Manfaat Mugwort bagi Kecantikan, Ini Rekomendasi Produknya

Dari zaman dahulu hingga era modern, berbagai budaya telah menemukan beragam cara untuk merawat kulit agar tetap sehat dan cantik. Salah satu rahasia kecantikan kulit yang tengah menjadi sorotan saat ini adalah penggunaan mugwort. Ini adalah tanaman ajaib yang telah menjadi favorit dalam dunia perawatan kulit. Mugwort (Artemisia vulgaris L.) , atau yang dikenal sebagai daun baru cina, bukanlah sekadar tanaman hias biasa.

Tumbuhan ini telah menjadi bahan utama dalam berbagai produk perawatan kulit Korea selama ratusan tahun. Dalam perjalanan panjangnya, mugwort tidak hanya diandalkan sebagai bahan masakan dan obat tradisional, tetapi juga sebagai elemen kunci dalam ritual kecantikan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Berikut manfaat dan rekomendasi produk perawatan kulit yang mengandung mugwort.

mugwort adalah
Sumber: iStockPhoto

Manfaat Mugwort untuk Kecantikan

Mugwort dinilai berkhasiat bagi kulit berkat kandungan senyawa antibakteri, antijamur, dan antiradang di dalamnya. Tanaman ini juga mengandung berbagai jenis vitamin dan antioksidan yang dapat memperkuat lapisan pelindung kulit. Manfaat mugwort adalah sebagai berikut.

1. Meredakan Gatal untuk Penderita Luka Bakar

Seiring pemulihan, luka bakar akan menimbulkan rasa gatal yang mengganggu. Hampir setiap orang yang mengalami luka bakar akan merasakan gatal pada area luka, tepi luka, atau bagian kulit yang menempel dengan kulit donor pada luka bakar yang parah. Salah satu penelitian menemukan bahwa losion mugwort berpotensi meredakan gatal pada penderita luka bakar. Losion tersebut dibuat dari ekstrak mugwort, mentol, etanol murni, dan air suling.

2. Mengurangi Stres

Mugwort memiliki kemampuan menenangkan sistem saraf, meningkatkan energi, serta meredakan kecemasan, gangguan tidur, dan depresi. Ini bisa menjadi solusi alami bagi mereka yang mencari cara untuk mengatasi stres sehari-hari. Suplemen atau teh mugwort dapat menjadi pilihan yang baik.

Baca juga:  8 Bahan Alami Atasi Kulit Kepala Kering yang Terbukti Ampuh

3. Meredakan Iritasi Kulit

Lapisan pelindung kulit yang rusak akibat penurunan produksi filaggrin dan loricrin merupakan salah satu faktor penunjang terjadinya eksim. Pada beberapa orang, kondisi ini juga bisa memperparah gatal akibat alergi. Senyawa antioksidan dalam mugwort berpotensi merangsang gen pembentuk filaggrin dan loricrin. Dengan cara ini, kulit lebih tahan terhadap keluhan gatal akibat eksim maupun reaksi terhadap alergi.

4. Mencegah Penuaan Dini

mugwort adalah
Sumber: iStockPhoto

Manfaat tanaman mugwort ini berkat kandungan vitamin E yang merupakan antioksidan. Vitamin ini mampu penuaan dini akibat paparan sinar UV berlebihan. Gejalanya berupa kerutan dan flek hitam. Dengan menggunakan tanaman mugwort, tubuh dengan sendirinya bisa memperlambat proses penuaan dini.

5. Membantu Proses Persalinan

Mugwort telah lama diketahui membantu proses persalinan normal dengan memicu kontraksi rahim. Meskipun demikian, penggunaan mugwort pada kehamilan awal tidak disarankan karena dapat meningkatkan risiko keguguran.

6. Menghilangkan Jerawat

Mugwort mengandung vitamin E yang dapat menutrisi kulit wajah. Kandungan ini merupakan antioksidan yang diperlukan guna membantu menetralisir radikal bebas pada kulit. Tidak hanya itu, vitamin E juga dapat mencegah oksidasi sebum dan memperlambat penumpukannya. Penumpukan sebum dalam pori-pori merupakan asal muasal terbentuknya komedo dan jerawat. Manfaat ini juga berasal dari sifat antibakteri pada tanaman. Jerawat berasal dari bakteri Staphylococcus epidermidis dan Propionibacterium acnes. Menggunakan mugwort efektif mengusir bakteri penyebab peradangan jerawat.

7. Menutrisi dan Mencerahkan Kulit Wajah

Vitamin C dalam tanaman mugwort dapat meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi kerutan. Nutrisi ini juga efektif memutihkan dan mencerahkan kulit. Vitamin C bekerja dengan menurunkan produksi melanin, yaitu pigmen warna kulit. Semakin sedikit produksi melanin, maka kulit menjadi lebih cerah. Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam mugwort juga membuatnya sangat baik untuk memberikan nutrisi pada kulit. Dengan sifat melembapkan dan kemampuannya meredakan kemerahan, mugwort membantu kulit terlihat lebih sehat.

8. Meredakan Kolik Menstruasi

Teknik moksibusi dengan daun mugwort dapat meredakan nyeri haid, bahkan sebanding dengan penggunaan obat pereda nyeri. Bagi wanita yang sering mengalami kram perut akibat menstruasi, mugwort bisa menjadi alternatif alami yang menarik.

Efek Samping Penggunaan Mugwort untuk Kulit

Mugwort memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kulit. Akan tetapi, tanaman ini juga dapat menimbulkan efek samping bagi orang-orang yang sensitif terhadap bahan aktif di dalamnya. Orang-orang yang alergi terhadap makanan tertentu seperti apel, persik, seledri, wortel, dan bunga matahari biasanya juga alergi terhadap mugwort. Jika kamu memiliki alergi terhadap salah satu bahan tersebut, sebaiknya lakukan tes alergi sebelum menggunakan mugwort. Efek samping mugwort lainnya adalah dapat memicu kontraksi rahim dan memicu menstruasi. Penggunaan mugwort bagi ibu menyusui pun belum diketahui keamanannya. Oleh sebab itu, penggunaan tanaman ini tidak disarankan bagi ibu hamil dan menyusui.

Baca juga:  8+ Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Alami Makin Terpancar

5 Rekomendasi Produk Skincare dengan Kandungan Mugwort

Bagi kamu yang ingin merasakan manfaat tersebut, berikut 5 rekomendasi skincare kandungan mugwort yang bisa kamu coba.

1. Avoskin Your Skin Bae Serum Panthenol 5% + Mugwort + Cica

mugwort adalah
Sumber: Perfect Beauty Shop

Rekomendasi skincare mugwort yang pertama ada dari Avoskin, yaitu Your Skin Bae Serum Panthenol 5% + Mugwort + Cica. Produk satu ini diklaim mampu mengisi skin barrier sebagai pelindung alami pada kulit. Perpaduan kandungan panthenol 5%, ekstrak mugwort, dan ekstrak cica membuat serum ini juga efektif untuk menghidrasi kulit, memperhalus tekstur kulit, mengurangi kerutan, dan antioksidan.

2. True to Skin Mugwort Tripeptide Gel Cream

mugwort adalah
Sumber: Sociolla

Selanjutnya ada produk kandungan mugwort dari True to Skin, yaitu Mugwort Tripeptide Gel Cream. Produk ini merupakan pelembab yang bertekstur di antara gel dan cream yang ringan di kulit namun memberi kelembaban yang maksimal. Selain melembapkan, True to Skin Mugwort Tripeptide Gel Cream juga diklaim dapat digunakan sebagai anti-aging seperti mengurangi garis halus pada wajah.

3. Everwhite Mugwort Pore Clay Mask

mugwort adalah
Sumber: Sociolla

Sedang mencari masker wajah yang memberikan efek menenangkan? Jika iya, kamu perlu mencoba Everwhite Mugwort Pore Clay Mask. Produk perawatan kulit dari Everwhite ini merupakan masker bilas yang diklaim mampu menenangkan hingga menyerap minyak berlebih. Clay mask ini selain mengandung mugwort juga mengandung ekstrak teh hijau.

4. Azarine Blackhead Remover Mask

mugwort adalah
Sumber: Beauty Haul

Selain antiinflamasi, kandungan mugwort juga bisa digunakan untuk menghempas komedo membandel, lho. Salah satu produk dengan kandungan mugwort yang bisa kamu gunakan adalah Azarine Blackhead Remover Mask. Produk ini diklaim tidak sakit saat mengangkat komedo.

5. beneath! By Bhumi Cloud Nine Skin Prep Essence Toner

mugwort adalah
Sumber: Watsons

Jika kamu ingin mencari produk perawatan wajah dengan hero ingredients, kamu perlu mencoba produk dari Bhumi ini. beneath! By Bhumi Cloud Nine Skin Prep Essence Toner mengandung mugwort dan cica yang diklaim mampu menenangkan kulit iritasi dan sensitif. Produk ini merupakan hybrid skincare, yaitu essence dan toner, yang juga mengandung niacinamide yang mampu menjaga skin barrier kulit.

Demikian adalah fakta penting tentang mugwort. Selain manfaat utama yang disebutkan di atas, mugwort juga dikaitkan dengan sejumlah manfaat tambahan yang mencakup masalah pencernaan, gangguan tidur, kesehatan hati, penurunan tekanan darah, dan bahkan diyakini memiliki efek antitumor.

Penting untuk diingat bahwa manfaat-manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan validitasnya secara ilmiah. Sebelum memulai penggunaan mugwort atau produk berbasis mugwort, bijaksanalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Ini menjadi sangat penting jika seseorang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau mengonsumsi obat-obatan lain.