Met Gala: Sejarah hingga Kabar Terkini Tahun 2024, Ada Tema Baru!

Met Gala selalu menjadi agenda yang ditunggu-tunggu. Baik oleh para penggemar selebriti maupun fashion enthusiasts. Ketika acara ini berlangsung, semua orang di media sosial tiba-tiba berubah menjadi pengamat mode. Tiap tampilan selebriti yang hadir dinilai dengan sangat detail. Mulai dari keserasian dengan tema, hingga tampilannya.

Tahun ini, Met Gala 2024 akan mengusung tema “The Garden of Time”. Tema ini terinspirasi dari cerita pendek berjudul sama karya J.G. Ballard yang diterbitkan pada tahun 1962. Sebelum melihat acara bergengsi di Amerika ini, simak beberapa informasi pentingnya di sini. Mulai dari sejarah, hingga penjelasan tema barunya.

met gala
Sumber: Pinterest

Apa Sih, Met Gala? Kenapa Populer?

Met Gala adalah acara tahunan yang diselenggarakan di New York untuk The Metropolitan Museum of Art & Costume. Acara ini menggabungkan fashion, seni, dan budaya, dan menampilkan beberapa orang paling terkenal di dunia. Tujuan dari acara ini adalah menggalang dana untuk departemen kostum dan fashion pada museum tersebut. Acara ini dikenal sebagai puncak kegemilangan dunia mode dan Hollywood, selalu diadakan pada Senin pertama bulan Mei. Agenda ini bukan hanya pagelaran mode, tetapi sebuah pertunjukan seni yang memukau.

Sejarah

Met Gala pertama kali diadakan pada tahun 1948 untuk mengumpulkan dana untuk Costume Institute, departemen pakaian di Metropolitan Museum of Art. Acara ini awalnya dikenal sebagai Costume Institute Gala, dan diadakan untuk merayakan pembukaan pameran baru di museum. Pada tahun 1973, Anna Wintour, editor Vogue, menjadi ketua acara penggalangan dana yang bercampur dengan fashion ini. Wintour bertanggung jawab untuk mengubah acara tersebut menjadi acara yang glamor dan eksklusif. Dia juga memperkenalkan tema tahunan, yang membantu membuat acara tersebut lebih menarik dan inovatif.

Baca juga:  8 Fakta Menarik Alice in Borderland Season 2, Lebih Sadis!

Tema 2024

met gala
Sumber: Pinterest

“Sleeping Beauties: Reawakening Fashion” tahun ini akan membawa kita ke dalam perjalanan melintasi 400 tahun sejarah mode dengan sekitar 250 item dari koleksi permanen Costume Institute. Pameran ini akan dibagi menjadi tiga “zona” utama: Daratan, Laut, dan Langit, menciptakan pengalaman visual yang luar biasa.

Tema Met Gala 2024 “The Garden of Time” menciptakan atmosfer misterius yang terinspirasi dari dunia fantasi dalam cerita pendek J.G. Ballard. Para tamu diundang untuk menafsirkan tema ini dengan gaya mereka sendiri, dan diharapkan untuk tampil dengan busana yang memadukan unsur-unsur taman, waktu, dan fantasi.

Hal ini sejalan dengan pameran “Sleeping Beauties: Reawakening Fashion” yang diadakan di Costume Institute, Metropolitan Museum of Art. Pameran ini akan menampilkan 400 tahun sejarah mode dengan fokus pada gaun tidur dan pakaian yang terinspirasi dari tidur.

“The Garden of Time” adalah cerita pendek yang ditulis oleh Ballard. Bercerita tentang Count Axel dan istrinya, Countess, yang hidup dalam dunia utopis mereka di tengah seni dan segala keindahan dalam hidup. Mereka tinggal di sebuah vila dengan teras yang menghadap ke taman penuh dengan bunga crystalline yang memiliki daun tembus pandang, batang berkilau seperti kaca dan kristal di tiap putiknya.

Dalam setiap karya Ballard, ada elemen distopia yang mengaburkan surga dunia utopia ini. Di luar tembok vila Count Axel, kekacauan semakin mendekat setiap jamnya. Untuk memulihkan ketenangan, Count Axel harus memetik bunga pembalik waktu dari kebunnya hingga tidak ada lagi yang tersisa. Cerita ini berakhir dengan gerombolan yang kalut masuk ke vila, yang sekarang menjadi properti terlantar dengan taman yang terbengkalai, di mana patung Count dan Countess berdiri terjerat tanaman belladonna yang berduri.

Baca juga:  Kisah Perempuan Tanah Jahanam di Ajang Piala Oscar

Informasi Tanggal, Lokasi dan Co-Chairs

met gala
Sumber: Pinterest

Met Gala 2024 akan dipimpin oleh 4 co-chairs yang luar biasa: Zendaya, Jennifer Lopez, Bad Bunny, dan Chris Hemsworth. Keempatnya akan membawa perspektif dan gaya mereka yang unik ke dalam acara ini. Acara ini akan diadakan pada Senin, 6 Mei 2024, bertepatan dengan musim semi. Acara ini akan berlangsung di Metropolitan Museum of Art, New York City.

Dresscode untuk agenda tersebut adalah “keanggunan abadi”. Para tamu diimbau untuk mengenakan busana yang mencerminkan tema “The Garden of Time” dengan sentuhan keanggunan dan keabadian.

Met Gala 2024 menjanjikan untuk menjadi acara yang spektakuler dengan tema yang menarik dan co-chairs yang luar biasa. Para tamu diharapkan untuk tampil dengan busana yang memukau dan menginterpretasikan tema “The Garden of Time” dengan cara mereka sendiri. Sudah penasaran kan, dengan mode pakaian yang akan dibawakan oleh para selebritis dunia?