi adalah untuk bisa menjadi lebih sadar akan diri kita dan sekeliling.

Lalu, bagaimana caranya melakukan meditasi agar produktivitas meningkat dan apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

Manfaat Meditasi

meditasi adalah
Sumber: Freepik

Bukan hanya sekadar memberikan ketenangan batin dan pikiran, meditasi adalah metode relaksasi yang menyimpan segudang khasiat bagi kesehatan tubuh. Adapun berbagai manfaat meditasi adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi Kecemasan

Manfaat pertama meditasi adalah membantu mengurangi kecemasan dalam diri kamu.  Meditasi akan membuat kamu merenungkan pikiran-pikiran negatif yang memicu kecemasan tersebut lalu menciptakan kedamaian batin dan suasana hati lebih baik.

Jika melatihnya secara rutin, meditasi akan menjadikan kamu jauh lebih tenang dan tidak mudah terpengaruh, putus asa, maupun patah semangat saat mengalami kejadian-kejadian kurang menyenangkan.

2. Mengatasi Stres

Di samping mengurangi kecemasan, manfaat meditasi adalah mengatasi stres maupun depresi yang kamu alami. Teknik relaksasi ini diketahui mampu menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stres sehingga membantu kamu akan merasa jauh lebih tenang

Baca juga:  Paraben Perlu Nggak Sih? Cek 5 Bahaya Penggunaannya

3. Menjadi Lebih Sabar dan Pemaaf

Ketenangan dan kedamaian yang diperoleh dari meditasi juga akan membuat kamu menjadi sosok pemaaf dan lebih sabar dalam menghadapi masalah apapun. Sebab, meditasi dapat melatih berpikir secara jernih dan penuh kebaikan.

4. Meningkatkan Fokus

Tujuan utama dari meditasi adalah berkonsentrasi dalam melepas pikiran-pikiran negatif. Hal ini akan mengasah kemampuan otak kamu untuk fokus terhadap segala hal, terutama jika kamu melatih secara rutin.

5. Mencegah Insomnia

Siapa sangka jika salah satu manfaat meditasi adalah mencegah kam dari gangguan insomnia. Hal ini dikarenakan rasa damai dan pikiran tenang yang tercipta ketika melakukan meditasi akan membantu kamu tidur lebih mudah dan nyenyak.

6. Menghindari Kepikunan

Meditasi melatih otak untuk fokus dan selalu berpikir jernih. Salah satu tekniknya yaitu mengombinasikan mantra dengan gerakan jari tertentu, juga terbukti meningkatkan kemampuan saraf otak pada penderita pikun.

7. Mengatasi Hipertensi

Manfaat terakhir dari meditasi adalah mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pasalnya, latihan relaksasi ini diketahui membuat tubuh Anda mampu menahan respon terhadap hormon pemicu stres yaitu kortisol. Dengan demikian akan memicu vasodilatasi dan menurunkan tahanan perifer pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun.

Baca Juga: Baik untuk Jiwa-Ragamu, Ini 8 Manfaat Yoga yang Penting!

Cara Melakukan Meditasi yang Benar Bagi Pemula

meditasi adalah
Sumber: Kompas

Sebenarnya tidak ada satu cara meditasi yang benar. Namun, pada umumnya, meditasi mempunyai beberapa unsur penting, seperti:

  • Fokus atau perhatian penuh;
  • Menenangkan pernapasan;
  • Kondisi lingkungan yang tenang;
  • Posisi duduk atau tiduran yang nyaman;
  • Pikiran yang tidak menghakimi.
Baca juga:  Di Rumah Aja! Inilah Macam-macam Olahraga untuk Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Mengingat unsur-unsur ini, berikut adalah beberapa tips cara meditasi yang benar.

1. Cari suasana dan tempat yang kondusif

Untuk mencari cara meditasi yang benar, pastikan kamu mencari tempat yang sunyi dulu. Boleh di luar ruangan atau dalam, selama kamu bisa berkonsentrasi tanpa gangguan. Posisi kamu pun bisa duduk atau tiduran di lantai, kursi, tempat tidur, dan permukaan yang nyaman.

2. Kurangi risiko gangguan

Gangguan bisa berupa orang rumah, suara HP, suara TV, atau suara dari luar. Karena itu, beritahu orang lain bahwa kamu akan melakukan meditasi, matikan semua perangkat elektronik, serta tutup pintu untuk mengurangi potensi sumber gangguan.

3. Pastikan posisi kamu sudah nyaman

Cara meditasi yang benar selanjutnya adalah postur duduk atau tidur kamu harus baik dan terasa nyaman, yaitu punggung yang lurus, leher dan rahang yang santai, dan dagu agak diturunkan ke bawah. Kamu bisa meletakkan tangan dimana pun selama nyaman, seperti di pangkuan kaki atau di atas lutut.

4. Menutup mata dan fokus pada napas

Tutup mata kamu dan perlahan-lahan tarik napas dan keluarkan nafas secara bergantian. Rasakan udara yang mengalir masuk dari hidung ke tenggorokan ke paru, hingga kembali keluar. Kamu juga bisa memfokuskan pikiran kepada dada kamu yang mengembang dan mengempis.

Jika masih pemula, kamu bisa menggunakan guided meditation atau meditasi terarah dengan memasukkan kata kunci “guided meditation” di YouTube. Kamu pun bisa menggunakan aplikasi meditasi, seperti Headspace (bahasa Inggris) atau Riliv (bahasa Indonesia).

5. Alihkan kembali perhatian ke napas jika konsentrasi terpecah

Tidak semua orang langsung bisa berfokus sepenuhnya pada napas. Terkadang, otak pun merasa bosan dan jadi memikirkan hal-hal yang lain. Amati pikiran tersebut tanpa menghakimi, kemudian setelah pikiran itu selesai, arahkan kembali ke pengaturan napas kamu.

Itulah penjelasan mengenai cara melakukan meditasi yang benar untuk pemula. Menjaga kesehatan mental memang merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Namun, pastikan juga untuk senantiasa menjaga kesehatan fisikmu melalui penerapan pola hidup sehat. Salah satunya adalah memenuhi segala nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuhmu, melalui konsumsi makanan sehat bergizi seimbang.