Motivasi Wirausaha Bob Sadino: Siapa Saja Boleh Kaya

Sebagai ikon entrepreneur Indonesia, Bob Sadino terkenal karena berkemauan keras  dan tidak takut risiko. Meskipun telah berpulang pada 19 Januari 2015 lalu akibat komplikasi penyakit, Bob Sadino tak hanya meninggalkan warisan bisnis raksasa. Bob juga meninggalkan cerita motivasi dan pelajaran penting dalam menjalani usaha yang akan dikenang seluruh masyarakat Indonesia sepanjang masa.

Dengan bercelana pendek jeans dan mengenakan kemeja lengan pendek, sosok Bob Sadino selalu dikenang sebagai seorang pengusaha sukses yang merintis usahanya benar-benar dari nol. Kisah hidup dan cerita motivasinya sangat menarik untuk diikuti.

Di bawah ini beberapa motivasi usaha seorang Bob Sadino yang cukup unik namun mudah di aplikasikan siapa saja.

Motivasi Wirausaha ala Bob Sadino

Dirimu yang Pertama

Sebagai seorang pelaku bisnis kamu tentu wajib menjadi contoh dan teladan bagi karyawan. Sebelum mengeluh kepada seseorang karena kinerjanya yang tampak kurang baik, pastikanlah bahwa dirimu mempunyai performa yang lebih bagus dibandingkan yang bersangkutan.

Jangan sampai memberikan contoh yang buruk kepada orang lain namun mengharapkan mereka bisa menampilkan kinerja yang baik.

Kosongkan Gelas

sumber : www.oprah.com

Setiap kali beliau bertemu dengan orang yang baru seorang Bob Sadino  selalu membuka pikirannya, inilah yang dimaksud dengan mengosongkan gelas. Karena setiap individu memiliki pola pemikiran yang tidak sama.

Sering kali dengan adanya berbeda pemikiran tersebut dapat memberikan pengetahuan baru, atau justru memberitahukan tentang bagaimana contoh pemikiran yang keliru agar tidak perlu kamu gunakan di lain waktu.

Karena itu jika kedepannya bertemu dengan seseorang yang baru atau asing sebaiknya lebih terbuka untuk bisa menerima apa yang orang pikirkan dan mau mendengar pendapat orang lain. Dengan demikian kamu juga bisa memperoleh pengetahuan baru yang tentunya bermanfaat untuk diri sendiri.

Baca juga:  Mengenal Bong Joon Ho dan Rekomendasi 5 Film Suksesnya

Semangat Ketika Rugi, Bersyukur Ketika Untung

bersyuku dan semangat
sumber : www.neroadstreatment.org

Terkadang jika sudah merasa senang, orang akan lupa dengan rasa syukur. Rasa syukur sebenarnya adalah satu dari beberapa kunci untuk bisa maju. Oleh karena itu sebaiknya kita ingat untuk tetap bersyukur dalam berbagai kondisi baik itu sesuatu yang baik maupun buruk yang Kamu hadapi.

Rasa syukur akan membuat Kamu justru bersyukur dan jadi semakin termotivasi agar dapat memperbaiki diri jadi lebih baik, tidak hanya dengan mengeluh dan berdiam diri.

Mindset Seorang Bos

Keberanian dibutuhkan untuk memulai sebuah bisnis, karena sebagai seseorang yang memulai bisnis, berarti kamu harus berani dalam mengambil sebuah keputusan meski memiliki risiko yang tinggi. Sekecil apapun bisnis yang kamu jalankan tersebut akan lebih berarti jika dibandingkan dengan seorang pegawai yang hanya bekerja pada zona dimana mereka lebih merasa nyaman.

Jangan pernah meremehkan sebuah bisnis meski bisnis yang dijalankan tersebut terlihat sederhana karena pemilik dari bisnis tersebut tetap merupakan bos, bukanlah seorang pegawai.

Rasional dalam Berharap

Harapan memang bisa membuat kita berpikiran positif dan menjadi lebih semangat. Namun terkadang seseorang bisa lupa bahwa tidak semua harapan bisa akan terwujud.

Bila terlalu menaruh harap, akan ada kemungkinan jika nanti tidak siap saat menghadapi keadaan dimana harapan tidak terjadi. Namun hal ini bukan berarti jika tidak menaruh harapan terhadap sesuatu, boleh saja asalkan jangan biarkan harapan yang Kamu miliki menjadi bumerang buat dirimu.

Setiap Orang Punya Kelebihan

Siapa saja bisa berbisnis, tidak harus mempunyai pendidikan tinggi untuk dapat menjadi pengusaha. Jadi sebaiknya berhentilah untuk memandang seseorang dengan sebelah mata sebab kamu tidak mengetahui apa potensi yang ada di dalam diri seseorang. Jangan sampai kamu merasa sombong hanya karena mempunyai pendidikan tinggi.

Baca juga:  6 Fakta Menarik Pembalap Fenomenal Ayrton Senna

Tampilkan Kenyataan

Sering kita melihat bahwa sebagian orang ingin tampil/terlihat mewah, padahal pada kenyataannya mereka tidak memiliki harta seperti yang diperlihatkan. Sebaiknya berpenampilan dan berperilakulah seperti kemampuan yang kamu punya.

Tidak ada keuntungan pula untuk berpura-pura sebagai orang yang kaya, nantinya orang juga akan mengetahui pula bagaimana kenyataannya.

Selalu Belajar

Seseorang yang merasa bila dirinya bodoh biasanya akan lebih terbuka untuk belajar, dan akan mendapatkan banyak ilmu pula.

Tetapi orang-orang yang angkuh, merasa dirinya mampu sehingga tidak mau membuka diri dan  mempelajari hal yang baru. Orang seperti ini akan selalu memiliki pengetahuan yang terbatas. Hanya pada apa yang sudah ia kuasai saja.

Uang Bukanlah Modal Utama

uang bukanlah modal otama. motivasi bob sadino

Untuk memulai sebuah bisnis tidak selalu wajib dimulai dengan memiliki modal yang besar. Modal yang seadanya pun bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Dengan catatan, kamu memiliki kemauan yang tinggi dan tidak mudah menyerah.

Memiliki sebuah ide besar adalah yang utama. Dengan ide tersebut, kamu bisa mendapatkan modal dari orang lain untuk bekerja. Sebuah ide besar juga akan membuatmu mampu melakukan inovasi untuk mengembangkan usaha.

Hindari Banyak Berpikir Sedikit Bertindak

Memiliki banyak teori tetapi minim aksi akan membuatmu jauh dari kata sukses. Sukses adalah apa yang kita usahakan hari ini. Bukan hanya sebuah rencana yang dilakukan nanti-nanti.

Siapa Saja Boleh Kaya

semua orang berhak kaya

Untuk bisa sukses tentu banyak hal yang harus kita perjuangkan dan juga tentu harus disertai kerja keras. Oleh sebab itu jangan putus asa meski kamu mempunyai banyak halangan. Karena sukses adalah kesempatan yang bisa dimiliki oleh semua orang.

Sangat inspiratif bukan? Jika kamu ingin segera mengikuti jejak sukses seorang Bob Sadino. Tidak ada salahnya kamu segera mengaplikasikan inspirasi wirausaha di atas. Ingatlah, sebuah kesuksesan berasal dari sebuah usaha secara terus menerus. Bukan hanya sebuah wacana semata.