10+ Rekomendasi Model Rok Panjang untuk Kegiatan Sehari-hari

Salah satu item pakaian yang harus ada dalam setiap lemari wanita adalah rok. Terlebih, untuk para hijaber. Rok panjang ini dapat membuatmu terlihat lebih anggun dan feminim dalam berbusana. Beberapa orang di sosial media membagikan ide padu padan pakaian dengan model rok panjang yang beragam.

Tren berbusana yang kini sangat ramai yaitu gaya yang berporos pada gaya Korea yang estetik, contohnya seperti pada rok panjang yang menjadi salah satu item yang paling banyak dicari karena sangat cocok untuk digunakan siapa saja, termasuk hijabers. Untuk mengetahui jenis rok panjang yang sesuai untuk bentuk tubuhmu dan ide padu padan pakaian untuk kegiatan harianmu, simak artikel ini sampai habis, ya!

Sumber: Pinterest

Tips Memilih Rok Panjang Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Rok panjang adalah andalan untuk wanita berhijab tampil feminin dan tetap terlihat santun yang tetap membuat tampilan rok menjadi lebih proporsional tanpa harus menonjolkan lekuk tubuh. Kuncinya yaitu dengan memilih model rok panjang sesuai dengan bentuk tubuh. Berikut beberapa tips memilih rok panjang yang sesuai dengan bentuk tubuh.

1. Rok Plisket untuk Bentuk Tubuh Hourglass

Sumber: Pinterest

Bentuk tubuh hourglass yaitu garis bahu dan pinggul yang lebar namun mempunyai pinggang yang kecil. Jika kamu memiliki bentuk tubuh seperti ini, maka penggunaan rok model plisket akan sesuai dengan tubuhmu. Maksimalkan dengan penggunaan aksesori berupa sabuk untuk menegaskan garis pinggang yang kecil. Hal ini akan membuat tubuhmu akan kelihatan lebih proporsional.

2. Rok High-Waisted untuk Tubuh Mungil

Sumber: Pinterest

Wanita yang memiliki tubuh mungil memang harus pintar memilih pakaian supaya tidak terkesan “tenggelam”, sehingga akan lebih tricky ketika memilih rok panjang. Ada beberapa pilihan model rok yang dapat membuat tubuh mungilmu tampak lebih tinggi dan jenjang, seperti rok high-waist. Rok ini mampu menciptakan ilusi kaki yang lebih jenjang, sehingga kamu akan terlihat lebih tinggi daripada biasanya.

Baca juga:  Anti Gagal! Begini Cara Menghilangkan Bau Sepatu yang Tepat

3. Rok Tumpuk untuk Tubuh Kurus

Sumber: Pinterest

Gunakan busana yang akan memberikan ilusi agar tubuhmu terlihat lebih berisi. Hindarilah penggunaan rok dengan motif vertikal yang justru akan membuat tubuhmu menjadi terlihat makin kurus. Jenis rok panjang yang cocok digunakan untuk para hijabers bertubuh kurus yaitu rok dengan penggunaan model bertumpuk atau layering.

4. Rok Tutu untuk yang Berpostur Tinggi

Sumber: Pinterest

Wanita yang mempunyai postur lebih tinggi cenderung lebih mudah untuk memilih jenis rok panjang, sehingga kamu bisa memilih rok tutu maupun rok plisket yang membuatmu akan tampil dengan lebih anggun. Rok tutu maupun rok plisket sama-sama mempunyai keuntungan yang mudah dipadukan dengan berbagai jenis atasan dan membuat mix and match dengan atasan akan lebih mudah dan bervariasi.

7 Rekomendasi Model Rok Panjang untuk Kegiatan Sehari-Hari

Selain 4 jenis rok panjang yang sudah dijelaskan di atas, berikut ulasan tentang 7 model rok lainnya untuk kegiatan sehari-hari.

1. Rok Denim

Sumber: Pinterest

Jenis rok panjang dari bahan denim pastinya lebih nyaman kamu pakai dalam berbagai kesempatan yang santai. Rok panjang berbahan denim memang karakternya lebih sporty dan kasual. Rok denim juga bisa menjadi alternatif buat kamu yang tidak ingin tampil terlalu girly. Karet pada pinggang rok membuat kamu lebih nyaman dalam bergerak. Perkuat kesan sporty dengan sepatu kets.

2. Rok Sepan

Sumber: Pinterest

Rok panjang yang satu ini sangat nyaman untuk dikenakan. Hal ini akan membuatmu akan tampil mempesona di setiap suasana maupun di setiap acara apapun yang akan kamu hadiri. Jika kamu ingin mendapatkan kesan formal, kamu dapat mengkombinasikan saja dengan kemeja lengan panjang dengan warna yang senada maupun sesuai yang kamu punya di lemarimu. Kamu juga bisa memadukan rok sepan dengan kaos untuk kesan kasual, sehingga kamu dapat menentukan gayamu sendiri.

3. Rok Lilit

Sumber: Pinterest

Rok lilit yang terbuat dari kain batik ini memang bisa membuat yang memakainya terlihat anggun dan feminin. Itulah sebabnya model rok lilit batik menjadi favorit banyak wanita. Sudah banyak kain batik didesain dalam bentuk rok lilit yang jauh lebih simpel ketimbang harus melilit kain. Jika ada cara yang lebih simpel kenapa kita harus repot memilih cara yang rumit, kan?

4. Rok Lipit A-line

Sumber: Pinterest

Rok panjang dengan model lipit (A-line)masih menjadi tren hingga saat ini. Item mode ini cocok kamu pakai ke acara resepsi dan kondangan. Bukan itu saja, rok model ini juga bisa dijadikan outfit untuk ke kantor karena  menimbulkan kesan formal. Bentuk rok panjang lipit ini akan membentuk pinggang kamu menjadi lebih ramping, lho. Model seperti ini sangat tepat dipakai oleh kamu yang merasa mempunyai postur tubuh yang besar.

Baca juga:  10 Ide Warna Hijab yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

5. Rok Serut

Sumber: Pinterest

Rok serut dapat kamu gunakan untuk penampilan yang unik dan menarik perhatian. Model serut pada rok di bagian samping memberikan detail yang berbeda. Belum lagi tambahan ruffle yang ada di ujung rok panjang membuat penampilan kamu makin mempesona. Serut membuat bagian rok terangkat pada satu sisi. kamu bisa menonjolkannya dengan pemilihan sepatu yang tepat. Rok serut menjadi model rok panjang kekinian yang pantas dicoba.

6. Rok Pensil

Sumber: Pinterest

Rok pensil atau pencil skirt jadi salah satu fashion item yang kembali tren di tahun 2022. Kendati identik dengan bawahan yang dipakai sebagai pakaian untuk bekerja, kini rok pensil lebih fleksibel dan dapat dipakai untuk berbagai gaya lainnya. Perempuan berhijab pun bisa tampil trendy dengan rok pensil untuk berbagai gaya kasual yang cocok untuk sehari-hari.

7. Rok Celana

Sumber: Pinterest

Bagi kamu yang berhijab dengan aktivitas tinggi, jangan khawatir dengan pemilihan busana. Saat ini tersedia model rok celana yang mampu membuat penampilan tetap modis. Dengan modelnya yang beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan aktivitas harianmu. Untuk bisa menemukan busana yang tepat, fashion terbaru ini bisa kamu jadikan pilihan. Rok celana ini selain bisa untuk acara kasual dan formal, ada juga yang digunakan untuk aktivitas outdoor, lho!

Itulah 11 pilihan model rok panjang yang bisa kamu gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Selain untuk menutup aurat, rok juga memiliki peran penting dalam mempercantik gaya para hijabers. Karena itu, pilihlah rok dengan model yang sesuai dengan bentuk tubuhmu agar penampilan makin kece. Namun, kamu perlu berhati-hati jika terbiasa menggunakan kendaraan roda dua. Saat menggunakan rok yang cukup lebar, pastikan untuk melipat sebagian rok ke bagian dalam agar tidak masuk ke jeruji motor.