Begini Cara Mudah Menciptakan Quality Time antara Orang Tua dan Anak

orang tua dan anak

Menjadi orang tua tentu harus memahami bahwa memiliki buah hati tidak sekadar merawatnya saja. Tetapi juga mendampingi dan menghabiskan waktu bersama atau yang disebut dengan quality time. Quality time bersama keluarga adalah saat di mana seluruh anggota keluarga berkumpul, saling bercerita satu sama lain tentang apa saja yang sedang dirasakan ataupun sedang dialami. Menghabiskan waktu dengan anak-anak akan menjadi sangat menyenangkan dan menjadi ajang pembelajaran satu sama lain, lho. Mengapa bisa begitu? Karena banyak anak yang belajar tidak hanya dari pendidikan formal di sekolahnya saja. Tetapi juga pelajaran secara tidak langsung yang anak dapatkan dari orang tuanya. Misalnya, anak-anak akan belajar cara berpakaian, menghadapi masalah, bersikap sopan santun dengan orang tua, table manner saat makan, dan lain sebagainya.

Kebersamaan orang tua dan anak sangat penting untuk dibangun, supaya hubungan antara orang tua dan anak dapat terjalin dengan baik dan maksimal. Mengapa hal tersebut dikatakan sangat penting? Sebab dari kedekatan itulah akan tercipta sebuah kepercayaan, keharmonisan, dan kekompakan antara orang tua dan anak di dalam keluarga. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan quality time bersama. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, kok. Cukup dengan menggunakan cara-cara yang sederhana, seperti cara-cara berikut ini:

1. Bercerita dan Membaca Buku

orang tua dan anak

Menjelang tidur merupakan waktu yang sangat tepat untuk orang tua dan anak memiliki quality time. Bersama buah hati, orang tua bisa saling bercerita tentang apa saja. Mulai dari apa saja yang telah dialami di hari itu, menceritakan masa kecil orang tua, bercanda, dan masih banyak lainnya. Meskipun terlihat sangat sederhana, tapi maknanya sangat dalam lho untuk anak-anak. Hal ini akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan dan terus dikenang anak seumur hidupnya.

Baca juga:  Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Tantrum dengan Tepat

Bercerita seputar kegiatan sehari-hari tidak hanya bisa dilakukan menjelang tidur saja. Di pagi hari atau sore hari juga bisa, lho. Di pagi hari contohnya, orang tua dan anak bisa saling bertukar pikiran tentang apa saja yang ingin dikerjakan di hari itu sambil sarapan bersama. Atau saat sore hari, kegiatan bercerita ini bisa dilakukan sambil bermain atau bersantai di teras rumah sambil menikmati semilir angin sore yang sejuk.

Quality time antara orang tua dan anak juga bisa dilakukan dengan cara membacakan buku cerita. Kegiatan ini manfaatnya sangat besar, di mana anak akan mendapatkan banyak ilmu dan keterampilan yang baru. Seperti menambah kosakata, memperlancar kemampuan bahasa, meningkatkan kreativitas dan imajinasi, melatih konsentrasi, dan tentunya membangun bonding antara orang tua dan anak.

2. Menonton TV dan Bermain Bersama

orang tua dan anak

Menonton televisi juga menjadi pilihan banyak orang untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan kebosanan. Nah, orang tua bisa menjadikan kesempatan ini sebagai waktu untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga. Pilihlah acara televisi yang tidak hanya menghibur saja, tetapi juga mengedukasi sehingga anak-anak mendapatkan banyak ilmu. Sambil menonton, jelaskan nilai-nilai apa saja yang baik untuk diteladani dan apa saja yang tidak baik bagi anak.

Penting untuk diingat, bahwa anak-anak sangat suka saat jika orang tuanya menemani mereka bermain. Bagi anak-anak, momen tersebut sangatlah berharga yang akan melekat kuat dalam ingatannya. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan tersebut, ya. Walaupun hanya sebentar, tetapi sebisa mungkin luangkanlah waktu untuk menemani anak bermain. Saat menemani anak bermain, orang tua juga bisa sambil mengajarinya tentang keterampilan dan ilmu yang baru. Waktu bermain anak pun akan menjadi lebih bermanfaat karena anak-anak bermain sekaligus belajar.

Baca juga:  Anak Menunjukkan Kecenderungan Impulsif? Begini Cara Merawatnya

3. Beraktivitas di Luar dan Olahraga Bersama

orang tua dan anak

Anak-anak sebaiknya sering diajak melakukan aktivitas di luar ruangan agar mereka bisa bergerak secara aktif dan mengenal lingkungan di sekitarnya. Di halaman rumah misalnya, orang tua bisa mengajak anak-anak untuk berkebun, menyapu halaman, menyirami tanaman, atau berolahraga ringan. Dari sini anak-anak akan belajar banyak hal baru. Kemampuan motoriknya juga turut terlatih karena anak-anak banyak melakukan gerakan fisik. Tidak hanya itu saja, tubuh yang sering bergerak juga akan menjadi lebih sehat.

Mengingat olahraga itu sangat penting untuk membuat badan tetap sehat dan lebih kebal terhadap serangan penyakit. Maka kebiasaan baik ini juga harus mulai ditanamkan sejak dini. Oleh karena itu, ajaklah anak-anak untuk rutin berolahraga di waktu senggang. Berolahraga bersama akan terasa lebih menyenangkan. 

4. Menjalankan Hobi Bersama

Sementara itu, kalau orang tua dan anak memiliki hobi yang sama, maka cobalah untuk melakukan hobi tersebut bersama-sama saja. Kalau memiliki hobi memancing, maka pergilah memancing bersama. Jika hobi bersepeda, maka berkeliling kompleks rumah juga akan terasa sangat menyenangkan. Melakukan hobi bersama anak akan membuat quality time menjadi semakin bermakna.

Sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki quality time bersama keluarga. Beberapa cara di atas hanya beberapa contoh saja. Apapun yang dilakukan bersama, tentunya sudah bisa menjadi cara untuk membangun ikatan yang erat sebagai sebuah keluarga. Hal yang terpenting adalah, upayakan untuk menjauhkan gadget dari anak-anak untuk sementara. Tujuannya adalah supaya tidak mengganggu waktu orang tua bersama anak. Selamat menghabiskan waktu yang berkualitas bersama anak-anak, ya.

Tags: , , ,

Berita Terbaru