Megawati Hangestri Pertiwi: Profil Singkat MVP Liga Voli Korsel

Tahun 2023 lalu, nama Megawati Hangestri Pertiwi sempat ramai dibicarakan di berbagai media sosial. Pasalnya, atlet perempuan asal Jember itu berhasil menyabet gelar bergengsi di ajang Liga Voli Putri Korea Selatan 2023/2024. Keberhasilan Megawati Hangestri dalam mengharumkan nama bangsa tentunya diapresiasi oleh banyak orang. Masyarakat Indonesia pun penasaran dengan profil dan perjalanan karier perempuan berprestasi tersebut.

Setelah penampilan debutnya di Liga Bola Voli Korea Selatan, tepatnya saat membela Daejon Jung Kwan Jang Red Sparks dalam pertandingan melawan Hwaseong IBK Altos. Dia berhasil bawa pulang gelar Most Valuable Player (MVP), atau pemain terbaik. Megawati dianggap mampu kalahkan populeritas beberapa pevoli wanita lainnya, dan mampu merebut gelar bergengsi tersebut. Berkat penampilan cemerlangnya, Megawati dijuluki Megatron oleh para penggemarnya. Berikut profil dari Megawati dan sederet prestasi cemerlangnya.

megawati hangestri pertiwi
Sumber: Pinterest

Profil Megawati Hangestri Pratiwi

Megawati Hangestri Pertiwi adalah atlet voli asal Indonesia yang lahir pada tanggal 20 September 1999. Perempuan kelahiran Jember, Jawa Timur itu dikenal dengan julukan “Megatron” karena keahliannya dalam bermain voli yang luar biasa. Selain fokus pada kariernya sebagai atlet voli, perempuan tersebut rupanya tetap mengedepankan pendidikan.

Pasalnya, atlet setinggi 185 cm itu tetap menempuh pendidikan formal di Universitas Kahuripan Kediri. Atlet yang menempati posisi outside hitter dan opposite ini mengambil Jurusan Manajemen dan menyelesaikan studinya pada tahun 2020 setelah memulai perkuliahan pada tahun 2017.

Baca juga:  Alamanda Shantika, Pendiri Startup Muda dengan Segudang Prestasi

Karier Megawati di Bidang Olahraga

megawati hangestri pertiwi
Sumber: Pinterest

Wanita ini memulai karir volinya sejak usia 14 tahun. Dia memulai Latihan voli saat masih kelas 5 SD. Selain itu, Megawati tak hanya memiliki postur tubuh yang tinggi. Karena dia memiliki bakat yang cukup tinggi, maka ia mengembangkan diri di GOR PKPSO, Jember. Saat masih SD, Megawati sudah tampil bermain bola voli dalam pekan olahraga seni (Porseni) tingkat Jawa Timur di Ponorogo, dan meraih juara dua.

Saat melanjutkan pendidikan ke SMPN 1 Jember, Megawati pun terus mengembangkan bakatnya di bidang bola voli. Megawati diikutkan dalam kejuaraan provinsi remaja tingkat Jawa Timur di Jombang dan meraih juara 3. Kemudian Megawati raih juara dua kejuaraan junior Provinsi Jawa Timur, di Mojokerto. Nah, begitu naik kelas III SMP, akhirnya Bank Jatim Surabaya menemukan bakat Megawati.

Ketika bergabung dengan klub Surabaya Bank Jatim, di Livoli Divisi Utama pada tahun 2015 inilah ia mulai serius menekuni profesi atlet voli. Selain menjadi bagian dari tim Jawa Timur, Megawati juga bermain untuk Tim Jakarta Pertamina Fastron. Prestasi Megawati pun terus melejit sampai ke tingkat internasional, dan ia sering meraih juara.

Sebelum mencuri perhatian di Korea Selatan, ia ikut kompetisi di luar negeri, termasuk di Ha Phu Thanh Hoa, Vietnam, dan Supreme Chonburi-E Tech, Thailand. Pada 2022, ia membela klub Vietnam Hà Phú Thanh Hóa di Liga Bola Voli Vietnam. Akhir Juli 2023 barulah Mega bergabung dengan Daejon Jung Kwan Jang Red Sparks, Korea Selatan. Setelah gabung dengan tim Korea Selatan, Megawati diakui sebagai penyelamat Red Sparks dari masa-masa sulit.

Baca juga:  Mengenal Nadiem Makarim, Pendiri Startup Sukses dan Menteri Termuda

Prestasi Hebat dari Megawati Hangestri

megawati hangestri pertiwi
Sumber: Pinterest

Prestasi dan kontribusinya di dunia olahraga mencakup sejumlah penghargaan, diantaranya, Pemenang Medali Perunggu di Southeast Asia Games (SEA Games) 2023 hingga Pemenang MVP Livoli Divisi Utama 2022. Berikut adalah daftar prestasi yang pernah diraih Megawati Hangestri Pertiwi.

Prestasi Individu:

ASEAN Grand Prix 2019, Best Server
Asian Olympic Qualification 2021, Best Scorer
Proliga 2022, Best Server
ASEAN Grand Prix 2022 MVP Livoli Divisi Utama 2022, Best Opposite

Prestasi di Klub:

Runner Up Proliga 2019 bersama Jakarta Pertamina Fastron
Medali Perunggu Thailand League 2020/21 bersama Supreme Chonburi E-Tech
Medali Perunggu Asian Club Championship 2020/21 bersama Supreme Chonburi E-Tech
Juara Livoli Divisi Utama 2022 bersama Surabaya Bank Jatim

Prestasi di Timnas Indonesia:

SEA Games 2021, medali perunggu
ASEAN Grand Prix 2022, medali perunggu
SEA Games 2023, medali perunggu

Itulah profil singkat dan sederet prestasi yang diraih oleh atlet voli Megawati Hangestri Pertiwi. Tak heran jika atlet voli ini dikagumi tidak hanya dari dalam negeri, namun juga di Korea Selatan itu sendiri. Semoga ke depannya akan ada Megawati-Megawati lainnya yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia melalui olahraga, khususnya voli.