10 Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

Kehamilan adalah momen membahgaiakan yang banyak ditunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Bagi sebagian orang, terkadang awal kehamilan menjadi masa yang mendebarkan dan membingungkan, terutama bagi pasangan yang belum pernah memiliki pengalaman terhadap kehamilan sebelumnya. Banyak cara yang mereka gunakan untuk menebak apakah saat ini sedang hamil atau tidak. Salah satunya adalah cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut.

Ingin tahu apa saja cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut? Dan ingin tahu penjelasannya secara logis? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

10 Cara Mengetahui Kehamilan dengan Memegang Perut

Adapun beberapa cara untuk mengetahui kehamilan dengan memegang perut. Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini.

1. Perut Terasa Kembung Saat Ditekan

cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut
Sumber: Freepik

Saat awal kehamilan, mom’s akan merasakan perut kembung saat ditekan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar progesteron. Sebagai informasi, progesteron merupakan hormon yang menyebabkan otot-otot di seluruh tubuh rileks. Hal tersebut turut memperlambat proses pencernaan.

2. Merasakan Kram

Perempuan yang baru hamil juga mungkin akan merasakan kram di bagian perut. Kram di perut saat awal kehamilan mirip dengan kram menstruasi, tetapi bisa berlangsung selama berminggu-minggu.

Kram perut yang disertai bercak menjadi salah satu tanda-tanda kehamilan. Sekitar 10-14 hari setelah pembuahan, blastokista akan ditanam di endometrium atau lapisan rahim. Nah, hal ini yang menyebabkan pendarahan implantasi dan kram di perut.

Baca juga:  Hak dan Kewajiban Anak di Rumah, Orang Tua Harus Tahu!

3. Merasakan Mulas

Tanda kehamilan berikutnya adalah muncul rasa mulas ketika perut ditekan. Sebab, hormon progesteron dapat menimbulkan gangguan pencernaan, seperti konstipasi atau sembelit.

4. Perut Mulai Membesar

Tanda-tanda yang paling jelas adalah perutnya yang mulai membesar. Saat awal kehamilan, perut akan membuncit, terasa keras, dan mungkin merasakan nyeri saat ditekan.

Perlu diingat, kondisi perut membesar karena hamil sangat berbeda dengan perut buncit karena lemak tubuh. Untuk memastikannya, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit untuk memeriksa kehamilan.

5. Mual dan Muntah Ketika Perut Ditekan

cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut
Sumber: Freepik

Pada wanita yang sedang hamil sering kali merasakan mual dan muntah. Hal ini dapat dipicu karena perut ditekan terlalu keras. Selain itu, umumnya perempuan dapat merasa mual dan ingin muntah setelah mencium aroma tertentu yang terasa kuat. Namun, detikers juga harus bisa membedakan mana mual karena ciri-ciri hamil atau tanda sakit maag.

6. Merasakan Denyut Nadi saat Menyentuh Perut

Beberapa dari calon ibu mungkin merasakan denyutan di perut selama kehamilan dan mengira itu adalah detak jantung bayi. Selama kehamilan jumlah darah yang beredar di seluruh tubuh akan meningkat secara drastis, sehingga menyebabkan ada lebih banyak darah yang dipompa pada setiap detak jantung. Akibatnya, hal ini membuat denyut nadi di aorta perut lebih terasa.

Baca Juga: Simak Bedanya Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki Atau Perempuan!

7. Perut Terasa Tidak Nyaman saat Disentuh

Perut ibu hamil akan terasa tidak nyaman saat ditekan. Kondisi ini disebabkan karena perubahan hormon tubuh. Selain itu, rasa tidak nyaman bisa disebabkan perut terasa kencang. Hal ini disebabkan janin mulai berkembang di awal kehamilan.

8. Ingin Buang Air Kecil (BAK) Saat Perut Ditekan

Ciri-ciri berikutnya untuk mengetahui kehamilan dengan cara memegang perut adalah munculnya rasa ingin buang air kecil saat perut ditekan.  Sering buang air kecil di awal kehamilan disebabkan perubahan hormon. Setelah embrio berada di uterus, tubuh mulai memproduksi hormon hCG (human chorionic gonadotropin), yang memicu ibu hamil sering buang air kecil. Inilah mengapa, pada awal kehamilan, biasanya calon ibu bisa sangat sensitive dan selalu ingin buang air kecil saat perutnya di tekan.

Baca juga:  MPASI Anti Bingung, Coba Ide Cemilan Bayi 6 Bulan Ini!

9. Pusar terasa sakit

Terkadang orang hamil akan merasakan sensasi nyeri di dalam pusarnya. Ini bisa disebabkan oleh peregangan kulit di perut Bunda atau bisa juga karena masalah otot. Sebaiknya Bunda segera melakukan tes kehamilan dan pemeriksaan lanjutan jika mersakan pusar terasa sakit.

Tenaga kesehatan mungkin memiliki beberapa saran untuk membantu meringankan rasa sakit. Tetapi jangan khawatir bagi kebanyakan orang, ini bersifat sementara saat perut meregang.

10. Kulit Perut Terasa Menonjol dan Gatal

ibuhamil
Sumber: Freepik

Kulit gatal, terutama di sekitar pusar, cukup umum terjadi selama kehamilan. Saat kulit meregang, kulit bisa teriritasi dan gatal, tetapi ini biasanya bersifat sementara dan normal.

Jadi sebaiknya jaga kebersihan kulit Bunda dengan sabun dan air agar tetap terhidrasi dengan baik, atau dengan dengan lotion favorit Bunda untuk meredakannya. Krim hidrokortison atau antihistamin yang dijual bebas dapat membantu untuk sementara, jika dokter sudah merekomendasikannya.

Baca Juga: Sehat Semasa Hamil dengan 10 Makanan Penguat Kandungan Ini

Tips Menjaga Kesehatan Saat Hamil

Ada beberapa tips dalam menjaga kesehatan saat hamil. Berikut sejumlah tipsnya.

  • Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang tidak matang, terlalu lama dingin, dan dibakar hingga warnanya menghitam. Sebab, makanan tersebut dikhawatirkan mengandung bakteri yang dapat menghambat perkembangan janin.
  • Rutin mengkonsumsi vitamin, seperti vitamin B atau asam folat.
  • Melakukan olahraga ringan hingga sedang, misalnya yoga. Hal ini agar dapat membantumu tidur lebih nyenyak, menguatkan otot, dan mengurangi sakit pinggang.
  • Jangan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Setelah membaca artikel diatas, pastinya sekarang mom’s sudah mengetahui bagaimana cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut. Untuk lebih memastikannya, tidak ada salahnya jika mom’s melanjutkan dengan pemeriksaan medis yang lebih tepat dan akurat.