Motivasi Hidup Setelah PHK Agar Sukses Tetap Milikmu

Bekerja bertahun-tahun dan tiba-tiba mendapatkan pengalaman PHK tentunya bukan hal yang menyenangkan. Tapi di saat resesi ekonomi terjadi, hal ini memang salah satu hal yang tidak dapat dihindari. Untuk tetap dapat melanjutkan hidup dengan baik, beberapa motivasi hidup di bawah ini mungkin dapat membuatmu bersemangat kembali selepas PHK.

Motivasi Hidup Ketika Terkena PHK

Terkena PHK Bukan Berarti Pecundang

kamu bukan pecundang

Keputusan PHK bukan didasarkan pada penilaian bahwa kamu tidak berguna. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri saat kamu masuk daftar pegawai yang terkena PHK. Tak ada yang salah denganmu. Kamu adalah makhluk yang spesial dan unik. Yakini hal ini sebagai bagian dari motivasi hidup diri kamu.

Bukan Kamu Sumber dari PHK

bukan kamu sumber PHK

Bisa jadi problemnya ada pada perusahaan tempatmu bekerja. Perusahaan tak mampu menyelenggarakan bisnis dengan baik serta tidak mampu memberikan manfaat bagi usaha dan produktivitas pegawainya. Ketidakmampuan perusahaan inilah yang menyebabkan pemilik usaha harus memangkas karyawannya. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri karena PHK. Jika ingin menyalahkan pihak lain sebagai proses pemulihan diri dari kekecewaan, tujukkan saja pada kalangan eksekutif di perusahaan yang masih saja mendapat gaji besar di saat perusahaan terpuruk secara finansial. Banyak contoh menjadi bukti, bagaimana perusahaan besar bangkrut dan lebih mengorbankan karyawan melalui PHK untuk menyelamatkan bisnisnya

PHK Adalah Jalan Lain Menemukan Passion-mu

phk akan memberi motivasi hidup untuk menemukan passion

Jika selama ini kamu terkungkung dengan pola 8 jam kerja. Bahkan masih ada tambahan waktu untuk lembur yang kadang lebih menguras tenaga. Maka kamu harus mengetahui bahwa dengan adanya PHK, kamu mungkin akan menemukan kenikmatan yang lain. Kamu bisa mengembangkan passion yang selama ini tidak sempat kamu lakukan karena terbatasnya waktu. Dengan mengembangkan passion yang kamu miliki, kamu berpeluang untuk lebih sukses dan bahkan memiliki karier baru, serta lebih bahagia.

Baca juga:  Belajar Sukses Melampaui Batas Usia dari Fakta Colonel Sanders

PHK Membuatmu Lebih Kreatif

kreatif setelah phk

Banyak pengusaha sukses yang mampu memiliki bisnis sendiri setelah mengalami PHK. Motivasi hidup untuk lebih kreatif biasanya yang menjadi latar belakangnya. Keadaan yang terjepit, membuat adrenalin seseorang terpacu untuk mencari jalan keluar dengan segera. Bentuk kreativitas ini biasanya akan menghasilkan solusi berupa usaha. Jadi jangan cepat menyerah karena PHK.

PHK Membuatmu Dekat dengan Keluarga

keluarga adalah motivasi hidup yang bisa kamu miliki selepas PHK

Dampak  positif dari adanya PHK adalah membuat kita lebih dekat dengan keluarga. Tanpa kamu sadari, waktu yang sering kamu gunakan untuk bekerja, sering membuatmu jauh dari keluarga. Belum lagi jika masih banyak pekerjaan ekstra yang harus kamu selesaikan bahkan di malam hari atau di akhir pekan.

Dengan adanya PHK, mungkin ini menjadi kesempatan untuk sejenak menghabiskan waktu bersama keluarga. Menebus semua kesibukan yang membuatmu tidak sempat berada di samping mereka. Habiskan waktu luang dengan berkualitas, galilah ide-ide segar dari keluarga. Jadikan keluarga sebagai motivasi hidup untuk lebih sukses melangkah di masa depan.

PHK adalah Cuti Sejenak

jadikan PHK sebagai motivasi sejenk bahwa kau sedang beristirahat

Tanamkan dalam pikiran bahwa kamu tidak akan menganggur selamanya. Anggap PHK ini sebagai jeda untuk cuti sejenak dari segala aktivitas yang telah kamu lakukan selama ini. Bahwa PHK ini adalah hadiah istirahat karena selama ini kamu sudah rajin bekerja. Karena ini adalah sebuah hadiah sementara, kamu harus memiliki keyakinan bahwa setelah ini kamu akan memiliki pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya. Jadikan masa cuti PHK ini sebagai motivasi hidup dan sarana mengumpulkan energi untuk memiliki usaha ataupun bekerja lebih dahsyat kedepannya.

PHK adalah Jalan Menjadi Bos

menjadi bos untuk diri sendiri
sumber : ilovelife.com

Ketika kamu sudah lama sebagai karyawan, bukan tidak mungkin kamu akan melihat pola tersebut secara permanen dalam hidupmu. Kamu tidak melihat peluang, bahwa kamu pun bisa menjadi seorang bos, pemilik dari sebuah usaha. Dengan adanya PHK dan masa sulit yang dialami beberapa perusahaaan, mau tidak mau kamu akan terpikir untuk membangun sebuah usaha. Dengan memiliki sebuah usaha, sekecil apapun tetap akan membuatmu menjadi bos nya. Hebat bukan?

Baca juga:  5 Orang Terkaya di Dunia dan Kalimat Inspiratifnya

Hal Penting Selepas PHK

Selain memiliki motivasi hidup di atas selepas PHK ada lagi yang bisa kamu lakukan yaitu

Bersikap Tenang

Tak ada gunanya marah ataupun menumpahkan segala kekecewaan dengan emosi, bagaimanapun PHK tersebut telah terjadi dan dilakukan oleh pihak perusahaan, maka bersikaplah bijak menghadapinya. Tenangkan pikiran dan jangan terbawa suasana hati, cobalah untuk tetap tenang dan bersikap wajar di depan pihak perusahaan.

Ketahui dengan jelas menganai alasan PHK yang kamu hadapi, jangan terprovokasi oleh orang lain dan mendapatkan informasi yang salah mengenai hal ini. Tanyakan segala sesuatunya dengan jelas, termasuk mengenai hak-hak kamu, seperti, pesangon, asuransi, dan juga hak lainnya yang bisa kamu dapatkan.

Jangan Menyalahkan Siapapun

Dalam kejadian PHK, maka seringkali pekerja akan menyalahkan pihak perusahaan dan bahkan tindakan seperti ini bisa dipastikan akan terjadi. Jangan menyalahkan pihak perusahaan, sebab PHK adalah sebuah hal yang dilakukan dengan penuh pertimbangan dan tidak serta merta diputuskan dalam semalam.

Perusahaan pasti telah mempertimbangkan dengan matang mengenai dampak dan juga akibat yang akan diambil dari kejadian PHK, bisa jadi hal inilah satu-satunya jalan keluar untuk mempertahankan kinerja perusahaan. Namun di balik semua itu, yang paling tidak boleh kamu lakukan adalah menyalahkan diri sendiri. PHK merupakan hal yang berada di luar kendali, jadi jangan salakan diri kamu atas kejadian tersebut.

Jangan Terpuruk dan Mengurung Diri 

PHK adalah hal yang sulit untuk dihadapi dan tentunya akan menjadi beban yang cukup berat. Menerima keadaan dan kembali bangkit adalah hal realistis yang bisa kamu kerjakan. Sikap menerima kondisi terburuk dalam karier dan pekerjaan akan memudahkan kamu mengatasi keadaan sulit ini.

Pahamilah, kamu, sebagai pegawai, tak memiliki wewenang untuk membuat keputusan dalam mempertahankan posisi. Keputusan perusahaan untuk memangkas jumlah karyawan dipengaruhi birokrasi korporasi, termasuk di dalamnya motivasi politik dari orang-orang yang punya kuasa. Saat PHK menjadi pilihan perusahaan, terimalah kenyataan pahit ini, berikan waktu dan perhatian untuk diri sendiri, lalu lanjutkan hidup kamu.

Semoga tulisan di atas bisa menjadi dorongan dan motivasi hidup saat PHK menghampiri di masa sulit ini. Ingatlah bahwa roda kehidupan akan selalu berputar. Apa yang menjadi keluh kesahmu hari ini, bukan tidak mungkin akan menjadi inspirasi kisah suksesmu esok hari. Tetaplah bersemangat dan optimis.