10 Ide Model Baju Bridesmaid Kekinian 2023

Pernikahan adalah momen terspesial seumur hidup. Pada acara ini, tentunya pengantin ingin menjadikan pernikahan yang paling berkesan sekali seumur hidup. Acara pernikahan tentunya kurang lengkap tanpa kehadiran sahabat ataupun kerabat terdekat. Biasanya, pengantin wanita akan memilih beberapa kerabat atau sahabat yang dekat dan dijadikan sebagai bridesmaid. Jika kamu dipillih sahabatmu sebagai bridesmaid, selamat! Saatnya mencari model baju bridesmaid yang cocok untuk momen spesial sahabatmu.

Penampilan cantik bridesmaid dengan model baju yang beraneka ragam selalu berhasil mencuri perhatian. Jika dilihat, istilah bridesmaid sering disamakan dengan pagar ayu. Padahal kedua istilah itu berbeda. Apa saja ya, bedanya? Dan kira-kira model baju bridesmaid mana yang akan kamu pilih untuk pernikahan sahabat? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

model baju bridesmaid
Sumber: Pinterest

Perbedaan Pagar Ayu dan Bridesmaid

Terdapat beberapa perbedaan antara pagar ayu dan bridesmaid, antara lain:

  1. Pagar ayu mempunyai arti sebagai pengiring pengantin wanita, sedangkan bridesmaid diartikan sebagai pendamping pengantin wanita.
  2. Bridesmaid lebih sering dipilih dari kalangan di luar keluarga atau dari lingkup pertemanan sang pengantin. Sedangkan pagar ayu dipilih dari kalangan keluarga.
  3. Pakaian atau baju yang dikenakan pagar ayu lebih bertema adat, umumnya adat Jawa. Sementara itu, untuk model baju bridesmaid lebih terkesan modern.

10 Model Baju Bridesmaid Kekinian

Beberapa model baju bridesmaid yang bisa kamu tiru, baik untuk yang berhijab ataupun tidak.

1. Satin Kombinasi Brokat

model baju bridesmaid
Sumber: Pinterest

Pada desain baju ini, kain brokat bisa dijadikan sebagai bahan atasan, sedangkan kain satin digunakan sebagai bawahan atau seluruhnya dibuat model baju bridesmaid satin. Desain yang unik tersebut membuat baju model ini jadi terlihat cantik dan elegan, dengan nuansa klasik dan modern sekaligus. Tambahan aksesoris berupa pita di bagian pinggang membuat tampilan kamu terkesan jadi makin ramping. Bagi kamu yang berhijab tidak perlu khawatir, karena model dress bridesmaid hijab ini juga sangat ramah dipakai. Sekalipun ada tambahan aksen pita, bentuk tubuh kamu tetap tidak akan terlihat jelas.

Baca juga:  6+ Warna yang Cocok untuk Kulit Hitam, Kontras!

2. Model Mermaid

model baju bridesmaid
Sumber: Pinterest

Baju model mermaid ternyata tidak hanya digunakan sebagai model gaun pernikahan saja, tapi juga cocok untuk baju bridesmaid. Model ini mempunyai ciri khas berupa baju yang dibuat pas pada bagian atas dan melebar di bagian bawah. Model ini terinspirasi dari bentuk putri duyung. Kalau kamu ingin mendesain baju bridesmaid dengan model mermaid, kamu bisa mengkombinasikannya dengan aksesoris berupa bordiran di bagian atas baju. Sementara di bagian bawah, kamu bisa tambahkan kain tulle. Kombinasi kedua bahan ini dijamin membuat kamu jadi tampil elegan dan mewah.

3. Warna Pastel

model baju bridesmaid
Sumber: Pinterest

Kamu tipe yang anti mainstream tapi ingin tetap tampil sederhana disaat bersamaan? Kalau begitu, kamu dan teman-teman bridesmaid yang lain bisa menggunakan gaun berwarna soft. Meskipun tampilannya jadi berwarna-warni dan tidak seragam, tapi justru itu keunikannya. Apalagi gaun yang digunakan berwarna pastel, bukannya terlihat norak tapi justru terlihat cantik dan menarik. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kamu bersama teman-teman mendiskusikan ide ini kepada calon pengantin. Jangan lupa juga untuk memberikan gambaran secara detail tentang gaun yang akan kalian gunakan, ya.

4. Kebaya dan Jarik

model baju bridesmaid
Sumber: Pinterest

Model baju bridesmaid ini terlihat elegan karena ada tambahan aksen seperti belt namun terbuat dari payet. Kemudian untuk bagian lengan tangannya dibuat seperti balon, sehingga terlihat mengembang. Sedangkan bagian bawahnya, lebih manis bila memiliki detail asimetris. Tak lupa untuk sentuhan akhir, hijab yang dikenakan pilih dengan warna yang senada dengan bajunya. Untuk bagian rok batiknya sendiri, anda bisa membuat model baju bridesmaid hijab seprti rok sepan pada umumnya.

5. Model Peplum

model baju bridesmaid
Sumber: Pinterest

Jika ingin mengenakan baju bridesmaid simpel dan terlihat elegan, maka pilihlah model baju bridesmaid  peplum dengan warna soft atau pastel. Untuk bagian atasan akan tampak lebar di bagian bawah dan berada di atas lutut. Sedangkan bawahannya berupa rok yang tampak lebar di bagian bawahnya menyentuh lantai. Kamu bisa memadukan dengan hijab berwarna senada yang diikat ke belakang.

Baca juga:  Bagaimana Cara Mengatasi Perilaku Konsumtif Generasi Milenial?

6. Cape Dress

model baju bridesmaid
Sumber: Pinterest

Model baju bridesmaid berikutnya adalah model cape dress. Yakni terdapat belahan pundak sampai ke bawah. Belahan itu tampak mirip seperti sayap kelelawar yang lebar. Nah, untuk kamu yang berhijab tetap bisa mengenakannya dengan menggunakan inner di dalam cape tersebut. Kamu bisa memilih cape dress biru muda, inner putih, dan hijab abu-abu muda. Tampilanmu akan semakin manis dengan tambahan aksesori berupa kalung mutiara putih.

7. Model Hanbok

model baju bridesmaid
Sumber: Pinterest

Model baju bridesmaid yang satu ini terinspirasi dari baju tradisional khas Korea, yaitu hanbok. Modelnya yang cantik dan unik, menginspirasi banyak orang untuk menjadikannya gaun bridesmaid. Gaun ini mempunyai desain sederhana dan tidak perlu menambahkan terlalu banyak aksesoris. Namun, kamu tetap bisa menambahkan aksesoris seperti manik-manik di beberapa bagian agar gaunmu menjadi semakin menawan. Desain yang simpel membuat baju bridesmaid ini mudah untuk kamu gunakan. Jika kamu berhijab, jangan lupa gunakan kerudung dengan warna senada agar penampilanmu lebih sempurna.

8. Baju Kurung

model baju bridesmaid
Sumber: Pinterest

Baju kurung adalah model busana khas Malaysia. Di mana untuk perempuan mengenakan atasan yang memanjang sampai lutut dan rok panjang sampai menutupi mata kaki. Model ini terbilang simpel. Bahkan untuk hijabnya juga dengan gaya yang sederhana sudah bisa membuat penampilan kamu terlihat anggun.

9. Tunik dan Celana Panjang

model baju bridesmaid
Sumber: Pinterest

Baju tunik adalah pakaian dua potong yang dibuat dengan bahan linen dengan panjang hingga ke lutut atau lebih. Pada umumnya, tunik cocok digunakan untuk acara formal maupun non formal. Jadi, tak ada salahnya jika anda mengambil model baju bridesmaid hijab dengan style tunik yang dipadukan dengan gaya celana pilihanmu.

10. Kebaya dengan Tambahan Selendang

model baju bridesmaid
Sumber: Pinterest

Ide baju bridesmaid yang terakhir adalah kebaya modern dengan aksen selendang. Desain baju ini seperti kebaya pada umumnya, dengan bahan kain brokat dan bawahan batik. Namun, yang membuatnya berbeda adalah tambahan aksesoris berupa selendang, menjadikan tampilan kamu jadi tambah modis. Pilihan bahan berwarna soft dan juga sedikit aksen manik-manik menjadikan baju kebaya ini semakin outstanding.

Nah, itulah beberapa informasi yang berhubungan tentang model baju bridesmaid yang mungkin bisa kamu gunakan untuk pernikahan sahabatmu. Meskipun sederet tugas menanti untuk dikerjakan, tapi tak menghalangi seorang bridesmaid untuk tampil cantik dan elegan dengan gaun yang indah. Dari semua model baju di atas, mana yang paling kamu suka?