Ingin Menjalin Komunikasi yang Efektif dengan Anak? Coba Lakukan Cara Ini!

Membangun komunikasi yang efektif dengan anak sejak dini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak, lho. Selain itu, manfaat lainnya adalah dapat membuat anak merasa lebih berharga, membangun konsep diri anak yang positif, serta dapat membantu anak dalam membangun hubungan sosialnya dengan baik. Mungkin kamu pernah melihat anak kecil yang pemalu di depan orang lain? Hal tersebut mungkin salah satu penyebabnya adalah karena komunikasi orang tua dengan anak yang kurang terjalin dengan baik.

Komunikasi yang efektif dengan anak tidak hanya melibatkan anak dalam pembicaraan saja. Namun lebih dari itu, sebagai orang tua kamu harus mendengarkan anak dengan baik. Dengan begitu, komunikasi secara dua arah dapat terjadi antara orang tua dan anak. Kemampuan kamu dalam mendengarkan anak sejatinya memang sangat penting untuk membangun komunikasi yang efektif.

Manfaat Menjalin Komunikasi Efektif dengan Anak

komunikasi yang efektif

Kenapa komunikasi dalam keluarga, khususnya antara orang tua dan anak sangat dibutuhkan? Apa saja sih manfaat yang akan didapatkan dari menjalin komunikasi yang baik? Berikut ini beberapa manfaat dari komunikasi yang baik dalam keluarga, antara lain adalah:

  1. Untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini sangat penting, karena hubungan antara orang tua dengan anak dapat membantu orang tua untuk memahami apa yang disukai oleh anak.
  2. Adanya komunikasi yang baik dalam keluarga juga dapat membangun kepercayaan satu sama lain, sehingga dapat tercipta kejujuran. Setiap anggota keluarga juga bisa merasa lebih nyaman dan percaya diri untuk menceritakan kehidupan mereka satu sama lain.
  3. Komunikasi yang terjalin dengan baik juga akan membawa pengaruh yang  positif dalam lingkungan keluarga. Misalnya kebiasaan saling bertegur sapa, menyayangi, menghargai, menghormati, dan sikap lainnya juga dapat menyalurkan energi positif di dalam lingkungan keluarga.
  4. Jika terbiasa berkomunikasi, maka secara tidak langsung baik orang tua maupun anak juga belajar menjadi pendengar yang baik dan memperhatikan seseorang ketika berbicara. Selain itu juga dapat belajar cara komunikasi yang baik dengan sikap tenang tanpa perlu berteriak dan anarkis.
  5. Komunikasi yang baik juga akan melatih sikap empati dan rasa kepedulian antara orang tua dan anak. Hal ini bukan hanya berlaku pada lingkungan keluarga saja, namun juga bisa diterapkan di lingkungan luar rumah. Dengan menjalin komunikasi efektif dengan anak, maka secara tidak langsung kamu juga sedang melatih anak agar lebih peka dengan lingkungan serta dapat saling memahami persamaan maupun perbedaan.
Baca juga:  6 Tips Komunikasi Bisnis Agar Usaha Lebih Sukses

Tips dan Trik Menjalin Komunikasi Efektif dengan Anak

komunikasi yang efektif

Seperti halnya yang telah diungkapkan oleh praktisi pendidikan Najeela Shihab, bahwa komunikasi sangat penting untuk dipelajari karena akan mempengaruhi cara berinteraksi dengan anggota keluarga. Berikut ini ada beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Keep scrolling!

  1. Yang paling utama adalah, dengarkan anak terlebih dahulu. Biarkan anak tahu bahwa kamu tertarik untuk mengetahui dunianya. Usahakan untuk tidak beralih ke televisi, koran, atau telepon ketika anak mulai berbicara.
  2. Berbicara dengan anak tentang hal-hal favorit anak. Tunjukkan rasa penasaran kamu pada apa saja yang sedang anak ceritakan, karena hal ini akan melatih anak untuk percaya diri ketika berbicara.
  3. Berikan anak waktu untuk memproses dan memahami apa yang kamu katakan. Dengan begitu, anak akan memiliki cukup waktu untuk merespon perkataan kamu.
  4. Siapkan anak untuk dunia yang lebih maju, bukan malah memaksa anak-anak untuk terlepas dari era teknologi yang serba canggih. Yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan anak  agar tumbuh dewasa, dan berikan contoh yang baik.
  5.  Berkomunikasilah dengan lebih sederhana dan jelas
  6. Jangan membuat anak merasa bingung dengan menunjukkan sikap dan perkataan yang rumit. Karena anak bisa saja salah mengartikan perkataan atau gerak tubuh kamu, jika hal itu terlihat rumit.
  7. Berikan kata-kata yang memotivasi anak, buatlah anak merasa aman, dan berikan anak kebebasan penuh untuk berkarya sesuai dengan keinginannya.
  8. Ajak anak untuk turut serta dalam berdiskusi. Kamu bisa menciptakan percakapan yang membuat anak untuk berpikir, melibatkan anak dalam memilih sesuatu, dan lain sebagainya. Melatih critical thinking anak bisa dimulai sejak dini dengan hal-hal yang sederhana. Dengan begitu, anak akan merasa bahwa pendapatnya juga diperlukan.
Baca juga:  Daging Sapi: Kandungan, Manfaat, dan Olahannya untuk Anak

Mengapa Menjalin Komunikasi yang Efektif itu Penting?

komunikasi yang efektif

Komunikasi yang efektif dengan anak merupakan suatu hal yang sangat penting agar hubungan anak dan orang tua menjadi lebih erat. Anak-anak yang menjalin komunikasi efektif dengan orang tuanya akan tumbuh menjadi seseorang yang percaya diri dan bertanggung jawab, lho. Selain itu, komunikasi yang efektif juga bisa menumbuhkan kasih sayang pada orang lain. Namun tidak semua orang tua mengerti bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk membangun komunikasi efektif dengan anak. Itulah mengapa memahami tips dan trik menjalin komunikasi efektif seperti yang telah dijelaskan di atas diperlukan.