Museum Angkut: Wahana dan Atraksi yang Menarik untuk Dicoba

Kalau kamu ingin liburan ke kota Malang dan menyukai hal-hal berbau sejarah, jangan lupa untuk mengunjungi Museum Angkut. Museum ini terletak di Kota Batu yang juga di daulat sebagai salah satu Kota Wisata di Jawa Timur. Sejak dibuka pada tahun 2014 yang lalu, museum ini sudah menyedot perhatian banyak wisatawan setiap tahunnya. Bagaimana tidak, idenya yang brilian untuk sebuah museum membuatnya tercatat sebagai museum transportasi pertama di Asia, lho. Kamu pasti penasaran kan ada apa saja di Museum Angkut?

Di dalam Museum, ada kurang lebih 300 koleksi alat transportasi yang dipamerkan di atas area seluas 3,8 hektar. Jadi, kalau kamu adalah penggemar tipe-tipe mobil klasik, tentu saja kamu harus menyempatkan diri untuk datang ke sana. Harga tiketnya relatif ramah di kantong, yaitu berkisar antara Rp80.000-Rp100.000. Kalau kamu ingin berkunjung ke tempat rekreasi keluarga yang satu ini, kamu bisa mulai datang agak siangan karena Museum Angkut dibuka sejak pukul 11:00 siang.

Mengenal Museum Angkut

museum angkut malang
Sumber: commons.wikimedia.org

Museum Angkut memadukan konsep atraksi hiburan serta sejarah dari alat transportasi yang ada di seluruh dunia. Museum kreatif ini menyandang predikat sebagai satu-satunya tempat wisata dan yang pertama memegang konsep wisata angkutan di Indonesia. Menurut kabar yang beredar, Museum Angkut dibangun sebagai tanda apresiasi perkembangan dunia transportasi nusantara bahkan dunia. Oleh karena itu, ketika mengunjungi Museum Angkut kamu akan melihat beraneka jenis kendaraan dari berbagai merek yang dipamerkan di dalam ruangan Museum. Banyak koleksi kendaraan di Museum Angkut seperti alat transportasi yang belum menggunakan mesin atau tradisional seperti sepeda onthel, pedati, dokar, becak, hingga kendaraan modern menggunakan tenaga listrik.

Wahana dan Atraksi Museum Angkut

museum angkut malang
Sumber: www.sworld.co.uk

Kalau kamu sudah memiliki tiket masuk Museum Angkut, berikut ini wahana dan atraksi yang bisa dikunjungi dan disaksikan.

Baca juga:  Tips Menikmati Alam di Puncak Pawitra, Gunung Penanggungan

1. Zona Ruangan Utama

Zona ini bisa langsung ditemukan ketika kamu baru saja masuk pintu utama Museum Angkut. Di ruangan ini, semua pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi sarana transportasi dari waktu ke waktu. Mulai dari sepeda hingga bermacam jenis mobil yang berasal dari berbagai negara. Koleksi-koleksi tersebut ditata dengan sangat elegan sehingga para kamu akan kagum dengan interior ruangan yang ada. 

2. Zona Sunda Kelapa dan Batavia

Sebagaimana namanya, di Zona ini kamu akan diajak untuk melihat pelabuhan Sunda Kelapa pada zaman dahulu. Pelabuhan ini didesain semirip mungkin sehingga setiap pengunjung merasa seolah sedang berada pada masa itu. Di sini, kamu juga dapat melihat berbagai miniatur kapal-kapal yang sedang berlabuh saat itu. Selain itu, kamu juga akan menemukan berbagai toko di pelabuhan dalam ejaan bahasa Belanda yang dipakai pada masa itu. Di zona ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang berharga tentang perkembangan Sunda Kelapa dan Batavia dari masa ke masa.

3. Zona Uni Eropa

Zona Uni Eropa ini diwakili oleh empat negara besar di Eropa yaitu Inggris, Jerman, Perancis dan Italia. Salah satu yang paling terkenal adalah koleksi mobil-mobil antik hasil buatan Inggris. Kamu dapat melihat mobil antik bernilai historis dari Inggris yang pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth II, di mana mobil bertipe Land Rover ini pernah digunakan oleh Ratu saat berparade di Australia. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa berfoto di depan miniatur Istana Buckingham yang sangat terkenal.

4. Zona Gangster and Broadway

Di zona ini, kamu akan merasakan suasana kota Chicago tahun 1920 saat seorang gangster terkenal bernama Al Capone hidup. Di tahun tersebut, Al Capone banyak terlibat di dalam aksi kejahatan misalnya saja prostitusi, penyuapan, hingga minuman keras. Selain itu, kamu juga akan diajak menelusuri jejak-jejak Al Capone di wahana Gangster and Broadway.

5. Zona Hollywood

Kalau kamu ingin berkunjung ke Hollywood, tidak perlu jauh-jauh ke Amerika karena biayanya lebih mahal. Tinggal datang ke Kota Batu Malang khususnya ke Museum Angkut Malang saja, kamu dapat berfoto bebas di area Hollywood. Di zona ini setiap pengunjung dapat melihat beberapa replika kendaraan yang sering ada dalam box office Hollywood.

Baca juga:  Mengenal Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Lebih Dekat

6. Zona Flight Training/Simulator

Tidak hanya koleksi mobil saja, di sini juga ada training alat transportasi seperti pesawat. Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara menerbangkan pesawat maka kunjungilah Flight Training. Meskipun hanya sebatas training, namun akan ada kokpit pesawat yang menemani belajar untuk menerbangkan pesawat.

7. Zona Las Vegas

Tidak perlu jauh-jauh demi berfoto ke Las Vegas, karena di Museum Angkut Malang kamu juga dapat merasakan pengalaman yang sama. Kamu akan disambut dengan gerbang Selamat Datang Las Vegas yang megah ketika masuk ke zona ini. 

8. Zona Edukasi

Sebagai wahana wisata yang mengusung konsep edukasi, tentu saja Museum Angkut Malang juga menyediakan Zona Edukasi. Para pengunjung yang membawa keluarga serta anak-anak wajib mengunjungi zona ini.

9. Indonesian Heritage Museum

Museum Angkut Malang juga menyediakan bermacam-macam peninggalan dan koleksi senjata tradisional di Indonesian Heritage Museum. Ada ribuan koleksi unik benda-benda asli Indonesia yang dipamerkan di sini.

10. Zona Pasar Apung Nusantara

Di pasar Apung Museum Angkut Malang, kamu akan diajak bersantai sambil menyantap kuliner yang ada. Ada berbagai jenis kuliner khas Nusantara, seperti bakso, gado-gado, nasi timbel, hingga rujak cingur.

Selain ke sepuluh zona di atas, kamu juga bisa mencoba berkunjung ke zona-zona menarik lainnya. Misalnya, Beefeater Inggris, Menara Eiffel Paris, Mobil dan Helikopter RI, serta Stasiun Kota. Ada juga zona Skoci, Parade, Runway 27, VR, hingga zona Amsterdam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Bagaimana Akses Menuju Museum Angkut? 

museum angkut
Sumber: www.cjt.com

Angkutan umum menuju ke tempat wisata Museum Angkut cukup mudah. Dari arah manapun para pengunjung berasal, poin penting yang harus selalu diingat adalah Terminal Batu. Jadi, sebagai pengunjung kamu harus menuju ke terminal ini terlebih dahulu, barulah melanjutkan perjalanan. Kamu perlu naik angkutan umum berwarna merah jingga dengan kode BNK agar bisa langsung melewati Museum Angkut Malang.Sementara bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa langsung menuju lokasi menggunakan bantuan Google Maps. Alamat lengkap Museum Angkut berada di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Batu, Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia. Selamat menikmati waktu liburan, dan semoga menyenangkan!