Virtual Account, Rekening Pembayaran untuk Semua Bank

Sebuah riset mengatakan bahwa 60-80% transaksi yang terjadi di Indonesia terjadi melalui transfer bank. Namun bank-bank di Indonesia tidak dapat membagikan identitas siapa saja yang telah melakukan setiap transaksi sehingga bisnis perlu merekonsiliasi setiap transaksi satu per satu. Bisnis perlu memeriksa silang identitas pengirim dengan nomor akun, serta memastikan bahwa jumlah yang tepat telah ditransfer. Hal ini cukup memakan waktu. Namun akan berbeda jika pembayaran transaksi dilakukan dengan virtual account (VA).

Apa itu Virtual Account?

pengerian akun virtual
sumber : pymnts.com

Secara umum virtual account adalah sebuah rekening yang dibuat namun tidak memiliki bentuk fisik. Sehingga bentuknya adalah virtual atau digital sesuai dengan namanya. Dengan virtual account, satu rekening bank dapat dibagi menjadi beberapa akun virtual. Sebagai subdivisi akun utama, akun virtual juga memiliki fitur nomor, laporan transaksi dan saldo akun virtual tersendiri.

Penggunaan akun virtual sudah sangat umum, terutama ketika melakukan pembayaran pada e-commerce. Dengan kehadiran VA ini, kamu bisa melakukan transaksi tanpa harus membuat rekening khusus pada semua bank.

Keuntungan Menggunakan Virtual Account

Keunggulan Akun Virtua

sumber : smart money

Pembayaran Otomatis

Keunggulan pertama yang bisa kamu rasakan saat menggunakan virtual account adalah pembayaran yang bisa dikenali secara cepat dan otomatis.

Berbeda jauh jika dibandingkan dengan cara pembayaran konvensional dimana kamu harus melakukan pencocokan data dari struk transfer.

Baca juga:  Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia dan 8 Fungsinya

Selain pembayaran yang bisa dikenali dengan otomatis, kamu juga tidak perlu khawatir apakah pengiriman pembayaran sudah masuk atau belum. Sebab akan ada pemberitahuan dengan cepat dan otomatis jika pembayaran sudah dilakukan.

Detail Transaksi Lebih Lengkap

Virtual account sebenarnya merupakan layanan yang diberikan oleh pihak bank. Mereka juga akan menyediakan data transaksi secara langsung atau real-time. Sehingga kamu bisa melakukan pemantauan secara langsung.

Jadi, saat ada pembayaran yang dilakukan dengan akun virtual, maka akan dideteksi. Kemudian jika terkonfirmasi maka semua data akan ditampilan dengan detail. Kamu juga bisa melihat nomor, nama, bank dan juga jumlah uang yang dikirim.

Selain itu kamu juga bisa mendownload data transaksi dalam sebuah laporan khusus. Kehadiran laporan ini akan memudahkan kamu untuk melakukan pembukuan dan juga pembayaran pada semua transaksi yang masuk.

Tersedia Kapan Saja di Mana Saja

Keunggulan lain yang bisa kamu terima adalah bisa melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja asal ada koneksi internet. Sebab untuk bisa meminta akun virtual , kamu harus terhubung ke internet dahulu. Kamu bisa melakukan transaksi tanpa henti 24 jam penuh selama ada koneksi internet.

Dapat Memilih Sesuai Kebutuhan

Meski dikenal sebagai cara pembayaran pada e-commerce, sebenarnya kamu bisa memilih sendiri penggunaan VA. Tentunya pemilihan itu disesuaikan dengan apa yang kamu butuhkan.

Pengaturan lainnya juga bisa dilakukan seperti menjaga nomor tidak berubah, penetapan jumlah transfer dan lain-lain.

Mengirim Beda Bank Tanpa Biaya Transfer

Virtual account ini sangat membantu sekali bagi para pembeli yang sedang ingin membeli sesuatu tetapi tidak memiliki rekening bank yang sama dengan penjual. Kehadiran akun virtual membuat kamu tidak harus memiliki rekening yang sama dengan pihak penjual.

Baca juga:  5 Ide Bisnis Makanan Ringan Terfavorit dan Tips Suksesnya

Pihak pembeli bisa mengirimkan pembayaran ke nomor akun virtual tanpa dikenakan biaya transfer beda bank.

Cara Kerja Virtual Account

Virtual account memungkinan penggunanya untuk melakukan dan mengidentifikasi pembayaran dengan mudah. Jika seorang pedagang melakukan tiga pembayaran sebesar Rp300.000, maka akun virtual memungkinkan untuk menetapkan ini secara instan kepada setiap pembayar dengan memberikan nomor rekening unik untuk dibayarkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini bagaimana cara kerja dari akun virtual:

  1. Pedagang memberi tahu setiap pelanggan untuk membayar ke faktur atau VA tertentu untuk semua transaksi mereka.
  2. Setiap nomor akun virtual langsung terkait dengan pelanggan atau faktur (invoice).
  3. Setiap pembayaran yang diterima, informasi transaksi yang terjadi akan dikirim ke pedagang dan pedagang dapat segera mengidentifikasi pembeli atau dari mana faktur itu berasal.

Cara Membuat Virtual Account

Secara umum, ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan untuk membuat akun virtual. Berikut adalah beberapa tahapannya:

  1. Untuk bisa membuat Virtual Account, pertama kamu harus masuk ke dalam menu m-banking dari bank yang kamu gunakan.
  2. Setelah itu carilah menu “Membuat Virtual Account” atau “Create Virtual Account”.
  3. Tahap selanjutnya, kamu harus mengisikan beberapa data dari pihak yang akan melakukan pembayaran. Dari data ini juga kamu baru bisa melakukan identifikasi atas pembayaran yang masuk.
  4. Setelah itu tekan tulisan “Kirim” agar proses pembuatan akun virtual dimulai.
  5. Kemudian akan muncul kombinasi angka yang menjadi nomor Akun Virtual.

Dengan menggunakan Virtual Account, kamu tidak perlu pusing lagi jika harus banyak melakukan pembayaran kapan saja dan dimana saja.Cara membuat dan menggunakannya pun cukup mudah. Dengan keberadaan akun virtual ini, kemudahan dunia transaksi ada dalam genggamanmu tanpa harus repot keluar rumah. Tunggu apalagi.