Mengenal Krav Maga dan Manfaatnya sebagai Self Defense

Sebagian besar sistem bela diri tidak hanya bertujuan untuk menjaga keselamatan diri saja, melainkan juga untuk memenangkan kompetisi cabang dari bela diri tersebut. Jadi jangan heran, kalau sekarang banyak latihan bela diri yang memperhatikan aspek keindahan gerak layaknya capoeira. Meski begitu, rupanya masih ada seni bela diri yang sesungguhnya yaitu krav maga.

Krav maga merupakan seni bela diri dari jarak dekat atau sistem perlindungan di dunia yang dikhususkan untuk pertarungan yang sebenarnya. Menariknya lagi, seni bela diri yang satu ini tidak dimasukkan sebagai cabang olahraga, sehingga tidak dipertandingkan atau dibuat kompetisi. Bahkan bela diri yang satu ini juga tidak digunakan untuk permainan karena seni bela diri ini benar-benar dipelajari untuk bertahan. Jadi, dapat dikatakan kalau krav maga jauh lebih serius dibanding ilmu bela diri lain yang meskipun bisa dipakai bertahan, namun cukup sering dilombakan.

Mengenal Bela Diri Krav Maga

krav maga
Sumber: fightingkingufc.blogspot.com

Di dalam bela diri ini, kamu akan belajar mengalahkan lawan dengan cepat, menyelesaikan baku hantam, entah berdiri atau bergulat di lantai, serta menghadapi penyerang yang memakai pisau atau senjata lainnya. Selain itu, kamu pun juga akan mempelajari bagaimana melemahkan lawan, terlepas dari ukuran tubuh, latar belakang pelatihan, atau tingkat pengalaman lawan tersebut. Hal inilah yang membuatnya menjadi sangat menarik dan cukup menantang. Karena kamu punya kesempatan yang besar untuk mengalahkan seseorang yang lebih mahir di seni bela diri dengan satu cara saja.

Sistem bela diri ini didasari pada langkah sederhana dan spontanitas yang bekerja ketika kamu berada dalam kondisi terdesak. Krav maga juga terus dikembangkan, teknik demi teknik diuji, dan dievaluasi. Sistemnya beragam namun terstruktur, terdiri dari hit and run sampai the real deal. Pada umumnya, orang-orang yang mendalami bela diri ini kerap disebut sebagai praktisi atau krav maga practitioner. Mereka akan memadukan beberapa ilmu bela diri lainnya menjadi satu kesatuan.

Baca juga:  9 Ide Dekor Kamar Estetik dengan Budget Minim

Perkembangan Krav Maga di Indonesia

krav maga
Sumber: youtube.com/randytumewa

Krav maga menjadi salah satu seni bela diri asing yang saat ini sedang naik daun di Indonesia, yang berasal dari Isreal. Di hampir seluruh kota besar di Indonesia, seni bela diri yang satu ini telah tersebar dan komunitas/organisasinya juga semakin menjamur. Salah satu orang yang turut mempopulerkan seni bela diri ini adalah Randy Tumewa. Melalui organisasinya, Unicombat yang berbasis di Surabaya, Randy Tumewa juga memperkenalkan seni bela diri asing lainnya seperti muay thai dari Thailand.

Unicombat sendiri merupakan sebuah organisasi pertama yang membuka pelatihan bela diri ini di Surabaya sejak tahun 2010 lalu. Mereka menggunakan pelatih profesional dan berpengalaman dalam melatih anggota militer, kepolisian, jasa pengamanan, hingga jasa pengawalan. Pendiri krav maga di Unicombat adalah para pemegang sertifikat dan lisensi internasional krav maga yang pertama di Indonesia, serta pemilik satu-satunya buku teori dan praktik krav maga yang ditulis oleh pencipta seni bela diri tersebut yaitu Grandmaster Imrich Lichtenfeld.

Sebenarnya, krav maga menjadi populer karena bela diri ini sering sekali dipakai untuk film-film Hollywood. Salah satu yang mempopulerkannya adalah Jennifer Lopez di film Enough pada tahun 2002 lalu. Di film tersebut J-Lo berperan sebagai istri korban kekerasan dalam rumah tangga yang belajar bela diri. Nah, bela diri yang dipelajari itu adalah krav maga. Dari situ, bela diri ini menjadi booming dan mulai banyak diminati. Di Indonesia sendiri, bela diri yang satu ini menjadi populer salah satunya adalah karena mudah dipelajari.

Baca juga:  Kenali Prinsip Go Green dan 7 Upaya Penerapannya

Tujuan dan Manfaat

krav maga
Sumber: https://redlionacademy.de/krav-maga

Tujuan dari bela diri ini adalah benar-benar murni digunakan untuk keadaan terdesak dalam kehidupan sehari-hari. Pada awalnya bela diri ini adalah sebuah program pelatihan yang digunakan oleh tentara infanteri Israel. Jadi, tidak butuh waktu bertahun-tahun untuk mempelajarinya. Krav maga ini memang dirancang untuk mempermudah orang-orang yang ingin belajar bela diri, secara efisien dan praktis. Tidak perlu pakai seragam, tidak perlu menghafalkan kitab atau jurus dalam bahasa asing, dan juga tidak ada ujian kenaikan tingkat.

Jadi, bela diri ini mempermudah orang yang ingin belajar pertahanan diri secara instan tanpa harus memiliki latar belakang seni bela diri, tanpa mengenal postur, berat badan, usia, serta gender. Bahkan orang berkebutuhan khusus pun juga bisa mempelajarinya. Kelebihan lainnya adalah latihan bela diri ini menggunakan simulasi dari kejadian nyata. Jadi, kebanyakan latihan akan dilakukan di luar ruangan, entah itu di parkiran, di ruang ATM, di lift, waktu hujan, waktu gelap gulita, dan lain sebagainya. Cukup unik, bukan? Berbeda dengan bela diri lainnya yang latihannya dilakukan di matras. Bisa jadi, jurus yang mudah dilakukan di matras, malah akan berbeda atau menjadi sulit saat keadaan berubah, seperti saat hujan.

Krav maga bukanlah olahraga, tetapi murni teknik pertahanan diri atau self defense. Itulah sebabnya bela diri yang satu ini tidak dipertandingkan seperti martial arts lainnya. Bagaimana, kamu tertarik juga untuk mempelajarinya?